Beranda Review Konsumsi BBM MX Strada (NJMX) setelah 5 tahun pemakaian masih mampu 45km/liter,...

Konsumsi BBM MX Strada (NJMX) setelah 5 tahun pemakaian masih mampu 45km/liter, salut..

28

MX Strada

Halo Biker, sekali-kali nulis review motor sendiri, sudah kangen juga MX Strada lama gak dibahas, bisa jadi ada sebagian pembaca warung ini yang sejak lama masih ingin tahu gimana riwayat dan kondisi MX Strada. Boleh dibilang ini sejarah bagi Elang pribadi bisa melihara tunggangan seawet ini selama 5 tahun dan sudah sempat ngalami prosesi cek fisik ganti plat, mungkin sudah jodohnya dengan motor ini MX Strada akan tetap setia menemani perjalanan riding dan juga aktivitas ngebelog kedepannya, kalau bahasa gaulnya udah jadi brand ambasador dari blog Elang Jalanan.

Okey untuk tulisan review kali ini Elang tertarik untuk melakukan pengukuran ulang berapa konsumsi BBM MX Strada setelah lumayan berumur 5 tahun dipakai. Sebelumnya Elang cerita sedikit tentang riwayat MX Strada, secara riwayat motor ini memang terawat betul, dari sejak baru di awal 2011 service dan ganti oli selalu teratur di bengkel resmi Yamaha. Tiap ada penggantian spare part yang rusak itupun selalu diganti dengan part genuine dari Yamaha, paling pernah sekali-kalinya mencoba ganti kanvas RDB dan bearing roda dengan part KW, setelah itu balik lagi ganti ke part standar Yamaha.

Riwayat berikutnya dalam perjalanannya motor ini pernah masuk UGD service besar di pemakaian setelah 3,5 tahun, karena memang di Yamaha ada anjuran siklus service besar yo wis Elang ikuti. Namun sempat kaget setelah dibongkar kondisi piston baret + klep-klep pada bengkok. Hm..baru sadar inilah akibat selama 3 tahun lebih motor berkompresi tinggi dikasih nenggak bbm premium terus. Setelah itu tobat deh minum premium, mulai membiasakan untuk konsumsi Pertamax/Shell Super.

Alhamdulillah sekarang kondisi MX Strada termasuk dalam kondisi kebugaran paling fit, baik performa maupun fungsi-fungsi semua komponen bekerja running well. Semua komponen dan part standar motor juga terpasang lengkap tanpa ada yang kurang satupun, dan yang bikin salut body juga masih kokoh tak ada suara-suara getar gak penting seperti penyakit motor bebek kebanyakan.

konsumsi bbm njmx
posisi kilometer di pengisian awal (full tank)
konsumsi bbm njmx
struk pengisian BBM Shell Super full tank

Nah gimana konsumsi BBMnya, Elang coba ukur dengan metode yang paling mudah, metode full to full. Sabtu malam coba isi di SPBU Shell Cikeas full tank, catet kilometer di odometer 21583 km. Hari Minggunya karena gak ada aktivitas keluar rumah kilometer belum terlalu jauh terpakai. Seninnya dipakai aktivitas pulang pergi dari Cikeas – Lapangan Udara Pondok Cabe, 70km lumayanlah dapet, lalu sorenya bermaksud isi kembali BBM ke Shell Cikeas tapi karena kondisi hujan terus dari Pondok Cabe putuskan langsung pulang ke rumah. Baru Selasa pagi menyempatkan isi BBM kembali Pertamax di SPBU Pertamina Harjamukti Depok.

konsumsi bbm njmx
struk pengisian akhir BBM Pertamax hingga full tank, hm..harusnya Rp. 16.349,- Pertamina keterlaluan pembulatan ke atasnya.
konsumsi bbm njmx
posisi kilometer di pengisian akhir

Isi BBM Pertamax hingga full tank tercatat di meteran SPBU butuh 2,006 liter atau Rp. 16.349 dengan harga per liter Pertamax 8150,-. Catat kilometer akhir di odometer sudah 21673 km.

Jika dihitung tingkat konsumsi BBMnya:

(Kilometer akhir – Kilometer awal) / jumlah BBM

(21673 – 21583km) / 2 liter

90/2 = 45km/liter

Salut ini motor masih konsisten iritnya berkat penggunaan karburator vakum ditambah perawatan mesin yang teratur. Ohya untuk ritme gaya riding Elang selama pengetesan ini normal layaknya berkendara harian, speed di range 60 – 80kpj, tapi lebih banyak 60an karena jalanan ramai.

Last motor apapun kalau dirawat telaten akan awet dipakai bertahun-tahun, puas rasanya memiliki MX sebagai kendaraan harian, di usianya yang tergolong lawas, secara performa masih mampu lari 115kpj namun bisa diajak irit gak kalah dengan motor-motor jaman sekarang.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Managed by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

28 KOMENTAR

      • waduh om…saya pakai mx gen pertama, masih mulus2 mesinnya, skrng posisi di 94rb km…sdh mau balik nol lagi, selama ini saya pakai oli + treatmen oli omega, kmrn pada km ke 90rb an saya kasih suplemen nano ceramic alhamdulillah malh balik kaya baru lagi rasanya bellum sempet buka mesin atas lagi…yg jelas tenaga jadi makin padet…dng piston + eing n klep daribpabriknya alias belum ganti sama sekali kopling sekalipun…
        ntar saja klo sempet buka mesin lagi difoto…waktu kmarin buka belum kenal blog etc jadi gak kepikiran difoto 🙁

  1. semua kembali tergantung perawatan..pakai bensin sesuai kompresi motor dan rajin bengkel utk perawatan mesin dan ganti oli….
    klo py motor asal masih bisa ngegelinding y repot

  2. wah.. sama kang, njmx ane masih konsisten sekitaran 45km/L..
    tapi tambah umur mulai makin banyak jajannya nih.. haha..

  3. oh ya, kang..
    ane perhatiin di riwayat MX strada, itu beneran prtama kali ganti piringan cakram belakang di 81rb..? 😮
    punya ane baru 35rb aja dah kelihatan tipis bgt..
    punya sodara ane 60rb aja malah udah 2x ganti lho (yg ini karna efek gaya riding dia kyknya)

    • iya kang Fari, memang itu faktor sengaja gak diganti-ganti sampai ngeri ngeliatnya sangking tipisnya waktu itu, yang akhirnya demi alasan keamanan baru diganti di kilometer 81.000km, kalau piringan depan ganti di kilometer 74.000.

  4. ya iyalah baru 20rb an pn going jelas masih konsisten irit, koplak deh om, kecuali kyk bebek gw abs revo 2009, -+ sdh 120.000 km sejak masuk 70.000 km (turun mesin oversize brp lupa) emg sdh berasa lbh boros wajar daya jelajah tinggi gk kyk jupimx ini

  5. wew irit jg mas old mx ane th08 dpt skitar 42.an /l pertamax itu pun motor.nya da lama ngk servis cuma ganti oli doank…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here