Konsumsi BBM NJMX 135 setelah menemani 7 tahun, konsisten iritnya

Sunmori di kawasan Puncak Bogor
Bukit Pelangi Sentul

Konsumsi BBM NJMX 135

Assalamualaikum sobat biker, memasuki pertengahan bulan Februari 2018 ini MX Strada sebagai motor harian Elang selama ini genap memasuki usia tujuh tahun pemakaian. New Jupiter MX 135 lansiran tahun 2011 ini bagi Elang adalah motor yang istimewa, jarang rewel, desain memuaskan pandangan mata sekaligus punya karakter.

Terkait judul mungkin ada sobat pembaca yang bertanya ngapain sih motor sudah jadul dan sudah discontinue lama masih dikepoin berapa konsumsi bahan bakarnya, nah pasti ada cerita dibalik dilakukannya sesi pengukuran FC pada MX Strada Elang 😀 Apa kira-kira, ada yang bisa nebak?

Sebetulnya pure ini adalah catatan saja buat Elang pribadi, buat acuan berapa sih kondisi terakhir konsumsi BBM saat MX Strada masih bermesin 135cc saat ini. Nah loh eng ing eng.. Yap kalau gak ada halangan dalam 1-2 bulan ini Elang akan modif dapur pacu MX Strada jadi 150cc, tinggal nunggu timing yang tepat aja nih sob, nah sampai disini sudah paham kan background dari review ini 😀 okey kalau begitu monggo dilanjut bacanya sob.

Fyi, NJMX menggunakan karburator tipe vakum yang membuatnya lebih irit dari versi old Jupiter MX 2005-2010. Dulu sewaktu baru di MX Strada sendiri mampu meraih angka konsumsi BBM 44km setiap liternya. Mesin NJMX 135 juga meneruskan teknologi andalan guhe yakni Forged piston dan Diasil cylinder yang membuat performa mesin tetap terjaga walau usianya mulai ujur *dengan catatan selalu rutin penggantian oli dan service.

Oke langsung aja ke pokok bahasan review pengetesan konsumsi BBM si MX Strada. Metode yang Elang pakai masih tetap sama metode top-up full to full, jadi isi penuh full tank terlebih dahulu, lalu catat kilometer di odometer dan monggo bawa jalan minimal dapat 50 km. Dalam koridor pengetesan ini Elang gak pake riding ala eco riding, pokoknya tetap seperti biasa riding style Elang yang suka speeding di kecepatan 80-90 kpj kalau ketemu jalanan lowong. Plus tidak mengharamkan boncenger untuk ikut riding selama pengetesan berlangsung 3 hari (lama bener)

Pengisian full tank pertama, odometer 57198 km

Oke isi full pada tanggal 7 Februari menggunakan BBM Pertamax di Harjamukti Cibubur, catat kilometer menunjukkan 57.198 km Hari itu Elang bawa MX Strada ke Kemayoran meliput launching skutik premium Honda. Tanggal 8 Februari Elang bawa MX Strada main ke MM Bekasi via Narogong, tau sendiri gimana kondisi lalinnya karena saat itu diterpa hujan deras, macet panjang bo + melibas banjir di dua titik sepanjang Jalan Narogong, dari situ lanjut lagi ke Pondok Gede ta’ziah ke rumah duka sahabat.

Posisi jarum sudah E sebelum isi kembali BBM

Nah Jum’at tanggal 9 Februari baru isi bensin lagi di Leuwinanggung Cibubur, posisi jarum tepat di garis E. Coba jepret odometer menunjukkan jarak tempuh terakhir menjadi 57.351 km, setelah isi full tank dengan motor distandar tengah, minta struk terlihat jumlah BBM Pertamax yang dimasukkan untuk kembali penuh (full tank) seperti semula adalah 3,68 liter, nah sekarang tinggal hitung pakai rumusan sederhana.

Isi full tank, butuh 3,68 liter untuk penuh

(Kilometer akhir – kilometer awal) / liter BBM

57351km – 57198km / 3.68 liter

= 153km / 3.68 liter = 41,58 km/liter

Nah kan masih mampu bertengger di atas kepala 40an sob artinya masih kategori irit dan ini dalam mode riding agresif lho gak pake irit-iritan. Elang yakin jika ridingnya ala eco mode dan speed dibatasi 60-70kpj angka fuel consumption MX Strada bisa lebih irit di angka 44-45km setiap liternya. Tinggal tunggu nanti saat mesin sudah diupgrade 150cc pakai blok Vixion 3C1, berapa konsumsi BBMnya, ada yang bilang lebih irit? Malah bikin penasaran euy.

Gimana sob pendapatmu, MX Strada ternyata iritnya konsisten! Monggo dikomentari.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

16 Komentar

  1. saya riding biasa dapet 50-55 km/ltr pertalite, riding biasa harian magelang jogja speed normal 40-80km/h tergantung kondisi,
    New Jupi MX kopling otomatis 4-speed skrg di hampir 84.ooo km
    dulu beli second April 2015 sdh di 40.000km, baru sekali aku serviskan di 50.000km, dari beli sampe skr busi pun blm pernah ganti,

    • alhamdulillah masih kang karena puas, esternya gak bohong, btw walau klaim X-TEN tipe ini mampu dipakai hingga 5.000 km, namun saya ganti tiap 2.000km sekali atau selalu tiap 1,5 bulan sekali

  2. Betul ini motor istimewa, irit, kuat & awet. ojmx sy juga udh 10thn jd motor harian. trouble free, ga pernah rewel, ga ada karat, stabilnya msh sama, performa juga hmpir ga terasa beda.

    Ditunggu bro cerita boreupnya. Sy juga rencana bore up ke155 pke blok vixionR/R15v3 tapi masih ragu, takutnya fitur anti rewelnya jadi ilang nanti

  3. jupi mx saya km 90ribu on going, konsumsi 44km/l sd 48km/l. rute harian pagi sore cibubur-jakpus. macet jelas.. minumnya total92.

  4. Kalo guhe 40kmj, kadang 50kmj klo sepi. Itu riding ala apa ya?

    Note: motor madein Semarang. Kubikasi : 98cc

  5. Sharing dong, saya pake Jupiter MX 135 2009 lungsuran dari adik, saat ini konsumsi BBM Pertalite hanya sanggup 35-36km/liternya. Sudah masuk kategori boros atau masih normal ya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*