Beranda Defensive Driving Sinyal seperti ini terlihat sepele, namun bisa menyelamatkan pengguna jalan lain

Sinyal seperti ini terlihat sepele, namun bisa menyelamatkan pengguna jalan lain

9

menyelamatkan pengguna jalan lain

Assalamualaikum sobat biker, kembali lagi kita dalam artikel ringan seputar keselamatan berkendara di jalan. Kali ini Elang sedikit ulas salah satu prosedur aman dalam mengemudi kendaraan roda empat yang terlihat ringan namun sangat penting.

Ditengah kemacetan atau melewati jalanan sempit dua arah seringkali perjalanan kita harus melambat atau bahkan terhenti untuk memberikan jalan kepada pengendara atau pengguna jalan lain yang mau menyeberang. Nah banyak pengendara lain khususnya sepeda motor yang berada di belakang mobil ketika melihat mobil didepannya melambat atau berhenti berpikir disitulah saatnya untuk bisa menyalip, padahal ini bahaya.

Padahal mobil atau kendaraan lain yang lebih besar tiba-tiba melambat atau berhenti pasti karena ada sesuatu di depannya, biasanya karena ingin memberi jalan pengguna jalan lain nyeberang atau keluar dari gang. Celakanya berapa banyak kecelakaan terjadi saat momen ini. Pengendara di belakang kurang antisipasi ketika ada mobil melambat atau berhenti di depannya malah main salip aja, tak taunya dibalik mobil tersebut ada abang becak hendak nyeberang jalan..dan akhirnya tabrakan pun tak dapat dihindarkan.

Pembelajaran dari case ini, pengemudi yang aman selalu punya pandangan jauh ke depan, menaruh curiga jika ada manuver mobil di depannya yang tiba-tiba melambat atau berhenti, pasti ada sesuatu di depannya yang terhalang blindspot.

menyelamatkan pengguna jalan lain

Nah bagi sobat pengemudi roda 4, dalam kondisi jalanan padat dua arah, momen-momen seperti ini akan sering ditemui. Ada baiknya jika harus berhenti karena ingin memberi jalan pengguna jalan lain yang hendak nyeberang pastikan cek spion aman. Jika memungkinkan buka kaca mobil dan lambaikan tangan untuk memberi tahu pengendara di belakang agar tidak menyalip.

Prosedur ringan ini tampaknya sepele, namun hal sepele ini dapat membantu menyelamatkan orang lain dari bahaya terjadinya kecelakaan.

Demikian sob, sampai ketemu di artikel keselamatan berkendara lainnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga..

 

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

9 KOMENTAR

  1. Kejadian kemaren, ada kecelakaan truk di depan mata. Dari pada berhenti nonton, saya memilih lanjut jalan perlahan sambil memberi tanda seperti ini. Alhasil, kendaraan di depan yang sudah reting kanan akselereasi mau nyalip jadi melambat dan nggak jadi nyalip.

  2. ane pernah liat kecelakaan model gini di pantura subang, kl motornya nyelip dari sebelah kiri kemudian yang nyebrang dr kanan gimana om ngasih aba2nya

    • aturan mendahului adalah dari sebelah kanan, kalau nekad mendahului dari sebelah kiri harus tau resiko yang akan dihadapi

  3. Kalau saya seringnya melambat/berhenti sambil pasang hazard… Alhamdulillah yg belakang baik motor/mobil pada ngeh…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here