Jelang Yamaha Endurance Festival 2018, Pembalap Antusias dengan Simulasi Le-Mans Style

Jelang Yamaha Endurance Festival 2018
Jelang Yamaha Endurance Festival 2018

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, sebanyak 52 tim atau 104 pembalap akan terlibat dalam balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2018 yang dihelat di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan ini (29-30 September). Mereka bertarung dalam 3 kelas yang disajikan, yaitu Open Class 250 cc, kemudian Community 250 cc dan Community 150 cc.

Terbagi dalam lama waktu melahap lap selama 1 dan 2 jam. Tentu saja, hajatan ini merupakan apresiasi pabrikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) kepada rekan-rekan komunitas dan pembalap profesional. Mereka diajak untuk menikmati sensasi balap ketahanan yang selama ini belum pernah dirasakan.

Jelang Yamaha Endurance Festival 2018

“Terima kasih kepada rider profesional dan komunitas yang sudah berpartisipasi mengikuti balapan Yamaha Endurance Festival. Ini pertama kalinya pabrikan sepeda motor menyelenggarakan balap ketahanan 1 jam dan 2 jam. Yang paling menarik saat mulai start dengan “Le-Mans Style” pertama di Indonesia. Saya harap balapan pertama ini bisa sukses dan tahun berikutnya bisa terselenggara kembali,” terang Minoru Morimoto selaku President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Jelang Yamaha Endurance Festival 2018

Sebelum melakukan latihan bebas dan sesi kualifikasi pada Sabtu (29 September), terlebih dilakukan edukasi pada Jumat (28 September). Tentu saja, menyangkut informasi yang berhubungan dengan balap endurance. Hal demikian sangat penting karena memang ini kompetisi yang pertama diselenggarakan di Indonesia.

Adapun berbagai hal yang dikomunikasikan dalam edukasi ialah tata-cara start yang menggunakan “Le-Mans Style” dimana para peserta berlari menyeberang lintasan untuk menuju motor. Posisi motor disesuaikan dengan grid masing-masing berdasarkan kualifikasi. Disamping itu juga, diberikan penjelasan sehubungan pengisian bahan bakar (refueling) dan tata cara pergantian rider.

Jelang Yamaha Endurance Festival 2018

Agar edukasi ini berjalin efektif dan optimal, maka dilakukan langsung simulasi. Alhasil, para peserta dapat langsung melihat dan mempraktekkannya di trek. Proses tanya-jawab juga dilakukan agar para starter semakin mengerti. So, upaya edukasi ini begitu penting sebelum mereka melakukan balapan pada hari Minggu nanti (30 September).

Sambutan positif diberikan rekan-rekan komunitas dan pembalap profesional. Mereka sangat antusias dan tidak sabar lagi untuk merasakan balap endurance yang perdana ini.

Jelang Yamaha Endurance Festival 2018

“Endurance Festival sebagai salah satu gebrakan dari Yamaha yang sangat positif bagi teman-teman komunitas, dan juga memberikan warna baru dalam dunia balap Indonesia. Sebagai ajang perdana, pastilah ada kekurangan di sana sini, tetapi kami yakin di kemudian hari kekurangan tersebut akan di perbaiki. Alhamdulillah, persiapannya sudah cukup maksimal,” ucap Muhammad Rijjal Alfikr, akrab disapa Gomes selaku Ketua komunitas ROCK (R25 Community on Kaskus).

“Ini pengalaman baru di balapan yang diadakan Yamaha Indonesia. Balapan kali ini tidak hanya menjadi yang tercepat dengan total jumlah lap, namun bagaimana caranya kita untuk mengontrol emosi, memanage ban dan bekerjasama dengan pasangan rider. Race kali ini saya akan duet dengan Janoear Deden,” tukas Gupita Kresna yang bersaing di kategori Open Class 250 cc dan mengibarkan bendera tim Yamaha Oryza partner dengan Rusman Fadhil.

Jelang Yamaha Endurance Festival 2018

Adapun pihak sponsor yang terlibat menyukseskan Yamaha Endurance Festival 2018 ialah Yamaha, Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Motobatt, BRT Nissin dan Pertamax Turbo. Monggo mas bro yang mau nonton langsung jangan sampai ketinggalan hari Minggu besok, masuk Sentul gratis.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*