Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering

Review Corsa Platinum R99

 

Halo Biker, melanjutkan tulisan sebelumnya setelah penggantian ban belakang MX Strada menggunakan Corsa Platinum R99, setelah dipakai 2.000 km dari awal pembelian baru Elang bisa mengenal karakter ban ini. Jelas jika dibandingkan dengan ban sebelumnya yakni Corsa S123 ban ini punya perbedaan karakter yang signifikan, gimana reviewnya?

Elang coba review sekilas ban sebelumnya Corsa S123, ban ini ketika diajak cornering bannya seperti tidak menggigit ke aspal permukaannya, cenderung suka bergeser kesana kemari, otomatis membuat manuver di tikungan kurang pede untuk lebih rebah. Tapi ban ini nyaman dipakai di jalanan aspal yang tidak rata, traksinya ke track lebih gigit, dengan kata lain tipe kembangan S123 pas dipakai untuk track moderate semi offroad.

Review Corsa Platinum R99

Nah setelah berganti ban ke Corsa Platinum R99, perbedaan feel yang Elang rasakan adalah ketika dipakai menikung dengan sedikit rebah, ajib ini ban terasa lengket di aspal gak bergeser sedikitpun. Sepertinya memang peruntukan dari pabrikan PT. Multistrada Arah Sarana membuat ban ini khusus untuk cornering, dan Elang sudah membuktikannya sendiri walau sebatas di jalanan biasa bukan track sirkuit.

Hanya kalau ditanya pernah ditest cornering di kala hujan, Elang belum pernah coba karena levelnya masih newbie dan lebih pilih mengedepankan defensive riding untuk antisipasi kecelakaan. Tapi secara feel ketika dipakai agak miring ketika hujan ada sensasi licin ini ban.

MX Strada
cornering @close track, top box gak pernah terlepas 😀

Next untuk kedepannya MX Strada sepertinya akan terus menggunakan ban tipe ini, karena merasa sudah pas dengan karakter berkendara empunya motor. Tinggal perlu direview kedepannya gimana tingkat keawetan ban ini dipakai untuk harian. Sebagai gambaran ban sebelumnya Corsa S123 khususnya belakang setelah dipakai 1 tahun sudah botak (limit indikator TWI) dan harus minta diganti. Monggo yang punya pengalaman menggunakan Corsa Platinum R99 baik di bebek maupun motor sport sharing donk reviewnya.

45 Komentar

  1. Wiihhh, keren juga ternyata ini ban. NVL ane sebenernya mau nyoba ban ini, tp gak jadi karena lihat review di internet katanya ban corsa gampang benjol ,akhirnya beralih ke FDR sport xr evo. Fdr ini kalau ujan emang licin, tp kalau jalanan kering performanya mantab abiissss. Udah 2x foot step si NVL nyusruk ke aspal waktu cornering.

    • Elang juga sering dengar review yg sama dari teman2, tapi di riwayat MX Strada sudah 2x pake Corsa S123 blm pernah dapet fenomena ban benjol, total 4 ban sudah dipakai (depan belakang)

      • ban gampang benjol, mungkin karna waktu isi angin ban gak pake diukur tekanannya..
        coz ane pngalaman sndiri, IRC bawaan njmx ane dulu tiba2 benjol2, stelah ane cek trnyata tekanan angin bannya 40psi lebih :p karna 2hari sbelumnya isi angin tapi buru2 gak smpt ngukur

    • Seri corsa platinum memang punya kompon bagus utk cornering dan hard braking. Semua tipe platinum seperti R26, R99, dan R93 komponnya setara ban kompon racing macam FDR Sport XR maupun XT. FDR seri EVO masih dibawah Corsa Platinum. Saya sdh buktikan. Bahkan utk keseharian saya pakai corsa platinum R26 di matic beat 2008 saya. Hasilnya, setara ban kompon racing only macam R46 saat kering dan setara FDR XT baik cornering maupun hard braking saat hujan sekalipun.

  2. Setahu saya sulit untuk ban yang bisa bagus performanya untuk kering miring-miring dan basah. Kalau kita lihat saja, sampai ban MotoGP pun ada ban basah-kering, giliran lagi race kemudian basah, mereka bisa langsung tukar motor dengan ban basah. Tidak bisa ada satu ban yang unggul di segala kebutuhan.

    Ban kering yang untuk race biasanya slick atau semi slick dengan compound cenderung lunak. Profil/kembangnya biasanya sedikit groove, maksudnya untuk memperbanyak/memaksimumkan luas bidang contact antara si ban dengan aspal yang mulus, tujuannya untuk mendapatkan grip yang maksimum.

    Sementara kalau di jalan basah atau rusak, ban yang dipilih cenderung ban tahu/pacul, maksudnya supaya bisa menancap di permukaan jalan yang berbatuan/lunak/lumpur. Mirip seperti pemain bola dengan sepatu spikenya.

    Kembali untuk ban untuk perkotaan apalagi kadang si motor dipakai touring, lebih aman menggunakan ban yang memang dibuat untuk city ride, cenderung dengan ban yang groovenya cukup, bisa membelah air. Ban jenis ini umumnya lebih murah dari ban semi slick, dengan compound keras yang tahan lama.

  3. corsa s123 120/80 17 di nmp velg ori pecah pecah (retak rambut) setelah bocor kena paku. mungkin karena sudah hampir 2 tahun.
    eh maaf kang, difoto koq beloknya gak pakai counter steering, pelan kah?

  4. mungkin profile bannya lebih ke arah v-profil..
    soalnya ane krasa banget perbedaannya waktu ganti ban dari IRC yg U-profile, ke FDR yg V-profile.. v-profile sangat sangat lebih anteng buat cornering, tapi kalo trek lurus kurang stabil

  5. Udah nyoba pake corsa platinum di CBR 150R. Depan pake R99 100/80. Tadinya belakang mau pake R99 130/70. Tapi review dari temen yg udah pake katanya enakan R93 buat ban belakang.. Akhirnya pake R93 yg ukuran 150/60. Emang sih ban belakang kegedean.. Akibatnya udah sampe knee down sekalipun ga bisa ngabisin chicken strip (limitnya di pinggiran ban depan yg ukurannya standard)
    Keseluruhan sih corsa platinum termasuk enak.. Harganya juga murah R99 100/80 cuma kena 280rb di rumah ban fatmawati. Sementara R93 150/60 dapet 650rb. Jujur aja ban ini jauh lebih enak dibanding pilot street radial yg lebih mahal.. Bahkan cukup sebanding sama Battlax S20 yg harganya lebih dr 2x. Kekurangannya ya kurang awet aja.. Klo di CBR ban belakang bakalan mulai kotak (bagian tengah udah tergerus) di 7000Km pemakaian. Kalo depannya sih awet.. Tapi mengingat harganya juga murah ya cincailah ganti ban rada sering demi performance enak

  6. sepertinya bagus nih review ban corsa platinum nya… jadi pengen coba juga…..

    dah ngincer2 sih mauu pake yg R93 buar si cupuw scorpio ane…..

    btw om elang tinggal sekitaran cibubur ya…… kalo iya ane di cibubur juga nih om…. lam kenal ya om….. 😀 😀

  7. Omlang,,,4 tahun yg lalu ane prnh pake ini merk corsa utk yamaha MX,bener kata teman yg prnah alamin,bannya benjol2,tpi x ini ane pke type R99 130/70 utk ymaha byson dgn hrga ±500rb utk blk,±350 utk ban depan,trmsuk mahalkah dgn hrga segitu?? Trmksih infonya

  8. Skrg vario 125 sdh pake R99
    depan 90/80
    belakang 110/80
    pengen ganti yg depan 100/80…soalnya kerasa kurang garang kl 90/80..
    minta saran Bro Elang?

    • upgrade ban Vario ke 100/80 masih oke hanya naik 1 level tidak mendonat, untuk handling lebih terasa pastinya lebih enak, hanya saja tarikan jadi sedikit berat

  9. asswrwb kang, td pagi baru masang R99 di skydrive. dpn 80/80, blkg pake 90/80. untuk late braking lebih manteb dibanding ban lawas (zeneos zn88), klo cornering blm bisa nyoba, jalannya rame, maklum hari minggu.

    • sudah 6 bln pake r99, kilometer 9ribuan, masih dpt grip yg bagus, tp ada retak rambut disepanjang dinding ban belakang, yg dpn g ada masalah. apanya yg salah ya…

  10. Ane pake corsa r99 ukuran 90/100 buat Vario 125 ESP cocok ban buat cornering juga oke. Cuma kalo cornering di jalan yang gak begitu rata agak kurang yakin soalnnya compound ban kurang begitu soft. Kalau cuma buat belajar cornering gak begitu expert sudah melebihi cukup denga harga segitu.

  11. pake ban r99 buat vario, di jalanan kering ajib. dipake nikung kecepatan 90 kpj masih oke. tp buat kondisi basah / agak becek banyak” berdoa😄

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*