Beranda Tips Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan, Tetap Kinclong dengan Kiat Begini

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan, Tetap Kinclong dengan Kiat Begini

0
Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan
Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

ElangJalanan.NET – Bulan Januari di awal tahun ini intensitas hujan masih cukup tinggi. Maklum Januari umumnya kita memang masih berada dalam musim hujan.

Walaupun musim hujan, aktivitas berkendara tidak lantas berkurang. Rutinitas bermotor tetap jalan, baik yang memiliki rutinitas ke kantor ataupun aktivitas bermotor lainnya.

Biasanya beberapa orang mulai malas merawat motor ketika musim hujan, alasannya capek. Percuma membersihkan motor toh nanti kotor lagi, ujarnya.

Namun bagi sebagian lain termasuk Elang, punya tips khusus cara merawat motor saat musim hujan agar tetap kinclong. Karena prinsipnya kalau motor kotor itu gak akan enak dipakai, risih aja.

Tips 1: Bilas Sehabis Pakai

Tips yang selalu Elang lakukan adalah “Bilas” sehabis pakai setelah kehujanan. Begitu masuk garasi selalu sempatkan 15 menit untuk sekedar membilas kotoran dan sisa air hujan yang nempel.

Kadang bisa 2 kali dalam sehari bilas motor ketika pulang kehujanan, hal ini sudah semacam kebiasaan Elang sejak lama.

Kiat ini berguna untuk mencegah kotoran atau air hujan nempel terlalu lama hingga menjadi senyawa dan mengakibatkan korosi.

Elang punya patokan, semalas-malasnya misal karena capek, tapi maksimal kotoran nempel di motor tak boleh lebih dari 12 jam.

Tapi kan capek mas habis dibilas dipakai keluar kehujanan lagi? Ya tanamkan mindset kita bilas untuk menghilangkan “dosa” biar kotoran tidak terlalu lengket jika dibiarkan terlalu lama.

Tips 2: Cuci di Akhir Pekan

Tips kedua adalah cuci steam atau cuci sendiri seminggu sekali, bisa dijadwalkan setiap Minggu sore. Sehingga Senin pagi hari menjadi lebih semangat ketika motor tunggangan sudah bersih dan kinclong.

Dengan dua tips sederhana asal rutin ini, tak ada alasan motor tampil lecek di musim hujan.

Kembali ke tipikal masing-masing, kalau yang orangnya resik dan terbiasa dengan kebersihan, Insyaallah tips ini akan mudah dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here