Fitur dan Spesifikasi Honda Genio, Bukan Skutik Retro Kembaran Scoopy

Spesifikasi Honda Genio

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, per kemarin (21/06) AHM resmi meluncurkan skutik baru pengembangan dari motor konsep Honda G-Concept yang telah diperkenalkan di IMOS beberapa waktu lalu. Sekilas melihat penampilan skutik baru ini banyak yang menyangka ini adalah kembaran Scoopy, tapi ini beda bro, Genio diposisikan bukan sebagai matic retro.

Mengisi segmen diantara Honda BeAT dan Scoopy, Honda Genio membawa desain baru mengusung tema casual dan fashionable. Skutik ini memiliki desain yang lebih compact dibanding Scoopy, dengan rangka baru dan mesin 110 eSP baru Honda Genio lebih menyasar kawula muda yang ingin berekspresi lebih stylish. Penasaran apa-apa saja yang dibawah oleh Honda Genio ini ditengah rapatnya varian skutik Honda? Monggo disimak sob

Spesifikasi Honda Genio

Fitur-Fitur Honda Genio

Motor skutik ini hadir dengan beberapa fitur bawaan yang akan memudahkan penggunanya berkendara. Honda Genio dibekali lampu LED pada headlampnya, sedangkan untuk stoplamp dan lampu-lampu sein menggunakan bohlam.

Ada yang keren di area dashboard, disana terpampang speedometer digital yang iconic lengkap dengan ECO indikator, Elang jadi teringat model speedometeter milik Honda Rebel.

Spesifikasi Honda Genio

Di bawah panel meter, tersedia double inner rack yang keduanya cukup lega untuk menaruh botol minuman 600ml. Kunci pengaman skutik baru ini menggunakan sistem Secure Key Shutter lengkap dengan tombol pembuka jok.

Kapasitas bagasi di bawah jok lumayan lega dengan kapasitas penyimpanan 14 liter. Dan ada satu lagi di dalamnya sudah ada port charger untuk men-charge gadget saat berkendara. Gimana apa gak panas ngecharge HP di bagasi? Soal ini AHM sudah menjawab dengan hasil test selama pengujian, suhu di dalam bagasi antara 35-40 derajata saat pengecasan, ini masih aman.

Spesifikasi Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio
Kapasitas Bagasi 14 liter

Soal mesin, walau mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc, namun ternyata Honda Genio membawa konfigurasi yang sama sekali baru untuk bore x strokenya. Mesin baru 110 eSP ini memiliki karakter lebih long stroke dengan bore x stroke 47 x 63,1mm, sepertinya lebih mengejar akselerasi skutik baru ini.

Pengembangan mesin baru ini memiliki spesifikasi performa tenaga maksimal 9 PS pada 7000 rpm dan torsi maksimal 9,3Nm pada 5500 rpm. Baik tenaga atas dan torsi lebih kecil sedikit dari Scoopy, namun sesuai karakter long strokenya torsi maksimal dicapai di RPM yang lebih rendah dari Scoopy.

Spesifikasi Honda Genio
Mesin baru 110 eSP

Hal lain yang baru Elang temukan di motor skutik ini adalah penggunaan frame baru bukan lagi model pipa seperti umumnya BeAT, Scoopy atau Vario. Honda membawa sekaligus yang pertama mendesain frame dengan teknologi laser saat pencetakannya yang dinamakan Enhanced Smart Architecture Frame.

Apa sih keunggulan model frame baru ini? Rangka underbone ESAF ini membuat bobot lebih ringan, lincah dan memberi ruang bagasi serta kapasitas bensin yang bisa lebih ditingkatkan. Rangka model ini juga diklaim lebih rigid, dikolaborasikan dengan sistem suspensi Honda membuat pengendalian motor di segala kondisi jalan lebih nyaman.

Spesifikasi Honda Genio
Frame ESAF

Dan yang mungkin akan sobat ketahui dari Honda Genio ini nanti adalah bahwa dengan rangka baru, posisi engine mounting mesin skutik ini tidak lagi dibawah sob melainkan sudah menggantung ke atas. Satu lagi yang baru adalah pengaplikasian double CVT pada belt CVTnya, jadi gerigi beltnya sekarang ada di atas dan bawah. Kalau yang biasa gerigi belt kan hanya bagian bawah atau dalam saja sob, detailnya lihat foto di bawah ini.

Spesifikasi Honda Genio
V-Belt CVT double gerigi
Spesifikasi Honda Genio
Engine mounting tidak lagi di bawah

Yang menarik berikutnya setidaknya dalam opini Elang, Honda Genio hadir dengan penggunaan rim roda 14″ dengan ukuran ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Jadi sama dengan yang dipakai di skutik Honda lainnya seperti Vario. Dan yang mengejutkan Honda Genio memiliki ground clearance termasuk tinggi 147 mm, ini akan bikin nyaman dan aman melewati polisi tidur gak gampang gasruk walau berboncengan.

Terus apalagi nih yang menarik dari Honda Genio sob? Itu loh pilihan warnanya banyak banget, varian ini hadir dengan tipe CBS dan CBS-ISS. Untuk CBS tersedia 5 warna yang casual dan fashionable sementara tipe tertinggi ISS memilik pilihan 6 warna yang asyik, gak kalah deh ama Scoopy soal striping.

Spesifikasi Honda Genio

Harga Honda Genio

Lalu gimana soal harganya? Seperti Elang ulas di atas bahwa Genio diposisikan diantara Honda BeAT dan Scoopy. Untuk Honda Genio tipe CBS dibanderol Rp 17,2 juta sedangkan tipe CBS-ISS dibanderol Rp 17,7 juta (On The Road Jakarta).

Spesifikasi Honda Genio

Untuk ketersediaan sobat kudu bersabar karena baru bulan Agustus nanti Genio mulai didistribusikan ke seluruh jaringan dealer AHM. Dan melihat angka produksi skutik baru ini, AHM terlihat optimis dengan mematok target penjualan 500 ribu unit per tahun. Selanjutnya menarik nih apakah hadirnya Genio akan menggerogoti ceruk Honda Scoopy yang sudah laris manis, atau seperti apa nanti di depan.

Next di artikel selanjutnya Elang akan ulas video review dan test ride Honda Genio, semoga bisa menambah referensi sobat yang sedang mencari skutik fungsional namun casual dan fashionable.

Spesifikasi Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio
Ergonomi Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

1 Trackback / Pingback

  1. Fun Touring Blogger Vlogger Honda Genio bareng Wahana, Kunjungi Museum Jakarta - ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*