Beranda Perawatan Motor Ganti Ban Belakang ADV di 18.000 Kilometer, Tetap Pakai Semi Dual Purpose

Ganti Ban Belakang ADV di 18.000 Kilometer, Tetap Pakai Semi Dual Purpose

1
Ganti Ban Belakang ADV
Tali Benang Keliatan, Ganti Ban Belakang ADV

ElangJalanan.NET – Bismillah, halo sobat biker lanjut lagi bahasan perawatan motor harian Elang Jalanan si Linea ADV ya. Ceritanya bebersih motor pagi-pagi Elang dikejutkan dengan pemandangan yang gak biasa.

Perdana Elang punya motor penggunaan ban sampai melewati limit. Pagi itu Elang mendapati kondisi ban belakang ternyata sudah habis bener, sampai-sampai tali benang kembangan bannya keliatan.

Ganti Ban Belakang ADV
Ganti Ban Federal FT297 di AHASS

Ini diluar dugaan Elang, sebelumnya kembangan ban sudah tampak rata dengan batas TWI di kilometer 15.000. Melihat dari sisi luar Elang perkirakan kembangan ban masih cukup tebal untuk dipakai sampai 20.000km, ternyata…

Di odometer Linea 18.500km akhirnya ban semi dual purpose Linea menyerah dan harus segera diganti untuk alasan safety.

Ganti Ban Belakang ADV
Ban Baru, Produksi Agustus 2019

Tadinya Elang berencana ganti ban tipe on road seperti Aspira Premio untuk ban belakang ini yang punya compound lebih keras. Alasannya biar lebih awet aja karena Linea kini cenderung dipakai sebagai motor kurir.

Elang suka kembangan Aspira Premio karena sudah teruji di MX Strada selama ini baik untuk kondisi basah maupun kering ban enak gigit di aspal.

Ganti Ban Belakang ADV
Velg aman dari lecet

Tetapi sesampainya di Planet Ban Elang gak ketemu ukuran yang dicari, fyi untuk ban bawaan ADV ukurannya 130/70-13. Aspira Premio hanya ada ukuran lebih besar 140/70-13, hm.. bakalan berat dan lebih boros ntar kalau naik 1 level.

Akhirnya Elang urung dan segera meluncur ke AHASS Wahana di bilangan Jl. Lapangan Tembak Cibubur karena takut ban keburu meletus..hihihi

Ganti Ban Belakang ADV
Harga ban masih terjangkau

Sampai di AHASS Elang tanya ketersediaan stock ban belakang ADV, alhamdulillah stocknya ada sob, harga 350rb untuk belakang sementara untuk ban depan harganya lebih murah 325rb, Elang hanya beli buat belakang saja.

Hanya antri sebentar Linea ADV pun digelandang ke ruang service, sambil nunggu di ruang tunggu bengkel Honda tersedia cemilan biskuit dan air putih kemasan.

Buka pasang ban di bengkel AHASS menggunakan alat standar yang menjamin velg tetap aman dari lecet, maklum sob apalagi ini velg lebar kalau gak pakai alat ini bisa perjuangan ekstra tenaga mekanik buat melepasnya.

Ganti Ban Belakang ADV
Ban Baru ADV

Setelah selesai, bayar cash 400rb dan kasih tip mekaniknya Linea ADV pun kembali melanjutkan perjalanan untuk pick up orderan. Ban semi dual purpose ADV ini memang lumayan enak, tipe soft compound feelnya dipakai buat nikung cukup gigit.

Semoga lebih awet di penggantian ban kedua ini. Salam #Cari_Aman

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

1 KOMENTAR

  1. buat NJMX sy 2011, sy masih percaya Aspira premio… ini jg barusan ganti.. malah dah same 30rb km lebih… Mantap..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here