Advertisements
ElangJalanan.NET
Perpanjang STNK 5 tahun

Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur

Halo Biker, gak terasa motor tunggangan harian si MX Strada sudah masuk hampir 5 tahun di bulan Februari besok. Walau masih 1 bulan lagi tapi berhubung lagi libur dan punya waktu senggang gak ada salahnya diurus lebih awal. Gak nyangka pemilikmu yang punya jiwa konsumtif doyan selingkuh ini mampu mempertahankan dan menjagamu hingga kebersamaan kita yang ke-5 tahun. Sejarah betul ngurus beginian…

Jujur Elang belum pernah ngurus bayar pajak sampai siklus 5 tahunan dan ganti plat, selama ini cuma rutin bayar pajak motor tahunan, lah wong di history kepemilikan motor sebelumnya 3-4 tahun motor sudah dijual, baru inilah motor terawet dan terlama yang dimiliki, semoga seterusnya. Amiin

Okey karena belum punya pengalaman urus ganti plat, semalam Elang googling dulu di internet urutan prosedur yang harus dilakukan. Ternyata proses pertama yang dilakukan adalah parkir di antrian cek fisik.

Berangkat pagi dari Cikeas sekitar jam 06.20 wib, perjalanan lumayan lancar dan tiba di Samsat Jakarta Timur pukul 07.30 wib. Karena sudah dapat gambaran semalam, langsung saja Elang mengarahkan motor ke barisan antrian cek fisik. Sambil menunggu loket dibuka dan petugas gesek bekerja, Elang sempatkan dulu sarapan nasi kuning yang dibawa dari rumah.


Perpanjang STNK 5 tahun

baru datang langsung masuk antrian cek fisik

Belum sampai selesai santapan habis, lihat ke antrian motor sudah pada dimaju-majuin. Okey keep dulu sarapannya langsung masuk barisan ikut proses gesek nomor rangka dan mesin. Ketika selesai, petugas kasih 1 form, tadinya Elang mau kasih 5rb karena tau disini kasih seikhlasnya tapi petugasnya langsung kasih angka 10rb, yo wis 10rb duit pertama keluar.

Perpanjang STNK 5 tahun

keluar dari cek fisik menuju parkiran

Setelah dari cek fisik, lanjut ke loket 4 di sebelah kiri masih dalam satu gedung. Di loket ini hanya menyerahkan form cek fisik dan STNK asli. Di loket ini dikenakan biaya legalisir 20rb, okey kasih lalu duduk manis tunggu namanya dipanggil.

Perpanjang STNK 5 tahun

Legalisir di Loket 4, bayar 20rb

Setelah nama dipanggil dan form cek fisik serta STNK diterima kembali lanjut menuju gedung utama SAMSAT ke bagian Informasi untuk mengambil Formulir Perpanjangan STNK. Isi sesuai contoh, kalau bagian ini Elang sudah hafal karena sudah terbiasa tiap tahun ngisi form ini.

Perpanjang STNK 5 tahun

ke Informasi mengambil Formulir Perpanjangan STNK

Perpanjang STNK 5 tahun

contoh isian Formulir Perpanjangan STNK

Setelah isi form bertanya kembali ke bagian informasi harus kemana, ternyata diarahkan ke gedung belakang khusus perpanjangan STNK 5 tahun. Okey di gedung belakang yang Elang cari tempat fotokopi dulu untuk memfotokopi sekaligus merapikan berkas. Biaya fotokopi hanya 2rb saja.

Perpanjang STNK 5 tahun

fotokopi berkas asli

Setelah itu masuk ke antrian barisan LoketΒ  1 untuk pendaftaran perpanjangan. Serahkan semua berkas asli dan fotokopi yang sudah dirapikan tadi, tunggu sebentar langsung KTP dan BPKB asli dikembalikan dan disuruh membayar di Kasir sebelah. Gak lama kemudian dipanggil dan tertera biaya perpanjang STNK dan tetek bengek administrasi kali ini berjumlah total 300rb pas untuk motor New Jupiter MX lansiran 2011.

Perpanjang STNK 5 tahun

ke Loket 1 Pendaftaran

Perpanjang STNK 5 tahun

bayar ke Kasir sebelah

Setelah bayar dapat 2 slip warna biru, yang 1 Elang serahkan ke Loket 4 untuk pengambilan STNK, satunya lagi diserahkan ke tempat pengambilan TNKB/Plat nomer. Sambil nunggu STNK dipanggil Elang masuk ke ruangan pengambilan Plat, disini petugas minta 5rb. Untuk wanti-wanti pengecatan plat nomor gak asal-asalan Elang nitip pesan ke petugas supaya dibikin rapi ngecatnya ya mas, dan ketika Elang perhatikan proses pengecetannya mirip model laminating jadi jaminan hasil catnya lebih baik. Yes, akhirnya punya juga plat nomer format baru, fyi yang sebelumnya masih format lama ada garis tengahnya, kondisi cat sudah pudar sejak berapa tahun lalu.

Perpanjang STNK 5 tahun

tempat pengambilan STNK

Perpanjang STNK 5 tahun

tempat pengambilan plat TNKB

Dan akhirnya alhamdulillah plat nomor baru dan STNK sudah diterima semuanya. Karena catnya belum kering Elang bawa ke parkiran motor sambil melanjutkan sarapan yang terinterupsi tadi. Setelah dirasa kering Elangpun Let’s Go pulang kembali ke Cikeas. Overall kinerja SAMSAT Jakarta Timur cukup baiklah dimata Elang, walau masih ada duit seikhlasnya yang kudu keluar di beberapa pos loket. Jadi total biaya yang keluar untuk proses perpanjangan STNK 5 tahun MX Strada adalah Rp. 337.000,- Waktu dari gesek nomor rangka hingga menerima plat baru hanya 40 menit, prosesnya memang lebih cepat dibanding mengurus pajak tahunan karena antriannya lebih sedikit dan loket terpisah.

Semoga bermanfaat.

Perpanjang STNK 5 tahun

plat baru bisa dibaca ‘BEBEK ELANG’ atas bawah serba 32 πŸ˜€


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

49 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: