Review Helm INK CL-MAX seri 6, Helm Andalan Harian ElangJalanan Nih

Review Helm INK CL-MAX seri 6
Review Helm INK CL-MAX seri 6

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, setelah dipakai hampir 2 mingguan kini saatnya Elang coba sharing untuk mereview helm full face yang tergolong keren ini sob. Banyak yang bilang bentuknya mirip SHOEI X-14 tapi justru Elang beli helm ini, malah gak ngeh kalau ada kemiripan, dan sebelumnya juga Elang pernah beli yang seri 5.

Berbicara review helm Elang akan coba paparkan dari berbagai variabel yang umum yang sering ditemukan di helm-helm terkini. Yuk mari kita mulai reviewnya siapa tau nanti bisa jadi bahan pertimbangan sobat pembaca untuk beli atau tidak membeli.

Desain dan Fitur INK CL-MAX seri 6

Desainnya banyak yang bilang keren, cukup sporty dan ada kemiripan dengan SHOEI X-14 yang dipakai Marc Marquez di lintasan balap bergengsi MotoGP. Di deretan helm-helm lokal memang belum ada yang menyamai bentuknya, maka wajar biker-bikers milenial banyak yang memburu helm ini karena alasan tinggal repainting untuk jadi SHOEI wannabe ๐Ÿ˜€

Kalau Elang ogah bukan karena ikut-ikutan atau faktor Marqueznya, tapi pure sisi kenyamanan busa helmnya. INK CL-MAX belum menggunakan flat visor, masih visor cembung. Saat pembelian di toko Elang mendapatkan visor clear sebagai bawaannya. Visor clear bawaannya menurut Elang kurang nyaman di mata, ada perbedaan kualitas penglihatan saat pakai visor dan buka visor, hm..

Review Helm INK CL-MAX seri 6

Untuk sistem kunci, INK CL-MAX masih menggunakan model quick release, menurut Elang untuk sekedar helm harian dan touring sih masih worth untuk dipakai. Beda cerita nanti kalau untuk dipakai track-day atau balapan di sirkuit, nah butuh spesifikasi yang lebih safe yakni kunci model Double D-Ring.

Gimana dengan ventilasinya? Helm INK CL-MAX ini menyediakan ventilasi di bagian depan, lalu di bagian atas kepala 2 lubang dan di bagian belakang sebagai saluran pembuangan udara. Ketika dipakai ventilasi depan mulut terasa efektif bekerja namun untuk ventilasi atas kepala kurang maksimal Elang rasakan, soalnya kalau diintip lobang ventilasinya kecil bingi model bulatan bukan persegi panjang.

Test Ride Yamaha FreeGo
Review Helm INK CL-MAX seri 6

Ohya helm ini juga tidak menyediakan chin guard di bawah dagu, efeknya angin maupun debu bisa masuk lewat bawah dan akan terasa bising saat dipakai dikecepatan tinggi di atas 70kpj, namun masih batas toleransi sih. Namun ini juga berimbas saat Elang ngevlog dan mic dipasang didalam helm persis di depan hidung, karena gak ada chin guard, suara angin begitu terasa berisik di microphone saat kecepatan tinggi.

INK CL-MAX yang Elang beli ini menggunakan tema warna Black Red Fluo yang menyala seperti api, tapi sayangnya ini bukan bahan cat melainkan decal yang menurut Elang pembuatannya masih kurang rapi.

Sepatu Safety dipakai Buat Riding

Busa dan Kenyamanan INK CL-MAX

Nah ini bagian yang paling penting dan menjadi alasan Elang membeli helm ini. Busa helm termasuk lembut di pipi gak kasar, dari history Elang menggunakan INK tipe lainnya seperti dulu INK CL-1 juga punya busa yang lembut.

Berbicara soal kenyamanan, helm ini termasuk ringan dengan bobot sekitar 1.6 kg dan bentuk lekukan cangkang bagian dalam helm menurut Elang nyaman di kepala tidak menekan kepala bagian belakang. Efeknya helm ini nyaman bingit dipakai riding lama mesti > 2 jam nonstop, ini yang Elang suka. Jadi bobot ringan di helm sebetulnya bukan jaminan kenyamanan melainkan bentuk cangkang dalam juga mempengaruhi sob.

Test Ride New Yamaha R25

Harga Helm INK CL-MAX

Elang beli helm ini di toko helm kawasan Cibubur Jl. Raya Bogor, untuk harga helm INK CL-MAX seri 6 terbaru ini di toko-toko dibanderol Rp. 550.000,- Harga ini sama dengan seri 5.

Last demikian sob review helm harian Elang yang satu ini, untuk foto-foto detail menyusul ya, belum sempat difoto kemarin. Yang jelas bagi sobat yang mau hijrah ke helm full face nyaman dan terjangkau, INK CL-MAX series boleh dicoba sob. Helm keren bin nyaman buat harian maupun touring.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan โ€œkerenโ€ jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

44 Komentar

  1. klo ink emg jempolan soal kenyamanan dan masterialnya, kebetulan pernah pakai INK dan KYT… cuma pengembangan model sama grafisnya aja yg tidak seperti sodara kandungnya kyt.

  2. kang, kalo setting buka tutup ventelasi terutama bagian atas dan belakang gimana yah?
    maksudnya kalo ventelasi dibuka itu geser kekanan atau kiri. masih bingung euy.
    nuhun kang

  3. Betul ini helm memang mirip Shoei X14 hehe. Soal bobot ini lebih ringan dibanding INK Duke yang harganya lebih mahal. Tapi sayangnya ini shellnya terlihat besar jadi tidak cocok buat orang kurus wkwkw. Vendetta saja aja jual gara gara shellnya gede.

    • Di kaidah keselamatan malah double visor itu gak disarankan Ki, khawatir ketika terjadi benturan keras, mekanisme kaca dalam malah melukai mata

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*