Beranda Perawatan Motor Service kelima Linea ADV, Ganti Vanbelt di 29.000 kilometer

Service kelima Linea ADV, Ganti Vanbelt di 29.000 kilometer

3

ElangJalanan.NET – Bismillah, halo sobat biker, gimana kabarnya jelang akhir tahun ini? Semoga semua dalam kondisi sehat dan dilancarkan semua urusannya, Amin.

Kembali lagi Elang ingin menulis artikel perawatan motor harian si Linea ADV yang kini sudah berumur 13 bulan euy tak terasa. Oh ya review setahun pakai Honda ADV 150 Insyaallah nanti Elang buatkan di artikel khusus ya, stay tunned.

Btw, setahun lebih usia pakai, odometer Linea hampir menyentuh 29 ribu kilometer sob, maklumin aje kalau kilometernya cukup lumayan sebagai kendaraan armada KurirEkspress.

Kalau ikuti buku, harusnya di 24 ribu kilometer kemarin Linea sudah masuk service ke-5, tapi karena padatnya jadwal di bulan-bulan ini Elang telat baru bisa service sekarang. Tapi tetap kalau oli sih gak pernah telat, always di 2000 kilometer ganti. Soal oli Elang masih percayakan oli OEM nya Honda SPX2.

Sejujurnya ini Elang pengalaman perdana pakai matic sampai sejauh ini kilometernya, soal perawatan Elang manut aja dengan petunjuk di buku manual Linea. Disitu tertera tiap 24 ribu km baiknya vanbelt CVT diganti, nah Elang ikuti aja panduan ini walau telat 4 ribuan kilo 😊

Jadi hari ini Elang meluncur ke bengkel rekomendasi Elang yang notabene teman sendiri. Sobat pembaca sudah tau kok bengkel apa liat dari foto artikel di atas.

Kalau ada yang nanya kenapa gak di AHASS mas Elang? Sama aja sih, cuman disini Elang lebih prefer ke mekanik yang sudah kadung kenal pekerjaannya selama ini, cukup capable lah dan puas kalau soal service motor matic.

Bahkan sangking seringnya Elang liat motor-motor Aerox service dan nginep disini, Elang suka plesetin dah tuh nama Aripistop sebagai ‘Aerox Pitstop’ 😁

Service kelima Linea ADV

Service kelima Linea ADV
Kondisi vanbelt ADV150 di 29.000 km

Lanjut lagi soal penggantian vanbelt, ketika dibongkar dan diliat kondisinya sebetulnya masih layak-layak aja sih kondisi vanbeltnya, cuma udah mulai keliatan retak-retak dikit tapi merata. Karena niatnya memang ingin ganti dari rumah yo wis ganti aje.

Terus gimana kondisi roller? Nah roller pun demikian masih oke sih, cuma sudah mulai terliat peang dikit gak bulat sempurna lagi. Akhirnya ganti deh 6 biji rollernya, kalau gak salah 20 gram beratnya ye.

Service kelima Linea ADV
Bentuk roller sudah mulai agak peang

Gimana setelah diganti vanbelt dan rollernya di bengkel Zona Speed?

Feel pertama tarikan langsung kembali lagi terasa responsif, no gredek udah pasti kalau baru diservice gini 😊

Service kelima Linea ADV
Part vanbelt dan roller untuk Honda ADV 150

Pas masuk komplek yang suara lalu lintas lebih senyap, baru ketauan ternyata gejala suara kasar yang Elang suka dengar di area CVT sudah gak ada lagi. Sepertinya faktor roller yang mulai peang sumber dari suara kasar kemarin. Feelnya sih udah kayak baru lagi tarikan mesinnya, joss lah puas dengan perawatan motor ini.

Ohya kalau lagi bebersih CVT gak lupa Elang selalu request untuk poros CVT baik yang belakang maupun depan dikasih grease aka olesin gemuk biar gak kering. Biasa sih tiap 6000 kilometer atau 6 bulan sekali, mana yang lebih dulu tercapai.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

3 KOMENTAR

  1. ternyata 25 rb an ya harus ganti belt, suzuki skydrive 125 cc 2019 saya sampe 55 ribu km baru saya ganti itupun tidak karena putus, karena pengen ganti dan kondisi rata retak kayak gambar di atas. berarti saya kelewatan selama ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here