Wahana Tambah Tempat Uji Kompetensi, Demi Menjaga Kualitas Guru dan Siswa SMK

ElangJalanan.NET – Seiring dengan dimulainya pembukaan sekolah tatap muka terbatas, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) langsung menjalankan kembali pengembangan dalam kualitas SMK binaannya.

Pada Kamis 28 Oktober, Wahana telah meresmikan SMK Taman Siswa Kemayoran Jakarta, sebagai salah satu sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK jurusan Teknik, dan Bisnis Sepeda Motor Honda. Peresmian ini sekaligus menambah jumlah SMK binaan di wilayah Jakarta dan Tangerang, yang telah lolos dalam persyaratan untuk melakukan uji kemampuan, dan kualitas tenaga para pengajar, serta seluruh siswa SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

“Kini wahana telah meresmikan 6 SMK yang dapat melakukan pengujian kemampuan guru SMK dan siswa SMK Binaan, lima di Tangerang dan SMK Taman Siswa ini menjadi yang pertama di Jakarta,” ungkap Group Head of CSR Wahana, Vica Vayerawita.

Wahana Tambah Tempat Uji Kompetensi

Dengan adanya dukungan dari PT. Astra Honda Motor, Pemerintah, dan sekolah, saat ini Wahana telah miliki 56 SMK binaan yang telah tersebar di wilayah Jakarta dan Tangerang. Jumlah sekolah binaan ini bisa dipastikan akan bertambah, dan perlu adanya sebuah tempat uji kompetensi untuk para tenaga pengajar sekaligus siswa, agar kualitas dalam pendidikan di SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor tetap terjaga baik.

Tidak bisa sembarang dalam memilih sekolah sebagai lokasi untuk TUK, sebelumnya pihak sekolah harus terlebih dahulu mengajukan diri kepada PT. Astra Honda Motor, dengan beragam persyaratan dan ketentuan yang lengkap harus dimiliki oleh SMK. Selain kelengkapan dari sarana dan prasarana, guru untuk TUK juga wajib lolos sertifikasi level brown dan silver.

Pada waktu yang bersamaan, SMK Taman Siswa juga mendapatkan satu unit Honda Vario 150 yang akan digunakan sebagai media praktek bagi para siswa SMK Taman Siswa. Langkah ini menjadi perhatian dan langsung mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari Dinas Pendidikan Jakarta Pusat dalam sambutan singkat oleh perwakilannya.

Wahana Tambah Tempat Uji Kompetensi

SMK binaan ini juga menjadi bagian lingkup Yayasan Wahan Artha yang ikut andil dalam mengembangkan kualitas pendidikan SMK. Selain memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana dalam pendidikan, program ini juga mendukung kebijakan vokasi pemerintah yang mewajibkan perusahaan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi para siswa yang telah lulus SMK.

Sehari sebelum peresmian TUK ini, pada Rabu 27 Oktober Wahana telah menambahkan fasilitas untuk praktek SMK Asisi Tebet, Jakarta Selatan yang berupa satu unit tools penggantian ban (tire changer) sebagai satu alat yang dimiliki oleh Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) agar para siswa SMK dapat mengetahui operasional tools tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*