Beranda Knowledge Perkuat Imun Tubuh di Masa Pandemi, Kamu Perlu Tahu Jenis Vaksin Dewasa

Perkuat Imun Tubuh di Masa Pandemi, Kamu Perlu Tahu Jenis Vaksin Dewasa

0
Jenis Vaksin Dewasa
Jenis Vaksin Dewasa

ElangJalanan.NET – Bismillah, bekerja sehari-harinya sebagai private kurir yang berinteraksi dengan banyak orang di masa pandemi ini tentu membuat Elang menyadari potensi terpapar Covid-19 lebih besar dari yang tetap tinggal di rumah aja.

Namun diantara dilema ini Elang memilih untuk tetap menjalankan usaha yang baru dirintis ini dengan memperhatikan dan taat dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan dan berusaha tetap jaga jarak.

Kurir Ekspress

Soal virus ini, Elang pribadi yakin selama imun kita kuat Insyaallah tubuh bisa melawan. Namun ada satu hal yang bagi Elang tetap jadi kepikiran, boleh jadi kitanya kuat melawan virus ini, namun yang agak ngeri ketika kita termasuk OTG (Orang Tanpa Gejala). Kenapa?

Seharian kitanya berada diluar berinteraksi dengan banyak orang, sangat sulit rasanya kadang soal perkara menjaga jarak atau tidak menyentuh benda-benda diluar sana yang boleh jadi telah terhinggap corona virus. Pulang-pulang eh kitanya berinteraksi dengan anak istri bahkan orang tua di rumah.

Maka selain melakukan protokol kesehatan saat keluar rumah Elang pun tetap berusaha disiplinkan diri saat akan masuk ke rumah, minimal sudah cuci tangan dengan hand sanitizer dan air keran di garasi rumah sebelum masuk. Sebisa mungkin tidak lagi salaman dan langsung mandi.

Kembali ke soal imun, imun yang kuat bisa dibentuk dari kebiasaan positif selama ini. Bisa dari memperhatikan pola makan dan makanan yang sehat serta berusaha tetap bisa olahraga sesibuk apapun jadwal harian.

Bagi seorang muslim, jangan lupakan untuk tetap perkuat ibadahnya dan berzikir. Ini penting karena semua penyakit datangnya berawal dari pikiran. Mendekatkan diri kepada Tuhan YME dan perkuat ibadah akan membuat pikiran tenang.

Terus gimana soal vaksin dewasa yang Elang tulis di judul ini? Yes kamu harus tau vaksinasi itu tidak hanya diberikan saat masih balita atau anak-anak. Vaksinasi diperlukan untuk meningkatkan produksi antibodi agar dapat menangkal penyakit-penyakit tertentu.

Kamu tentu masih ingat donk dengan vaksinasi di waktu kecil untuk penyakit cacar. Kamu yang sudah divaksin ini Insyaallah sampai dewasa tidak akan mengalami lagi yang namanya cacar karena antibodi kamu sudah mengenal jenis virus ini di tubuhmu dan bisa melawan.

Ngomong-ngomong soal vaksin dewasa Elang jadi teringat waktu beberapa tahun silam saat akan menjalankan ibadah umroh bareng temen satu kantor. Saat sebelum berangkat Elang memilih hanya divaksin Meningitis saja sementara vaksin Influenza Elang tidak ambil. Waktu itu Elang beranggapan kalau soal flu Elang pasti kuatlah karena waktu di Indonesia badan masih merasa fit.

umroh

Sementara temen  Elang lainnya pada divaksin semuanya komplit, Elang doank yang ngeyel. Lalu apa yang terjadi di kota Mekah?

Beneran aja hari ketiga Elang langsung flu berat disana, hidung meler gak karuan dan badan juga gampang meriang. Ya Allah penyesalan memang datangnya diakhir, 6 hari dari total 9 hari ibadah umroh di tanah suci tidak bisa Elang jalankan secara maksimal, nyesel gak ketulungan.

Nah dari pengalaman inilah Elang mulai melek dan merasa perlu bahwa di orang dewasa pun vaksinasi itu tetap perlu. Karena masing-masing orang berbeda kekuatan tubuhnya dalam melawan penyakit tertentu.

Setidaknya ada 7 vaksin dewasa yang perlu sobat ketahui yakni:

  1. Vaksin Influenza
    Vaksin ini efektif buat orang dewasa yang gampang terserang influenza, cukup efektif hanya diberikan untuk 1 tahun sekali
  2. Pneumonia
    Vaksin ini untuk menurunkan risiko penyakit pneumonia, yaitu penyakit radang paru, orang tua yang sudah 65 tahun ke atas sangat direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin ini
  3. Hepatitis A dan Hepatitis B
    Khususnya vaksin Hepatitis B, ini untuk menangkal penyakit sirosis atau kanker hati
  4. HPV
    Vaksin ini bertujuan untuk menghindari serangan dari virus human papillomavirus, sebaiknya diberikan untuk orang dewasa sebelum masuk masa menikah.
  5. Tetanus, Difteri, dan Pertusis
    Orang dewasa perlu divaksin untuk menghindari penularan penyakit tetanus, difteri dan pertusis alias batuk rejan.
  6. Vaksin cacar
    Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit cacar air, sejak balita umumnya sudah diberikan namun jika belum kamu bisa dapatkan dari dokter dengan dosis yang berbeda
  7. Measles, Mumps, dan Rubella (MMR)
    Vaksin ini mencegah penyakit measles atau campakmumps atau gondong, dan rubella

Lalu dimana untuk bisa mengakses atau mendapatkan vaksin dewasa? Sekarang untuk informasi, konsultasi dokter dan info rumah sakit yang menyediakan vaksin bisa diakses lewat aplikasi Halodoc di Playstore atau ke halaman websitenya langsung https://www.halodoc.com/

Aplikasi Halodoc menyajikan layanan kesehatan untuk keluarga terlengkap di Indonesia. Mulai dari chat konsultasi dokter, pembelian obat, berkunjung dan booking dokter di rumah sakit serta melakukan lab test di rumah sakit maupun dirumah.

Monggo sobat yang sedang mencari info vaksin dewasa bisa unduh aplikasi Halodoc. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan dan tetap jaga jarak.

Semoga bermanfaat tulisan Elang soal ini.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here