Beranda Opini Balada anak motor yang taunya cuma gas rem poll

Balada anak motor yang taunya cuma gas rem poll

4

mayday biker

Halo Biker, sedikit artikel ringan berangkat dari ketertarikan Elang menyoroti suara-suara anak motor yang khas sering terdengar di media sosial. Tapi di awal Elang ingin sampaikan ini bukan tulisan untuk menjustifikasi, mendikte namun semata-mata mencoba mengoreksi habit yang kurang pas dirasa dilakoni oleh seorang yang ngakunya ‘anak motor’.

Yup ngakunya ‘anak motor’ aka ‘anak komunitas’ atau apalah predikatnya tapi sayang predikat itu hanya sebatas pengakuan di bibir sendiri. Orang lain yang melihat kejadian konyol tersebut hanya bisa nyengir membathin, lah emangnya piye?

Sering terdengar ocehan-ocehan anak motor di group yang sudah familiar dan gak asing. Ngakunya sih anak motor atau anak klub, tapi begitu piknik jauhan dikit ke kota orang, lalu mengalami masalah ditengah jalan entah karena motornya mogok, jatuh, ban bocor langsung berteriak di sosial media “Mayday..mayday..” dibubuhi kalimat akhir “..tolong dikondisikan“. Kalau secara solidaritas komunitas/klub sih cukup bagus tolong menolong anggota yang sedang mengalami kesusahan di jalan, tapi sisi lain gambaran ini menunjukkan bahwa banyaknya anak motor yang tahunya hanya sebatas pake motor aja, istilahnya gas rem poll. Sedikit yang mau peduli mengenali karakter motornya sendiri dan rutin melakukan inspeksi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Ini adalah inti pesan tulisan ini.

Kenalilah karakter motormu, inspeksi kelayakan kendaraan sebelum berkendara, apalagi untuk perjalanan jauh. Siapkan kunci-kunci pas untuk jaga-jaga ketika terjadi masalah di jalan. Ban gundul ya diganti, rante kendor ya dikencengi, lampu mati ya diganti. Boro-boro mau melengkapi, ada panggilan kopdar/touring luar kotapun yang dibawa hanya modal diri, jas hujan kemana? Ribet ah..

Moga sobat yang membaca tulisan ini bisa pelan-pelan lebih mau mengenali motornya dan rutin melakukan inspeksi sebelum berkendara, agar tidak ada lagi teriakan-teriakan “Mayday..Mayday” di kampung orang. Budayakan tertib berlalu lintas dan saling berbagi jalan, utamakan prilaku defensive riding, agar terhindar dari masalah di jalan.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

4 KOMENTAR

  1. saya bukan anak klub atau komunitas, ga pernah turing-turingan. Jalan jauh buat rekreasi ya sering, tapi sebelum perjalanan jauh ya kendaraan dicek & dipersiapkan dulu dengan baik 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here