Advertisements
ElangJalanan.NET
mesin inline dua silinder 650cc Royal Enfield

Ini dia generasi terbaru mesin inline dua silinder 650cc Royal Enfield

Assalamualaikum sobat biker, siapa yang tak kenal Royal Enfield, salah satu pabrikan otomotif tertua asal Inggris yang selalu istiqomah menelurkan motor-motor classic dengan kapasitas menengah (250cc-750cc). Salah satu ciri khas mesin yang diusung Royal Enfield adalah mesin big single dengan pendingin udara yang terlihat simpel, clean dan berkarakter lembut dalam hal torsi.

Nah Elang mendapat info terupdate bahwa Royal Enfield mencoba menggebrak pasar sepeda motor classic dengan sebuah suguhan classic modern dengan menawarkan sensasi baru mesin modern dua silinder pertamanya di Pusat Teknologi teranyarnya di Leicestershire, Inggris dengan kapasitas 650cc berpendingin udara. Ini adalah gebrakan awal untuk generasi terbaru dari motor-motor Royal Enfield kedepannya.

Berdasarkan info yang Elang dapat, mesin dua silinder 650cc ini akan diproduksi untuk platform mesin global yang akan membawa sejarah baru dan karakter asli Royal Enfield ke dalam konteks yang lebih modern. Royald Enfield mengklaim mesin dua silinder paralel ini memiliki keseimbangan antara daya, torsi dan fungsi sehingga dapat menawarkan pengalaman berkendara yang halus dan tidak ‘mengintimidasi’. Torsinya sangat berlimpah, sehingga motor menjadi mudah dikendarai tanpa harus sering melakukan perpindahan gigi.

mesin inline dua silinder 650cc Royal Enfield

tipe mesin dua silinder RE dengan oil cooled

Mesin berkapasitas 648cc dua silinder paralel 4 langkah (4 stroke), single overhead cam (SOHC), dan berpendingin udara ini dikembangkan oleh tim Pusat Teknologi Royal Enfield di Inggris dan Chennai, India. Dirancang khusus untuk dapat berakselerasi dan memberikan daya serta torsi lebih tinggi pada RPM yang lebih rendah, mesin baru ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya maksimum sebesar 47bhp pada 7100 rpm dan torsi hingga 52Nm pada 4000 rpm.


mesin inline dua silinder 650cc Royal Enfield

tipe mesin dua silinder RE tanpa oil cooled

Dengan karakter yang sangat halus dan manuver terbaik di jalan raya, mesin dua silinder 650cc ini dikembangkan untuk bisa memberikan performa berkendara yang nyaman dalam berbagai kondisi di medan sesungguhnya. Bergaya klasik, mesin ini dirancang secara khusus untuk mencapai tingkat karakter modern yang sempurna. Desain dua pipa knalpot dan sirip pendingin pada mesin memberikan tampilan visual yang indah.

Mesin sepeda motor ini mempertahankan rasio kompresi 9,5:1 dan dengan sistem pengabut injeksi. Fokus pengembangannya adalah pada torsi yang memadai, tenaga merata di setiap rentang putaran mesin sehingga pengendara dapat langsung menyesuaikan tanpa perlu melakukan pergeseran gigi yang berlebihan. Hasilnya, mesin terasa menyenangkan dan gesit.

mesin inline dua silinder 650cc Royal Enfield

Sejumlah elemen yang mendapatkan update, mulai dari single-piece forged crankshaft (pertama untuk Royal Enfield) yang menjamin kekuatan dan kemampuan untuk menangani torsi mesin dua silinder. Crankshaft ini menggunakan firing order 270 derajat, yang memberi karakter tingkat tinggi pada penyaluran daya mesin. Selain itu, berkat penggunaan balancer shaft, mengurangi getaran pada generasi mesin ini. Mesin ini mempertahankan mesin berpendingin udara legendaris dari Royal Enfield, yang memberi tampilan sederhana, lebih bersih, dan lebih elegan dengan komponen dan bobot yang lebih ringan.

Hal ini memastikan mesin tetap sederhana. Menggunakan aliran udara ambien yang dikombinasikan dengan oli mesin agar suhu mesin tetap terjaga optimal sehingga penggunaan radiator, fan, selang, dan komponen lainnya yang menambah bobot tidak diperlukan. Hal ini membuat mesin tetap bersih, seperti pengalaman berkendara yang diberikannya.

Suara yang dihasilkan oleh mesin ini sama relevannya dengan individualitas mesin. Karakter ‘getaran’ khas dari Royal Enfield satu silinder sangat disukai oleh banyak penggemar, dan sebisa mungkin dibuat agar mesin 650cc dua silinder ini dapat memberikan soundtrack yang sama menariknya. Upaya maksimal dilakukan untuk mengutak-atik setiap variabel yang berkontribusi pada suara mesin, menghasilkan gelegar suara ganda dengan nada yang tepat.

Seluruh platform, termasuk mesin dan sasis telah mengalami pengujian yang ketat selama program pengembangan di laboratorium dan testing, sebagai tambahan pengujian, performa mesin ini pun telah diuji di trek balap dan jalan raya.

Sebagai pemimpin di antara sepeda motor generasi terbaru Royal Enfield, mesin twin 650cc ini merupakan hasil yang membanggakan yang dikembangkan selama beberapa tahun oleh tim di seluruh dunia. Sebagai jantung dari line-up sepeda motor lainnya yang menarik di masa mendatang, sepeda motor ini menjanjikan potensi untuk dapat memperkuat dan memperluas segmen sepeda motor berukuran menengah; membawa gaya Royal Enfield dari sepeda motor yang mengusung filosofi pure motorcycling unik kepada para loyalis, serta kepada seluruh penggemar baru.

Spesifikasi Mesin Dua Silinder 650cc Royal Enfield

mesin inline dua silinder 650cc Royal Enfield

Spesifikasi Mesin Dua Silinder 650cc Royal Enfield

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

One comment

  • idan_rf

    sebenernya ini udah ga asing buat RE soalnya di taun 60 – 70’an atau bahkan jauh sebelum itu mereka juga udah punya dengan 2 silinder cuman setelah diproduksi di india mereka ga buat lagi mesin 1 silinder dan mereka sekarang baru mulai lagi sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: