Perbedaan Rasa Nyemplak NJMX dengan Jupiter MX lawas

Artikel ini saya tulis untuk sharing pengalaman mengendarai sepeda motor Jupiter MX series. Mungkin berguna buat yang tertarik atau sedang pengen membeli New Jupiter MX. Sebelumnya EYD sudah pernah menggunakan Jupiter MX CW dari 2006  hingga 2010 kurang lebih 4 tahun setengah dan kini di 2011 EYD menggunakan  seri update dari New Jupiter MX.

Ok langsung aja ke topik, ada perbedaan rasa yang EYD rasakan dari kedua seri Jupiter MX lama dan yang baru. Overall bagi EYD memang All New Jupiter MX menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada Jupiter MX lawas baik dari segi ‘rasa’ maupun ‘fitur’, kali ini yang ingin EYD bahas adalah masalah ‘rasa’ saja.

Pertama dari sisi perpindahan gigi (untuk yang tipe kopling manual), Jupiter MX CW lama kalau pagi atau masih dingin jika masuk gigi pertama ada bunyi pletak dan gigi masuk agak kasar. Solusinya adalah kalau pagi, untuk masuk ke gigi 1, tahan lama dulu handle kopling untuk beberapa detik lalu masukkan gigi 1 maka suara pletak gak akan terasa. Nah di New Jupiter MX yang baru, masalah ini gak pernah EYD rasakan lagi, masuk gigi 1 di pagi hari langsung masuk secara normal dan halus gak ada bunyi bletak lagi. Dugaan saya penyebabnya mungkin ada di sistem peredaran oli di bak transmisi/kopling MX lawas.

Kedua untuk nafas setiap gigi, di MX lawas yang EYD punya dulu gigi 2 dan 3 nafasnya panjang-panjang, malah gigi 3 bisa mentok sampe 110kph (sadis untuk motor ukuran motor standar) 😀 Nah di New Jupiter MX yang sekarang untuk nafas setiap giginya EYD rasakan pendek-pendek. Mungkin karena sistem transmisinya 5 speed, jadi karakternya jadi halus gitu. Nafas yang panjang saya rasakan jika mulai di gigi 4 dan 5, kalau gigi 1-3 halah rasanya pengen cepet-cepet ganti gigi.

Ketiga, dulu saat EYD hobi seruntulan 😀 dengan MX lawas, ada yang lucu. Kalau lagi digeber kenceng trus turun gas bersamaan gabel kopling ditarik, mesin bisa mati sendiri (gaswat) 😀 tapi langsung hidup begitu kabel kopling dilepas, apakah ada rider lain yang merasakan sama di MX lamanya? Nah di New Jupiter MX yang sekarang gak ketemu lagi gejala seperti itu.

Yang keempat, tuas engkol. Di MX lawas kalau nyela motor tuh tuas balik alias ngeperr. Tapi ini gak EYD temukan di New Jupiter MX, kalau abis nyela tuas engkol, batang tuas tetep di bawah gak balik ke atas. Menurut EYD ini sih memang lebih safety karena meminimalkan kaki kehantam batang engkol, tapi mesti ribet dikit balikin tuas engkolnya ke posisinya (biasanya EYD pake tangan balikinnya) 😀

Ini aja yang EYD tau perbedaan rasa menyemplak kedua seri MX terdahulu dan sekarang, mungkin bro ada yang mo nambahin?

Silahkan dikomentari.

103 Komentar

  1. Kalo riding position, handling, per gas, buat jalan jarak jauh gimsna beda rasanya? Dulu pake mx lawas nggak ada nyamannya, gas berat, agak pegel buat jalan jauh.

  2. tarikan gas di jupitermx lama juga terasa ringan kalau masih baru, tapi setelah umur 6 bulan keatas, mulai deh berat/seret bikin capek…, gimana dengan yang new ini…?

    • halah, ganti mongtor baru apa aja dijamin entengan mas bro, lah wong masih baru 😀 kalau pengen akselerasi pilih NJMX, kalau mau sensasi teriakan RPM tinggi dan top speed pilih CS1 (kompor beledug)

  3. Bro…ane sekarang pake NJMX Biru, tp ane msh aga trauma nih, krn dulu sempet juga pake MX 2006 manual kopling, yg buat ane dongkol dulu, setiap 3-4 bln sekali ane hrs ganti kampas kopling dan denger2 emang yg MX 2006 itu bermslh di kopling ya?, akhirnya ane ganti ke motomatic dan skrg balik lg ke MX, naah apakah NJMX 2011 kopling yg sekrg bermasalah jg seperti yg terdahulu?

    • udah enggak bro, kasus MX CW 2006 masalah kopling gosong/cepet aus itu karena kurangnya informasi yang jelas dari Yamaha perihal volume oli untuk versi CW yang semestinya diisi 900ml. Di blok mesin memang tertulis 800ml, tapi ternyata kebutuhan untuk MX yang CW (kopling manual) lebih dari itu. Informasi ini baru disosialisakan bengkel-bengkel Yamaha setelah banyak komplain bermunculan.
      Untuk NJMX di blok mesin tertulis 940ml, jadi lebih praktis sekarang cukup isi oli 1 liter aja. Alhamdulillah udah mo 8 bulan berjalan ini MX ane masih ngacir halus tanpa kendala.

  4. Bro, ane mau tanya. Bagaimana tips/cara perpindahan gigi. Misal gigi 1 untuk kecepatan di bawah 20 km/jam, kemudian gigi 2 untuk kecepatan diatas 20 km/jam dan di bawah 60 km/jam, dst, apakah demikian, atau ada triknya??. Ane punya NJMX thn 2012, kopling manual. Mohon masukkannya.

    • untuk perpindahan yang smooth dan ideal bisa coba kombinasi ini:
      kec. 20kpj pindah gigi 2
      kec. 40kpj pindah gigi 3
      kec. 50kpj pindah gigi 4
      kec. 70kpj pindah gigi 5

      diakui memang nafas gigi 3 NJMX kopling manual lebih pendek, yang panjang itu nafas gigi 4 dan 5 cenderung

  5. sya dah bli yg thun 2011, semenjak pakek oli motul gold 3100 setiap pagi pemanasan keluar asapnya, padahal pakek pertamax/shell ? gimana ?
    tp sya akui memang tarikan lbih enteng dan halus pakek motul gold..
    Dan kadang” msuk gigi 1 bnyi jedakkk ??
    mohon solusinya

    Trims

    • @Arya
      Old MX atau NJMX? Kalau Old MX kopling memang gigi 1 ada bunyi bletaknya pas pagi, kudu tahan handle kopling 5 detikan baru oper gigi 1, maka suara bletak hilang

  6. Bung, adakah tulisan anda tentang perawatan body motor (NJMX). Kalau setiap hari ada debu2, bersihinnya pakai kain biasa bisa tdk ya? Tolong dong tips2nya biar nanti warna motor/body tetap mantap. Tq

  7. kalo ngebut turun gas trus tarik kopling langsung mati?
    yailah om…
    itumah kaga usah dibahas =_=”

    itu cuma stelan karburatornya doang yg ga beres
    gigi 3 ampe 110?
    mantep? kondisi semua standar tuh?
    make oli ape?
    dari dulu ampe sekarang oli motor ane paling jelek shell AX7 gigi 3 ga tembus 110, paling banter 105 kpj (standar)

    nih pertanyaan ane
    gimana cara ngitung perbandingan kompresi motor ane yg sekarang?

    motor : Yamaha Jupiter MX lawas, STNK 18 Desember 2010
    spek :
    seher : Honda GL Pro Neo Tech (seher berdiameter 60mm)
    di strukin 2,5mm, artinya panjang langkah nambah 5mm, jadi 63,7mm
    CDI BRT-Hyperband
    Karburator Keihin Pe-28 (spuyer standar Pe-28 di rojok)
    kiprok pake 2, punya yamaha MX sama yamaha Twin
    knalpot Ahau leheran gede
    kanvas kopling tiger, per kopling inspiro
    noken ass 30 derajat
    total CC
    22/7 * (1/2 * 30)^2 * 63,7 / 1000 = 180,18cc

    kayaknya itu doang yang ane rubah
    jadi berapa kompresi ane?
    standarnya 10,9 : 1 kan??

  8. Gw pke jupiter mx 2006. Saat track lurus kecepatan koq hanya 120km pada gigi 4?bs nambah lagi ga?disaat gw tarik handle gas smp habis makin lama ada tambahan lagi handle gasnya knp?

  9. Begini..
    Saat saya tarik kopling, dan akan turunkan ke gigi 1(biasanya ini saya sering lakukan saat akan melintasi polisi tidur,biar nanti gak pake gas saat melintasinya )
    Tapi kadang/sering yang terjadi, bunyinya kasar banget seperti setengah nyangkut gitu (krek krek krek krek gitu hbs itu kya spt “blletak” gitu)
    Itu kenapa ya agan agan..?risih aja klo bunyi gitu….

    • @bung rohmat : anda oper ke gigi 1 pas lg kecepatan tinggi utk gigi 1 tdk? Misal : 20-30 kpj? Semua motor memang bersuara begitu kalau mengoper gigi ke yg lbh rendah pd kecepatan yg lbh tinggi.. solusinya, ketika mengoper gigi 1, pelintir gas sedikit. @Rohmat D. Prasetyo

    • pengguna MX baru? kalau MX throtle gas mesti diurut, pasti dapet 120kpj, jika masih berat di 100kpj coba setting ulang karburatornya ke beres

  10. kira2 kenapa yah bos,,,,dan ban depan itu terasa enteng/bisa di bilang ga searah dengan ban blakang,,,,klo pas di tikungan blakang ke kiri,,,yg di depan ko ga mau ngikutin,,dah gitu ga napak banget ban depanya bos,,,apa perlu sok depan saya pendekin???? biar lebih napak

    • kok ane gak merasakan kejanggalan seperti itu ya? coba bawa ke bengkel untuk diperiksa dulu.
      btw menurut EYD kondisi standar masih tetap lebih OK ketimbang yang sudah mengalami banyak ubahan

  11. Tanya settingan karbu tuk New Jupiter MX berapa ya, krn habis di servis kok jadi loyo ( 1st service ).. thanks sebelumnya

  12. jupiter mx sebetulnya udah perfect cuma sayang terlalu banyak batasan untuk memenuhi persyaratan ijin ngaspal ditanah air. contoh limiter pada cdi dan catalist pada knalpot, tanpa batasan2 tersebut jupiter mx mantaf bgt!
    ane dulu pake mx 06 gagal kopling topspeed 90 doang.
    tahun 2009 mx ane ganti kopling mx 09 1 set, CDI rextor ajustable, knalpot handmade icis knalpot bandung, penyesuaian pada gear set, n setingan pas.(mesin full standard, karbu full standard)
    gigi1 40kmh, gigi2 80kmh, gigi3 120 kmh, gigi4 150kmh.
    sa**ia f* standar pun lewat.
    kesimpulannya mx motor perfect asal tau pakenya n resepnya. gk perlu bore up, naik stroke, n bla,bla,bla.

    itu masukan dari ane untuk para mx mania. thx!

  13. Punya sya MX thn 2010 mesin standar. Kunci MX standar biar kenceng kuncinya di stelan karbunya klo mekanik servisnya pinter stelnya, larinya pasti kenceng, nafasnya lebih panjang track lurusnya bisa sebanding sma vixion…. klo udah dpt stelan yg pas cukup ganti oli eN bersihkan saringan udara aja gak usah di servis klo gak ada kelain di karbunya…

    yach ini sedikit info buat para MX mania..

  14. @EYD
    Ane bru tgl 28 juni reyen NJMX black gan, pas ane nyobain, topspeednya emang cm dpet 100kpj, tyus apa yg hrus ane lkuin wktu ntar servica gratis prtma njmx q

    • kalau masih baru cara bawanya coba diurut pelintir gasnya dan sedikit sabar

      gigi 1 > 20kpj
      gigi 2 > 40kpj
      gigi 3 > 50kpj
      gigi 4 > 60 kpj
      gigi 5 boleh sampai 80kpj

      service pertama yang pasti ganti oli langsung dan minta setting ulang karburator

      • huaaaaaaaaaaa :'(
        aku speedna melintir dikit dari anjuran … aku pelintir sampe 90km/h omm :'(
        gimana nih ???
        apa nanti pas service pertama harus cek semua sektor mesin ???

  15. Originally Posted By ADiTanya settingan karbu tuk New Jupiter MX berapa ya, krn habis di servis kok jadi loyo ( 1st service ).. thanks sebelumnya

    ya wajar gan, pemakaian pertama jangan di tes buat top speed, jangan di bejek gasnya, soalnya motor masih dalam tahap penyesuaian, ada di buku panduannya kok..

    pemakaian pertama, setting karbu emang dibuat kaya bensin, sehingga membuat performanya nurun, emang di setting buat disesuaiin, jadi harap bersabar aja sampe 3000km udah amanlah..

    untuk settingan standar karbunya, di stel 1 5/8

  16. Originally Posted By abangais

    Originally Posted By ADiTanya settingan karbu tuk New Jupiter MX berapa ya, krn habis di servis kok jadi loyo ( 1st service ).. thanks sebelumnya

    ya wajar gan, pemakaian pertama jangan di tes buat top speed, jangan di bejek gasnya, soalnya motor masih dalam tahap penyesuaian, ada di buku panduannya kok..

    pemakaian pertama, setting karbu emang dibuat kaya bensin, sehingga membuat performanya nurun, emang di setting buat disesuaiin, jadi harap bersabar aja sampe 3000km udah amanlah..

    untuk settingan standar karbunya, di stel 1 5/8

    Originally Posted By anak medanklo oli bwt njmx yang enak n ringan di pake apa ya agan2, moggo masukannya

    kalo settingan karbu 1 5/8 kan utk Old JMX, emang sama setingannya tuk NJMX?? kan type karbunya dah lain. :-0

  17. Originally Posted By ADi

    Originally Posted By abangais

    Originally Posted By ADiTanya settingan karbu tuk New Jupiter MX berapa ya, krn habis di servis kok jadi loyo ( 1st service ).. thanks sebelumnya

    ya wajar gan, pemakaian pertama jangan di tes buat top speed, jangan di bejek gasnya, soalnya motor masih dalam tahap penyesuaian, ada di buku panduannya kok..

    pemakaian pertama, setting karbu emang dibuat kaya bensin, sehingga membuat performanya nurun, emang di setting buat disesuaiin, jadi harap bersabar aja sampe 3000km udah amanlah..

    untuk settingan standar karbunya, di stel 1 5/8

    Originally Posted By anak medanklo oli bwt njmx yang enak n ringan di pake apa ya agan2, moggo masukannya

    kalo settingan karbu 1 5/8 kan utk Old JMX, emang sama setingannya tuk NJMX?? kan type karbunya dah lain. :-0

    ya kalo itu setelan anjuran pabrik gan, ane juga kurang tau deh..
    setelan segitu sih emang pas gan, pas idlenya, ngebut bisa irit juga bisa 😀

  18. klo menurut ane klo maen tarik2an NJMX baru jauh tertinggal dengan old JMX … coba aja tarikan pertama udah dluan tuh OLd MX Mx lama klo bisa maenya S*t*** f mah kalah gan… Settingan biasa No accessoris tambahan… cuma yg harus di perhatikan cuma flat kopling cpt amat ganti wkwkwk cuma ane salut sama OLD JMX maupun NJMX ga pernah ada masalah mesin

    • @jabyu
      perasaan sama aja deh gan, malah ane pernah sama2 boncengan ya kira2 bobotnya sama lah, ane duluan gan 😀 tp sebenernya sih sama aja, top speed sama2 120kpj, yg ngebedain cuma rasio gearnya aja, kl njmx lebih pendek napasnya…

      iya gan bener banget tuuh 😀

  19. gan ane pke mx thn 2006,,full standaran cma bka tutup filter’y doank ga sma filter’y napas panjang suara’y serem and speed naik 10km/jm ga percaya buktiin deh sesuaikn seteln krbu’y ..aman dah 4thn ga prnh ada mslh..buat nakut2n be2k lain maaantep..:D

  20. mas bro mau tanya..
    ane pake mx 2012, mau tanya tentang kompling mx ane nih, kenapa ya kalo ane buka setengah kopling dalam waktu lama, suara mesin motor ane jg kasar plus kalo dah parah malah timbul suara di mesin dan mesin tiba2 mati..kenapa tuh ya?
    thx

    • ya kalo ga di gas ya wajarlah mas..
      kan kerja kopling buat nyalurin tenaga mesin ke roda, kalo mau di lepas, suara kletek kletek itu tanda tenaganya lebih kecil dari beban di ban alias motor kita jd mesin ga kuat jd mati deh, makanya kl udah setengah di buka di gas laah, jangan sering di maenin koplingnya, tar cepet aus 😀

  21. Originally Posted By EYDEYD percaya kalau itu, buka filter udara memang bisa naikin speed 5-10kpj, cuman serem aja udara kotor jadi masuk ke mesin

    iya bener gan naek kecepatannya 😀
    ya yg dibuka filternya aja gan, boxnya mah di pasang biar aman…

  22. mas bro ane ad kluhan nh, new mx
    2012 manual, bru 5 bln,, suara
    msin’a ko brisik y,, ad yg blang
    seher’a kna tow rante keteng
    kendor,, pdhalkn motor baru,, pmakaian stiap hri jrak 34km pp, tlong dong solusi’a..,
    thanks

    • Motor baru sangat jarang didapati suara mesin kasar apalagi dengan sebab rante keteng kendor. Karena EYD blm pernah mendapatkan kasus yang sama, monggo dibawa ke bengkel resmi untuk minta dicek suara kasar bersumber dari apa?

  23. @EYD – tkut’a sy dpt oli palsu, mgkin g kjadian tu? soal’a sy risih bgt dgn suara’a sprti da tonjokn kras dri dlm,, prnh pihak bengkel blang krn pmakaian bbm premium trus dianjurkn kpertamax, tv stlah sy ganti pertamax suara tu msi da ja,, sy pusing mas soal’a mtor pertama sy nh, msi awam,,

  24. slm knl mas.sy pndtg baru nih.motor sya mx 08 A/T full standart.top speed 120kpj dr baru ampe skrg msh bisa.service bsr cuma skir klep alsannya tarikan pertama klep banting diumur 1 thn motor sy.itu cuma bertahan 6 bln trus kambuh lg penyakitnya ampe skrg.tambah lg penyakitnya nih.dibawa boncengan tenaga ngedrop.berat ane 48kg.klo sendiri msh sanggup larinya.klo boncengan ma tmn sy yg brtnya ampir sama mesin kehilangan tenaga.apalagi tanjakan kalah ma trontron yg bawa kayu balak.kena klakson sy dsuruh minggir.menurut mas.apanya yg bermasalah dan yg harus dperbaiki.tlg dbls ya mas.sblmnya terima kasih

    • maaf baru sempet dibalas karena kerolling komen-komennya, bagaimana dengan kanvas kopling apa sudah diganti, mungkin pengoperasian gigi agak kasar dan suka selip kopling sehingga kopling cepat aus.

  25. wiDih ..
    gaswat ?!!!! …

    aq motor baru nicil pertama udah d bawa bandung jawa…
    sama saya plintir gasnya mpe 110 km /jam boncengan ..

    g mana mesinnya aman gk yah ? ..
    adeuh blom d servis nih..
    g mana om ??? ..
    was was nih..

    mo nanya jga ?
    tu yg d blakang radiator ap kipas pendingin ya om ?
    ko lw mesin d nyalain kipasnya gk muter yah ..
    pa apa itu y omm ..

  26. @otri

    situ baru nyicil pertama , ane turun dari mobil dealer langsung gas jakarta-sukabumi.
    bejek sampe 110 trus lagi .
    skarang mah di atas 120km/jam mah gampang dapet nya .

    gapapa bro , yang penting 500km pertama ganti oli nya langsung .

    yang di blakang radiator itu kipas radiator , dia bakal nyala kalo suhu mesin di atas 100 derajat .

  27. Guys, mau tanya nih, beberapa hari yang lalu saya baru aja beli NJMX Manual putih, n pertanyaan saya, saat mesin d hidupin dan dalam keadaan netral ada suara “tek tek tek” begitu, ada yang ngalamin hal serupa gak? Atau memang seperti itu..(Tidak ada masalah/kerusakan)

    • NJMX ku juga seperti ini….
      aku juga tidak tau apakah memang begini suaranya atau bagaimana?
      adakah yang bisa memberi informasi hal ini?

      • Kalo saya sih pake Old JMX emang gitu gan, kalo mesin nyala, terus didiem [gas ga ditarik] bunyi suara ‘tek…tek…tek…tek’ tapi kalo udah di gas mulus-mulus aja, ada yang bilang MX Kasar di posisi waktu didiemin doang… saya ga tau entah itu berlaku ato engga di NJMX , hehe ~

  28. Buat MX lawas yg dah berumur… Boleh coba pasang blok silinder vixion… pas kok ukurannya… Jadilah MX 150 cc… pake sekalian CDI unlimiter… dijamin mak nyuusssss tenan… Jangankan vixion, lha scorpio aja ngos-ngosan je…

    • iya kalau vixion ama scorpionya masih standart pabrik,… kalau sama-sama modifan mah,, tetep bebek keteteran,.. terus balapannya jangan dijalan raya tapi disirkuit,,,

  29. Mas bro sekalian mau nanya nich.., kalo NJMX udah diganti Blok set Vixion apa businya juga harus diganti sama punya vixion ? mohon pencerahannya, trims

  30. Mas brow,aku ingin tny,
    Aku punya jupiter mx cw 2010,
    Informasi yg aku tahu,oli 900ml jika diberi 1liter efeknya lebih baik/buruk.?

    Dan aku ingin ganti knalpot racing,suaranya yg empuk dan kalau di gang tidak berisik knalpotnya merk apa yg bgus.?

    Mohon informasi dan jawabannya,
    Terima kasih.

    • kurang tau gan soal oli~ hehehe

      Kalo aku sih saraninnya AHRS F4 ato engga pake NOB1 aja , suara empuk soalnya, tapi kalo ada modal lebih pake R9 aja skalian~ hehe~

  31. ane punya NJMX 2011, masalahnya klau dalam keadaan netral di gas tinggi kx kluar asap putih?
    mohon solusi nya mas, pernah di bawa ke bengkel resmi ymha, mekaniknya blag harus gnti blok, ap iya mas?
    atau mungkin karna ane sring gonta-gnti produk oli yaa,

  32. kmaren iseng buka batok lampu njmx merahku,, di tuas kopling kok ada kabel+switch mirip switch rem kira2 fungsinya tuk apa ya?

      • Sy kan br beli motor jupiter mx, motor baru lgsung sy isi bbm jenis pertamax
        Sy degarkan mesin nya kok bunyi tok tok tok tok ya di bagian blok mesin….
        Apa itu krna motor baru sy isi bbm pertamax?….
        Apa itu cmn suara khas jupiter mx?….
        Apa sy msti srvis dl setelah km 500 di bengkel yamaha?….
        Mohon bantuan info nya

        • Mas bro termasuk user yg blm familiar dengan suara mesin NJMX 😀 suara khasnya memang begitu.gak bisa disamakan dengan suara halus motor Supra atau bebek2 yg lain.MX beda 😀

  33. mx emang mantap bro, ane pake yang tahun 2010 dah sering di bawa touring jarak jauh terakhir kt habis dari bukit barisan km dah 63.000 part belum ada yang diganti. mudah2an bulan depan rencana kt ke bengkulu bisa tercapai

  34. gan ane pengguna NJMX 2011 gan dari awal beli dan sampai sekarang tu Mx sering tiap 2 bulan sekali ane pake mudik dengan jarak sekitar 170km gan, dari awal beli walaupun ane betot gas ampe full di jalan lurus yg panjang kok ane gk pernah ya dapet speed 120kpj paling banter 105-110kpj tu aja jarang2,kenapa ya gan, berasa kurang nih tenaga Mx ane klo belum sampe 120kpj kondisi masih standard gan, ane pake BBM premium gan kantong mahasiswa gak cukup buat ngasi minum tu Mx pertamax,.
    ne pemakaian gear n sppednya tiap hari gan

    gigi 1 > 0- 20kpj
    gigi 2 > 20- 40kpj
    gigi 3 >40- 60kpj
    gigi 4 > 60-80 kpj
    gigi 5> 80-100kpj

    dan juga tu Mx rajin ane ganti olinya gan biasanya gak sampe 2000 KM udah ane ganti oli gan, mohon bantuannya klo agan2 disini ada yang tau mungkin ada settingan Mx ane yang kurang,.

    • ya kalo diminumin premium sih wajar gan..
      apalagi udah lama,pake premium, udah numpuk kali karbon2 kecilnya 😀

      kan kompresi mx tergolong tinggi, nah premium ber oktan rendah, gampang kebakar kalo dengan tekanan (kompresi), makanya kalo pake premium, ada sebagian pembakaran terjadi karena kompresi bukan karena percikan busi, sehingga sblm seher berada pada TMA, campuran bahan bakar sudah terbakar lebih dulu dengan kompresi, jadi tenaga yg disalurkan mesin kurang..

      mungkin begitu pendabat nubi..

      • iya tuh gan~ cobain pake Pertamax, MX saya Taun 2009 CW ga pernah saya isi Premium/Pertamax, pakenya PertamaxPlus, hehe~ tapi klo menurut ane emang ga beda jauh sama pake Premium/Pertamax, cuma saya lebih tenang aja kalo ngebut pake bengsin oktan tinggi~ hehe

    • Hm…saya pengguna MX lama CW [Non Kopling], engga juga sih, kayanya tergantung, klo kmren saya coba sama NJMX malah beti, tpi NJMX kayanya tenaganya lebih gede~ padahal saya udah ganti CDI, Knalpot Racing, Bensin PertamaxPlus, dan klo perkiraan saya tu NJMX nya masih standar,, hasilnya malah sejajar -__-‘ ini saya coba di jalan lurus banget di Bandung. hehe~

  35. gan aku mx thn 2007… rasanya motor larinya berat banget… tangan pegel motor gak lari2.. stress ama h**nda r*vo aja di sikat… sakit ati gan..
    gimana gan biar bisa kenceng lagi…

  36. Sepuluh tahun pake RX king, setelah rx kingnya di pensiunin sekarang pake new jupiter mx, dulu sering buka kopling setengah plintir gas maka rx king bisa lari kenceng secara mendadak, plintir gas dengan main setengah kopling ini juga bisa di pakai untuk nambah kecepatan disaat sedang lari kencang..sekarang pake njmx kebiasaan itu masih gak bisa ilang dari tangan, cuma pengaruh agak beda di njmx, kira2 bisa merusak mesin gak yah kalo kebiasaan itu dipakai di njmx..?

  37. Bos motor gw mx 2007 waktu itu gw pulkam pake mx jadul di pantura pas jalan kosong bisa tembus 140(±) waktu cc nya masih 135 tp ya rada serem terus ga lama kemudian mesin gw jebol se ada2nya parah padahal itu motor standar abis ga di utak-atik dan keadan motor baru 8bln pake kesel dan dapet info dr temen di kampung suruh pake vixion buat dapur pacu nya dan sampe sekarang ga ad masalah berarti dan pertanyannya kenapa mesin mx lama kuat ya apa gw nya terlalu napsu bejek gas nya mohon pemberitahuannya. Sebelumnya terima kasih.

  38. Bapake , saya pake jupiter mx th 2010 . kok top speed cuma 70kpj ?
    saya belinya bekas , bukan dari baru . kira2 part yg perlu diganti apa aja ya? kata temen2 seher nya bermasalah .

  39. enak dan nyaman, pake njmx at cw mas..tinggal ngacirrr,ga ribet harus pijit2 koplingan,palagi klo bermacet2 ria, stress sendiri dah tuh.menurut saya motor koplingan itu banyak penyakitnya mas..sudah ada tehnologi automanual kenapa masih pilih yg manual..

  40. Originally Posted By yudhasBapake , saya pake jupiter mx th 2010 . kok top speed cuma 70kpj ?
    saya belinya bekas , bukan dari baru . kira2 part yg perlu diganti apa aja ya? kata temen2 seher nya bermasalah .

    tak ada old jmx yang hanya topspeed dibawah 100km/jam,kalo stelan topnya pas,apalagi motor anda 2nd hand,takutnya TMA tu jmx kudu salah set,old jmx ku pernah mengalami masalah yang sama akibat mekanik yang tak paham dengan jupiter mx,

  41. Originally Posted By oswal

    Originally Posted By yudhasBapake , saya pake jupiter mx th 2010 . kok top speed cuma 70kpj ?
    saya belinya bekas , bukan dari baru . kira2 part yg perlu diganti apa aja ya? kata temen2 seher nya bermasalah .

    tak ada old jmx yang hanya topspeed dibawah 100km/jam,kalo stelan topnya pas,apalagi motor anda 2nd hand,takutnya TMA tu jmx kudu salah set,old jmx ku pernah mengalami masalah yang sama akibat mekanik yang tak paham dengan jupiter mx,

    dan kalo mau tau,manatau dapat mekanik yang ga ngarti kemauan si jupie,ne ane pandu,coba 1buka ke dua tutup bok magnet sebelah kiri perhatikan ada 3 garis di sisi magnet itu,2.buka pompa radiator sebelah kiri juga,maka nampak temeng, 3.buka busi ,lalu ukur ketinggian piston.Nah,prosedurnya,pastikan garis yang paling tengah magnet berada tepat pada patokan yang meruncing di area lobang t,dan sesuaikan dengan garis yang terdapat di gigi temeng tepat lewat satu mata gigi diatas patokan yang ada disisi deksel t,dan ukur ketinggian piston apakak pada puncak tertinggi atau tidak,jika salah satu salah,itulah yang akan terjadi,si jmx loyo.maaf bahasa otomotif saya ga bagus,sukses

  42. Tergantung perawatan mas bro, saya pengguna mx 2010, baru beli udah banyak kna musibah tali gasnya susah dibejek, apalagi pas servis pertama makin payah performanya, ternyata setelah saya cek kondisi mesin ok ga ada masalah, intinya di setelan karburator yang ternyata pada saat servis pertama saya tanyakan pada si mekniknya masih kurang jam terbangnya dan pada saat mengisi oli mesin yang seharusnya diisi 800 ml, malah diisi 1 liter, haduhhhhh….terpaksa saya malah ngajarin si mekanik ( ternyata masih baru kaya dulu saya baru lulus sekolah ) gapapahbagi bagi pengalaman
    Terpaksa saya pulang harus sevis sendiri lagi, dan tetnyata saya stel ulang carbutator plus isi ulang oli mesin kembali lsg tembus 125 km/jam, sampe saat ini performa tetep sama n blum pernah stel klep, cma ganti oli rutin sama bersihin karbu n saringan udara ga di pake biar lega nafasnya, tali gas di ganti baru tapi cma yang atasnya aja jdi enteng. 3 tahun km udah lebih dari 60000 km masih tetep jos, naik turun gunung yg kondisinya parah juga masih aman.
    Motivasi dikit gue pilih motor mx lawas karna bintang ikln valentino rossy motor laen mane ad

  43. Njmx vs mx lama saya pilih mx lama. Njmx meskipun 5speed saya test sama yg punya saya jupiter mx2006 sama2 standar ko njmx kalah sama yg .mx lama…,sanguan 🙂

  44. coba cek stelan karbu handle gas sama setelan kopling plus pemakean oli nya, MX 2010 saya kadang tembus 130 km/jam pernah dapet 135 km/jam kondisi cuaca sore, setiap sebulan skali abis ganti oli dites masih jos sampe sekarang kondisi masih standar bgt KM ud 62000 lebih

  45. Mas saya pernah makai mx tahun 2006 pada pagi hari saya panas kan mesin nya setelah panas mesin nya saya gunakan sepeda nya pas saya tahan kopling nya selama 5 detik terus saya injak gigi 1 tapi gak bisa masuk tetapi saya lepas lagi kopling nya terus saya pegang lagi kopling nya saya masuk kan gigi 1 itu bisa masuk gimana solusinya mas

  46. gw pake njmx gua gas habis tuh mesin jebol kisaran 140 km/jam serious. gk percaya coba aj. tapi intinya jgn takut klw jiwa lu pembalap coba aja gas kontan sampai habis gas. rx king putus gw buat apalagi old mx jadul ketinggalan jauh…………
    mau coba dgn kecepatan tinggi lo jgn takut2. pake jiwa laki!!

1 Trackback / Pingback

  1. Catatan Blog Sejutaumat di 2014 oleh Jetpack | Blog Sejutaumat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*