Jadwal penggantian bearing roda depan NJMX setelah 68.000km

bearing roda njmx

Salam sobat sekalian, akhirnya setelah ditunggu-tunggu kapan sih bearing (laher) roda MX Strada ini harus diganti akhirnya waktu itu pun tiba. Kurang lebih saat odometer mencapai 68.000km kemarin sudah ada tanda-tandanya yang langsung kerasa buat handling. Asal menekan tuas rem depan tanpa dibantu rem belakang, roda depan rasanya geal geol seperti gak stabil. Tadinya mo langsung ke beres untuk ganti, tapi karena niatan ingin sekalian nanti saat jadwal ganti oli maka hampir 1000km lebih MX Strada dipakai bekerja keras dengan kondisi bearing roda depan sudah aus, saat ini odometer sudah menunjukkan 69.295km.

bearing roda njmx

Kecurigaan terhadap bearing selain terasa langsung di feel berkendara, juga terlihat ada cairan disinyalir air yang berhasil masuk ke sela-sela bearing dan terendap hingga berwarna kecoklat-coklatan mirip air karat. Yo wis hari ini tadi Elang jadwalkan untuk melakukan penggantian di bengkel resmi Yamaha. Namun kebetulan hari ini H-2 menjelang Lebaran ternyata bengkel langganan Elang di daerah Tendean Jakarta Selatan sudah tutup, putar balik cari ke arah Mampang ada tapi antriannya cukup banyak. Yo wis tadi Elang hanya sempatkan ganti oli saja, karena alokasi waktu tak banyak karena masih jam kerja.

bearing roda njmx

Sepulangnya ba’da sholat Maghrib Elang sempatkan mampir di bengkel sekaligus toko langganan Elang di daerah Jl. Raya Bogor sebelum belokan pabrik Indolakto – NGK. Alhamdulillah mekanik yang sudah kenal Elang lagi kosong, yo wis Elang samperin langsung ngobrol sebentar menanyakan apakah ada stok bearing roda untuk MX. Saat ditawarin yang bagus atau yang biasa, langsung deh mindset berbicara gak mau yang abal-abal, yang bagus sekalian Ko, seru Elang. Harganya lumayan memang 55rb untuk sepasang bearing merk KGW, mudah-mudahan awet.

bearing roda njmx

Entah kenapa saat sebelum bearing diganti feeling kenikmatan berkendara terhadap MX Strada ini berkurang drastis alias gak dapet feelnya dan kebawa pikiran (halah). Makanya biar gak menjadi beban pikiran terus Elang segerakan untuk ganti sesegera mungkin. Alhamdulillah setelah diganti, hati ini langsung plong buat bejek MX Strada lagi mengarungi jalanan Jakarta. Nampaknya ini motor memang sudah sehati, jadi ada yang gak beres sedikit langsung mengena ke perasaan bathin pemiliknya 😀

bearing roda njmx

Boleh dibilang Elang cukup puas dengan kinerja bearing roda NJMX bawaan pabrikan. Mudah-mudahan bearing KGW ini walau bukan ori dari Yamaha berharap bisa sama awetnya. Next kapan giliran bearing roda belakang diganti? Tunggu gejala-gejalanya nanti saja kalau mulai ada indikasi oblak perlu diganti. Last dengan perhatian perawatan seperti ini, gak heran tunggangan Elang selalu dalam kondisi prima baik dari sektor mesin maupun sparepart body dan kaki-kaki. Menjelang 2 tahun setengah umurnya, tak satupun ada komponen yang malfunction atau tidak berfungsi, semuanya masih bekerja normal sesuai fungsinya. Kuda besi beres, perjalananpun dilanjutkan menuju Al-Azhar Cibubur untuk sholat Tarawih di malam terakhir Ramadhan.

8 Komentar

  1. salut om sehati dengan motornya…sekalian sy ucapkan selamat idul fitri minal adizin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin….salam dari kami Heru Kresnanto sekeluarga di bali

  2. klo NJMX q di pake nikung kenceng rasax kq ga enak y ”
    sperti ban belakang goyang2 gt.. ga stabil.. apa mgkin bearingx dah rusak..??
    atau shockbreaker blakangx atau jg ban belakang dah aus gt ..?”

    trus klo lewatin jalanan yg ga rata/pas ane lg rem mndadak gt.. di stir rasax kq bunyi krek2″ gt n berasa maju mundur dikit..” knpa itu gan y ??

    trus kq rasa2 x NJMX ane ga selincah dlu buat manuver zigzag..
    dijalanan perkotaaan SBY..

    NJMX thn 2011 bln 10
    Thanks bagi yg bisa jawab..”

  3. waaah ajiib tenan motornya…udah 68 rb Km baru ganti bearing, motor saya baru 34 rb Km udah 2x ganti bearing depan….kira2 knp yaa??? padahal selalu make yg ori yamaha…. 🙁

  4. Bro, saya pake njmx tahun 2011, hari ini saya ada keinginan ganti bearing blakang. Tapi prgantian bearing hari ini adalah prgantian yang ke-3 . entah knapa saya sring bgt ganti bearing . apakah jalanan brlubang dibandung jd salah satu faktornya?

  5. numpang tanya gan.
    ni mx ane waktu di pke wt boncengan kok trasa geyal geyol gt ea gan di roda belakang.
    dlu smpet jath jg ni mtr.
    ap bearing nya yg kena .?
    tpi kerasa cman pas boncengan aj gan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*