Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur

Perpanjang STNK 5 tahun

Halo Biker, gak terasa motor tunggangan harian si MX Strada sudah masuk hampir 5 tahun di bulan Februari besok. Walau masih 1 bulan lagi tapi berhubung lagi libur dan punya waktu senggang gak ada salahnya diurus lebih awal. Gak nyangka pemilikmu yang punya jiwa konsumtif doyan selingkuh ini mampu mempertahankan dan menjagamu hingga kebersamaan kita yang ke-5 tahun. Sejarah betul ngurus beginian…

Jujur Elang belum pernah ngurus bayar pajak sampai siklus 5 tahunan dan ganti plat, selama ini cuma rutin bayar pajak motor tahunan, lah wong di history kepemilikan motor sebelumnya 3-4 tahun motor sudah dijual, baru inilah motor terawet dan terlama yang dimiliki, semoga seterusnya. Amiin

Okey karena belum punya pengalaman urus ganti plat, semalam Elang googling dulu di internet urutan prosedur yang harus dilakukan. Ternyata proses pertama yang dilakukan adalah parkir di antrian cek fisik.

Berangkat pagi dari Cikeas sekitar jam 06.20 wib, perjalanan lumayan lancar dan tiba di Samsat Jakarta Timur pukul 07.30 wib. Karena sudah dapat gambaran semalam, langsung saja Elang mengarahkan motor ke barisan antrian cek fisik. Sambil menunggu loket dibuka dan petugas gesek bekerja, Elang sempatkan dulu sarapan nasi kuning yang dibawa dari rumah.

Perpanjang STNK 5 tahun

baru datang langsung masuk antrian cek fisik

Belum sampai selesai santapan habis, lihat ke antrian motor sudah pada dimaju-majuin. Okey keep dulu sarapannya langsung masuk barisan ikut proses gesek nomor rangka dan mesin. Ketika selesai, petugas kasih 1 form, tadinya Elang mau kasih 5rb karena tau disini kasih seikhlasnya tapi petugasnya langsung kasih angka 10rb, yo wis 10rb duit pertama keluar.

Perpanjang STNK 5 tahun

keluar dari cek fisik menuju parkiran

Setelah dari cek fisik, lanjut ke loket 4 di sebelah kiri masih dalam satu gedung. Di loket ini hanya menyerahkan form cek fisik dan STNK asli. Di loket ini dikenakan biaya legalisir 20rb, okey kasih lalu duduk manis tunggu namanya dipanggil.

Perpanjang STNK 5 tahun

Legalisir di Loket 4, bayar 20rb

Setelah nama dipanggil dan form cek fisik serta STNK diterima kembali lanjut menuju gedung utama SAMSAT ke bagian Informasi untuk mengambil Formulir Perpanjangan STNK. Isi sesuai contoh, kalau bagian ini Elang sudah hafal karena sudah terbiasa tiap tahun ngisi form ini.

Perpanjang STNK 5 tahun

ke Informasi mengambil Formulir Perpanjangan STNK

Perpanjang STNK 5 tahun

contoh isian Formulir Perpanjangan STNK

Setelah isi form bertanya kembali ke bagian informasi harus kemana, ternyata diarahkan ke gedung belakang khusus perpanjangan STNK 5 tahun. Okey di gedung belakang yang Elang cari tempat fotokopi dulu untuk memfotokopi sekaligus merapikan berkas. Biaya fotokopi hanya 2rb saja.

Perpanjang STNK 5 tahun

fotokopi berkas asli

Setelah itu masuk ke antrian barisan Loketย  1 untuk pendaftaran perpanjangan. Serahkan semua berkas asli dan fotokopi yang sudah dirapikan tadi, tunggu sebentar langsung KTP dan BPKB asli dikembalikan dan disuruh membayar di Kasir sebelah. Gak lama kemudian dipanggil dan tertera biaya perpanjang STNK dan tetek bengek administrasi kali ini berjumlah total 300rb pas untuk motor New Jupiter MX lansiran 2011.

Perpanjang STNK 5 tahun

ke Loket 1 Pendaftaran

Perpanjang STNK 5 tahun

bayar ke Kasir sebelah

Setelah bayar dapat 2 slip warna biru, yang 1 Elang serahkan ke Loket 4 untuk pengambilan STNK, satunya lagi diserahkan ke tempat pengambilan TNKB/Plat nomer. Sambil nunggu STNK dipanggil Elang masuk ke ruangan pengambilan Plat, disini petugas minta 5rb. Untuk wanti-wanti pengecatan plat nomor gak asal-asalan Elang nitip pesan ke petugas supaya dibikin rapi ngecatnya ya mas, dan ketika Elang perhatikan proses pengecetannya mirip model laminating jadi jaminan hasil catnya lebih baik. Yes, akhirnya punya juga plat nomer format baru, fyi yang sebelumnya masih format lama ada garis tengahnya, kondisi cat sudah pudar sejak berapa tahun lalu.

Perpanjang STNK 5 tahun

tempat pengambilan STNK

Perpanjang STNK 5 tahun

tempat pengambilan plat TNKB

Dan akhirnya alhamdulillah plat nomor baru dan STNK sudah diterima semuanya. Karena catnya belum kering Elang bawa ke parkiran motor sambil melanjutkan sarapan yang terinterupsi tadi. Setelah dirasa kering Elangpun Let’s Go pulang kembali ke Cikeas. Overall kinerja SAMSAT Jakarta Timur cukup baiklah dimata Elang, walau masih ada duit seikhlasnya yang kudu keluar di beberapa pos loket. Jadi total biaya yang keluar untuk proses perpanjangan STNK 5 tahun MX Strada adalah Rp. 337.000,- Waktu dari gesek nomor rangka hingga menerima plat baru hanya 40 menit, prosesnya memang lebih cepat dibanding mengurus pajak tahunan karena antriannya lebih sedikit dan loket terpisah.

Semoga bermanfaat.

Perpanjang STNK 5 tahun

plat baru bisa dibaca ‘BEBEK ELANG’ atas bawah serba 32 ๐Ÿ˜€


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Managed WordPress Hosting Indonesia
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements
This entry was posted in Review and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

47 Responses to Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur

  1. heru says:

    Mampir ah…

    kirain B 3232 EYD

  2. orang awam says:

    lumayan rapi ya catnya. kalo di tempat saya cat plat nomornya malah ngga karuan, mbleber kemana-mana

  3. wah kok banyak pungli?
    perbandingan klo urus di samsat jakarta pusat bro
    http://www.kaskus.co.id/thread/53c61580c3cb176b2c8b4635/perpanjang-stnk-5-tahun-di-samsat-jakarta-pusat-utara-untuk-roda-dua
    harusnya pas foto2 keliatan petugasnya. kalau ditanyain, bilang untuk berita otomotif nasional. staffnya tmcblog ๐Ÿ˜€

  4. hafiz irfansyah says:

    maaf mas numpang nanya, saya punya scorpio tahun 2011 yang sudah di modif chopper. saya mau ganti tnkb seperti yang mas lakukan. tapi waktu pengecekan kendaraan ditolak oleh petugas samsat ciledug karena bentuknya tidak orisinil lagi, padahal dari pengalaman sepupu saya motor modifan bisa diurus surat2nya asalkan no rangka dan no mesin sesuai dengan bpkb, dan warnanya masih sesuai. mohon pencerahannya mas

  5. rroossyyiidd says:

    wah bentar lagi NJMX saya juga masuk tahun ke 5.. siap siap ganti plat..

  6. ymhcrypton says:

    Artikel lengkap dan jelas , mantab ๐Ÿ™‚ . Tahun depan mo ganti plat nomor yang ke 3x , dengan berbekal artikel ini tidak perlu lagi lewat jasa, cukup dilakukan sendiri.
    SIP ๐Ÿ™‚

  7. Echoharry says:

    Sama nih, juni ini perpanjang shogun 1996 saya, ngga nyangka udah 20 tahun, biasanya sih di biro jasa, thanks buat infonya gan.

  8. Andi says:

    Om, Ini KTPnya harus sama kah, saya sudah ganti KTP Depok, sudah tidak punya identitas jakarta

  9. Ferry Setiawan says:

    Terimakasih Bung Elang atas info yang berharga ini.
    Saya rencana akan mengurus sendiri utk perpanjangan STNK dan ganti Plat Nomer Motor saya.

  10. imotorium says:

    pas banged nih kang endrik.. kang kalau misalnya nanti sekalian ganti nama dari saya ke adik saya ada kena biaya tambahan lagi ngga ya? alamat adik saya sama sm surat2 motor yg sekarang, tapi saya ga bisa perpanjang atas nama sendiri karena dah beda ktp.

    beda daerah biayanya berbeda mungkin ya

  11. infonya good banget gan… biar gak bingung waktu di samsat

  12. motor vixion says:

    wah informasinya joss tenan iki..
    btw kalau ngurus beda daerah gimana yo mas..
    aku jogja motor plat dari palembang…?
    suwon jawabannya
    http://motorbaru.com

  13. iwan beneran says:

    nais inpoh gan..2 tahun lagi mau perpanjang plat nomor nih. ke samsat jakut & jakpus aja ah..bebas pungli.

  14. Panji Andhika Gustiputra says:

    Whaa…. Membantu banget mas postingannya, ni barusan saya selesai perpanjang STNK 5 tahunannya ngikutin blog ini, sukses selalu ya Mas buat blognya

  15. Abdul Rohman says:

    Mantaps mas elang jalanan artikel nya sangat membawa manfaat, pahalamu besar mas elang.. Makasih juga udah setia sama sk MX stradanya. Hihihihi..

    Ditunggu link download motogp silverstone nya yah.. Ane kelewatan gak nonton nih.. Salam elang jalanan..

  16. solahudin says:

    mau tanya jg donk, klo mau perpanjang STNK dan jg bayar pajak tahunannya, apakah di tempat yg sama ?
    Klo jakarta pusat , prosesnya dimana yach ?
    Terima kasih

    • elang says:

      perpanjang STNK (pajak) tahunan gak mesti ke Samsat, di SIM/STNK keliling lebih praktis, namun untuk siklus ganti plat 5 tahunan harus ke SAMSAT masing-masing wilayah

  17. Dad Perdana says:

    Pajak 5 tahunan saya jatuh jgl 23 september 2016 kemarin tapi belum bisa bayar, kira2 berapa dendanya nya? Dan bgmn perhitungannya?

  18. sangat membantu sekali mas…
    btw terima kasih nih sharing2 pengalamannya..

  19. Nurlaela says:

    Terimakasih infonya bermanfaat banget..
    Tadi pagi saya baru aja urus perpanjangan STNK di Samsat Jak-Tim
    Prosesnya cepet banget tanpa ribet dan ga perlu jasa calo๐Ÿ˜„
    Malahan proses legalisirnya gak dikenakan biaya.
    Cuma tadi sempet bingung pas mau ambil formulir. Biasanya kan ambilnya di tempat informasi tp sekarang dipindah di loket pendaftaran yang dekat mesin nomor antrian

  20. Eko says:

    Kalau gak punya BPKB (masih sekolah) gimana gan?
    apa harus lewat leasing ngurus 5thn an nya?

  21. Mang EPi says:

    Mantap kang, cuma 40 menit cepet amat..!!
    Share pengalaman jg.. Ngurusin bbn, nanya ke biro jasa biaya habis 1.25jt. Ngrasa kemahalan, akhirnya ngurus sndiri. Ternyata ga lebih dri 400rebu, gelo eta biro jasa ambil untung!!!

    Harus banyak nanya sama waktu luang.. Saya 2 hari beresnya, klo ditotalin 5 jam. an..
    Yang bagusnya lagi ga ada pungli2an, petugas gesek mau saya kasih malah nolak,, guttlah๐Ÿ‘๐Ÿ‘.,, samsat bandung timur.

  22. Edysusanto says:

    Mantap bro,,.tapi kalo bisa biaya yang tertara di STNK Bisa di foto..biar kita bisa estimasi masing..hehhehehe maaf cuma usull.

  23. Hans694 says:

    Catatan tuh cikeas masih jakarta? Pungli pengesahan masih ada aja dan bayar pelicin ambil plat no ngak ditulis apa takutnih, padahal semua sdh dibayar di stnk tertulis tapi ngak ada tanda terima pungli tetap pungli, waktu jokowi jd gebenur ilang, omong2x foto2x ente ngak diperingati oknum ๐Ÿ˜  dilarang photo2x diruang publik, ruang publik pakai izin๐Ÿ˜‚ aneh, pangkalan militer maklum ruang Publik ๐Ÿ˜ž sdh gitu oknum membebaskan ane ngak ada tuh uang pengesahan itu pungli takut gw kpk?

  24. Hans694 says:

    Nambah klw ente ngak bisa ngasih liat bpkp asli leasing / sekolahan elu dimintain duit lagi tanpa tanda terima dicatat padahal sdh ada surat pernyataan bpkb dileasing disekolahin๐Ÿ˜ญ pernah ngurus pungli

    • elang says:

      betul, kl BPKB masih di leasing, suruh ke samsat bayar lagi 20rb gak jelas uang pengesahan yang model gimana lagi ini

  25. Pingback: Polisi Akan Gelar Razia STNK di Awal Bulan Mei 2017 – Anak Jalanan

  26. renthal says:

    Mantaph perpanjang skrng ga ada calo2an lagi

  27. omrizkiblog says:

    Wah, ane mo kasih gambaran pengalaman ane ngurus stnk hilang di samsat ini, rincian simpelnya:

    0. harus datang pagi2 buat ngantri gesek2.
    1. gesek nomer mesin & rangka (ngasih 5rb soalnya yg lain jg pd ngasih duid).
    2. motor di parkir di parkiran jgn dibawa masuk.
    3. didalem ngurus ini itu segala macem di samping loket bayar pajak tahunan (gratis).
    4. keluar ke ruang archive (masih gratis).
    5. naek ke lt.2 disini mulai lah bayar berbayar.
    6. ke loket 2 (20rb).
    7. sebelah loket 2 / loket 3 (20rb).
    8. balik ke loket 1 penyerahan berkas segala macam, diminta 50rb klo stnk mo jadi sekarang.
    9. bayar pajak tahunan sekalian.
    10. tunggu bbrp lama akhirnya stnk copy jadi juga.
    11. keluar parkir motor bayar 2rb.

    total habis skitar 100rb lah ๐Ÿ˜€ itu dari jam 7 sampe kira sblm zuhur. suwun. smoga bermanfaat.

    • elang says:

      Wih keren cepet juga ya, STNK copy? maksudnya asli juga kan?

      • omrizkiblog says:

        Maap kang endrik baru mampir lagi kmari, tetap sah stnk nya hanya saja ada tulisan “copy stnk hilang” di stnk nya, klo di kuitansi pajaknya gak ada, lmyn cpt soalnya hari kerja biasa juga dan pagi2 bgt tuh datangnya. Suwun ๐Ÿ˜Š

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *