Review Konsumsi BBM Suzuki NEX II dipake Stop n Go dan Touring, dapatnya segini

Konsumsi BBM Suzuki NEX II
Konsumsi BBM Suzuki NEX II

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, setelah beberapa hari dalam kesibukan suasana 17an plus hari raya Qurban, akhirnya dapat waktu luang juga untuk mereview skutik yang dititipkan PT. SIS ke garasi Elang. Ya walau untuk tulisan di blog belum banyak tayang tapi percayalah Suzuki NEX II jadi andalan Elang untuk dipake wira-wira kesana kemari walau dalam jarak dekat namun intens.

Ya sesuai habitnya, skutik kecil ini memang paling pas dijadikan andalan buat transportasi jarak pendek dan menengah yang karakternya lebih banyak stop n go. Misal ke masjid atau sekedar belanja di mart dekat rumah, skutik lincah ini paling pas peruntukannya.

Oke kali ini Elang mau sharing hasil review konsumsi BBM dari Suzuki NEX II, pengen tau seberapa irit Suzuki NEX II dipakai simulasi riding harian.

Alhamdulillah dalam kesempatan ini Elang coba melakukan pengukuran konsumsi BBM dalam 2x kesempatan, yakni mode harian bener-bener hanya stop n go jarak dekat gak kemana-mana dan sekali coba sambil jajal NEX II nanjak ke Puncak Pas.

Ada yang bilang kl motor matic lebih banyak dipake stop n go akan terasa banget borosnya. Nah untuk ini pas banget si NEX II hampir 5 hari gak kemana-mana karena kesibukan di lingkungan. Pure stop n go di komplek perumahan sesekali keluar dekat bersama anak istri ke Cibubur, wis pokoknya jarak deket terus dan dominan dipake berboncengan.

Nah dalam mode stop n go ini berapa konsumsi BBM yang mampu diraih si NEX II? Berikut Elang lampirkan langsung foto-foto pengisian BBM Pertalite. Metode yang dipake seperti biasa menggunakan metode pengisian full to full.

Konsumsi BBM Suzuki NEX II

Konsumsi BBM Suzuki NEX II
odometer pengisian pertama full tank
Konsumsi BBM Suzuki NEX II
batas penuh sampai bibir bawah tangki

Pengisian full tank pertama odometer menunjukkan jarak 1.541,8 kilometer, 5 hari kemudian baru isi full tank kembali BBM Pertalite. Batas patokan full tank yang dipake adalah batas bibir bawah tangki untuk Suzuki NEX II. Setelah full di bon tercatat pembelian BBM Pertalite sebanyak 2,504 liter, sementara odometer sudah menunjukkan 1.641 kilometer.

Konsumsi BBM Suzuki NEX II
odometer di pengisian kedua 1.641 km
Konsumsi BBM Suzuki NEX II
batas full tank sama di bibir bawah

Nah sekarang mari kita hitung fuel consumptionnya.

1.641 km – 1.541,8 km = 99,2 km

99,2 km / 2,504 liter = 39,6 km/liter

Boros? Menurut Elang beginilah kondisi real konsumsi BBM rata-rata matic kalau lebih dominan stop n go hanya di jarak pendek. Akan beda cerita kalau dipake normal riding ngantor misal PP 50km.

Nah di kesempatan kedua Elang coba ukur konsumsi BBM NEX II saat dipakai nanjak ke Puncak, berboncengan dengan total bobot pengendara + pembonceng 115 kg.

Berikut foto-foto catatan pengisian BBM metode full to full dengan BBM Pertalite.

Konsumsi BBM Suzuki NEX II
Setelah pulang dari puncak, odometer 1.755,9 km

Konsumsi BBM Suzuki NEX II

Pengisian pertama di SPBU Wanaherang odometer 1.641 kilometer, lanjut Suzuki NEX II Elang pake riding ke Puncak Pas bersama nyonya. Sepulangnya dari Puncak Elang mampir ke SPBU Citeureup, langsung isi full tank dan memastikan BBM sampai batas bibir bawah, sama seperti pengisian awal. Odometer menunjukkan 1.755,9 km dan pembelian BBM sebanyak 2,484 liter untuk kembali penuh. Nah mari kita hitung..

1.755,9 km – 1.641 km = 114,9 km

114 km / 2,484 liter = 46,2 km/liter

Nah kurang lebih inilah hasil review konsumsi BBM Suzuki NEX II yang Elang lakukan. Selama pengukuran Elang cara bawa motornya gak pake pelan, pokoknya gas poll selama jalanan mendukung, jadi hasil ini bukan hasil riding yang eco mode pake diirit-iritin segala 😀

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

6 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*