Beranda Tips Bikin Motor Harianmu Berkarakter Kencang? Tanpa Bore up Cukup Begini

Bikin Motor Harianmu Berkarakter Kencang? Tanpa Bore up Cukup Begini

6
Top Speed Honda ADV 150
Top Speed Honda ADV 150

ElangJalanan.NET – Bismillah, sobat biker pernahkah sobat merasakan motor harian entah milik sendiri atau punya temen berasa berat tarikannya? Pasti sering nih, sudah gitu handling di setangnya pun kadang berat atau terlalu liar seperti komstir oblak.
Fix motornya bisa jadi memang tidak terawat kondisinya kalau mengalami kondisi seperti itu.

Motor baru dari dealer dalam kondisi standar ting ting, umumnya masih dalam performa baik dan akselerasi ringan. Namun seiring pemakaian bisa jadi setelah setahun kondisi performanya bisa berubah drastis menjadi lemot atau mulai banyak PR.

Nah gimana tipsnya kalau ingin motor harian bisa kencang akselerasinya tanpa perlu ganti part racing atau bore up? Caranya cukup simpel, ada 2 hal yang perlu diperhatikan sob.

Hal ini Elang berdasarkan pengalaman sendiri di motor Linea (Honda ADV 150) semakin kesini tarikannya makin enteng. Begitu juga dengan MX Strada, akselerasinya tetap terjaga.

Yang pertama adalah bagaimana memperlakukan motor sejak dari inreyen. Menurut Elang kalau dari sejak masa inreyen motor selalu dibawa pelan, maka cetakan karakter motor seterusnya akan jadi pelan, akselerasi berat. Namun kalau motor sejak baru dibiasakan kencang (secara bertahap sejak masa inreyen) maka selanjutnya motor akan berkarakter kencang.

Kencang disini bukan soal top speed, tapi lebih ke akselerasi. Untuk mencetak karakter motor punya akselerasi ringan, biasakan gunakan 80% kemampuan motor untuk berlari. Artinya kalau kemampuan top speed motor bisa 100kpj, maka sering-seringlah rolling speed di batas kecepatan 80kpj. Namun hanya lakukan ini di kondisi jalan yang aman dan kosong serta memungkinkan.

Hal kedua adalah soal perawatan, poin ini yang sering diabaikan pengendara motor. Taunya hanya tinggal pakai gas rem, namun perawatan rutin motor terabaikan. Inget lho mesin adalah komponen bergerak yang terus bergesekan antar part-part di dalamnya, perhatikan penggantian oli mesin secara berkala dan rutin. Ada beberapa komponen yang perlu dibersihkan secara berkala dan ada yang perlu diganti di jarak tempuh tertentu.

Elang termasuk tipikal biker yang concern soal ini, sampai-sampai catatan perawatan motor Elang abadikan catatannya agar tidak lupa dan terlewat.

Jadi kesimpulannya, berbicara soal motor harian kalau mau kencang tarikannya gak perlu upgrade part atau bore up, cukup perhatikan perawatan rutin motornya dan sering-sering motormu diajak lari 80% dari kemampuan puncaknya.

Bagaimana pendapatmu sob, mungkin ada kiat lain bikin motor harianmu berkarakter kencang?

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

6 KOMENTAR

  1. Betul sekali.

    Selain yang disebutin aku juga upgrade oli dari Yamalube Sport ke Super Sport; ban motor ganti michelin non radial(pake merek Zeneos kalo kemahalan); ukuran ban depan dinaikin dari 70/90-17 jadi 80/90-17.

    Next ban belakang up dari 120/70-17 jadi 130/70-17, suspensi YSS G-Series MX King(Nitrogen Gas).

    • Iya mas, saya juga beralih oli dari Yamalube Sport ke Yamalube Super Sport, bedanya kerasa banget dan membuat performa jadi lebih baik dari sebelumnya

  2. Subjektif sekali, yg tepat tuker kunci tiap 5 thn sesuai koment diatas, …..semua dah di limit …klw part std jgn harap berlebihan klw mau awet, main rada jauhan ke gunung -main sama ojek perkebunan ….

  3. Wah bener banget mas, saya juga sepakat tentang 2 hal itu, dimulai dari bagaimana kita “membentuknya” ketika masih baru dan perawatan selama penggunaaan, btw kuda besi saya juga NJMX dan alhamdulillah sampai sekarang kondisi performanya masih cukup bagus dan konsisten. belum terfikrikan untuk ganti atau nambah kuda besi hehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here