Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..

aki kering New Jupiter MX

 

Salam sejutaumat, sobat sekalian kembali artikel review Elang coba share di blog ini. Kali ini Elang ajak mereview aki kering si MX Strada yang sudah berumur 3,5 tahun masih tetap cess dipakai.

Ada yang bilang dan bahkan dari buku petunjuk panduan pabrikan bahwa aki motor umumnya diganti setiap 2 tahun sekali. Seingat Elang dulu pun di Old MX Marun yang menggunakan aki basah memang terpaksa diganti ketika berumur 2 tahun.

Nah berangkat dari anjuran dan history pemakaian yang sudah-sudah Elang jadi bertanya-tanya kenapa aki kering New Jupiter MX yang Elang miliki kini cenderung lebih awet. Dipakai buat starter dan penerangan lampu sein serta klakson semuanya masih terlihat baik-baik saja. Pengalaman ini membuat suatu hipotesa bagi Elang bahwa aki kering cenderung bisa lebih awet 2x lipat dari umur aki basah.

Tapi jika merujuk ke berbagai testimoni pengguna NJMX lain yang pernah Elang temukan di Fanspage FB New Jupiter MX maupun forum-forum ada juga yang mengalami masalah di umur pemakaian aki yang tidak sampai 2 tahun sudah soak. Jadi hipotesa Elang ini belum begitu kuat untuk menggeneralisir keawetan aki kering NJMX.

So mungkin yang ingin Elang share dari fenomena keawetan aki ini yang sudah memasuki umur 3 tahun 6 bulan adalah kebiasaan dan cara menggunakan aki selama ini.

Simpel sih, setiap pagi menghidupkan motor wajib harus dengan engkol (kick starter). Kunci kontak masih off lalu engkol 3x, anggap saja untuk memompa oli agar naik ke dinding silinder. Setelah itu putar kunci kontak ke arah ON lalu buka keran cuk di handle sebelah kiri, baru engkol lagi 1 atau 2x hingga mesin hidup. Setelah hidup dengan throtle tetap idle biarkan kran cuk terbuka selama 10 detik. Setelah itu tutup dan iringi dengan membuka throtle kira-kira putaran 4.000 rpm cukup 1 menit. Ini guna memastikan sirkulasi oli sudah merata di semua komponen mesin yang bergesekan.

Nah kurang lebih begitulah teknik memanaskan mesin MX Strada setiap di pagi hari. Haram hukumnya langsung main pencet elektrik starter kecuali jika lagi lupa karena terburu-buru πŸ˜€ Jadi cukup 1 menit total waktu memanaskan dan motorpun siap diajak jalan mengisi aktivitas di pagi hari.

Lalu bagaimana perlakuan di siang hari atau malam hari jika MX habis diparkir lama misal sore hari pulang kerja menyalakan di parkiran? Nah untuk yang ini sudah tidak perlu lagi diengkol, cukup gunakan starter langsung cess. Pertama putar kunci kontak ke ON lalu buka sedikit throtle kemudian pencet tombol starter. Dan mesin pun hidup dengan mudahnya, bahkan saat pulang lembur dimana motor sebelumnya habis kehujanan di sore hari yang pekat, MX Strada sudah tidak perlu lagi diengkol, cukup dengan tombol starter langsung cess.

Nah yang berikutnya yang perlu dicatat di MX Strada, tidak ada tambahan aksesoris yang berbau kelistrikan. Jadi untuk piranti kelistrikan semuanya masih standar ting-ting. Boleh jadi jika ditambahkan aksesoris aftermarket seperti klakson keong, atau lampu-lampu hologen umur aki bisa tak seawet ini.

Last hipotesa Elang tadi menjadi dikerucutkan, keawetan aki kering NJMX mungkin dikarenakan aki sering aktif dipakai pada kondisi yang seharusnya. Engkol cukup sekali di pagi hari, sisanya sepanjang hari gunakan elektrik starter. Bagaimana kondisi aki NJMX sobat sekalian, silahkan dishare disini.

64 Komentar

  1. Saya setahun yang lalu punya vixion thn 2010 saya jual thn 2013 ahir sudah 3 tahun akinya normal2 aja om, padahal saya pake klakson stebel nautilus yang kayak klakson mobil trailer, cuma bertahan beberapa bulan aja, terus pake klakson hella 2 tahun sampe di jual, akinya gak ada tanda2 soak, starter elektrik pagi hari lancar, lampu2 masih terang,cuma sekring aja dah ganti 3 kali hehehe..ane bilang si awet padahal gak ada perawatan khusus dan gak pernah di cas sama sekali…

  2. Motor saya cs1 Agustus 2008 ( 6 th ), sampai saat ini masih normal aki’nya, dari baru langsung lepas engkol, pemakaian normal setiap hari.

  3. Masih kalah Bro, skywave saya sudah dari tahun 2009 akinya belum ganti juga, selalu pake electric starter, akinya aki kering juga tuh dan belum pernah saya charge ulang.

  4. new mx 2013 punya ane 1 tahun lebih 4 hari dari pembelian langsung tekor πŸ˜€ hehehe, karna tekor ane di sarankan sm temen beli saklar lampu biar lampu utama dan kota bisa di matikan

  5. Kalo menurut pengalaman saya
    Dulu pake supra 125 th 2006 akinya kuat mpe hampir 4 thn padahal dari awal engkol dah di lepas dan kemarin mionya bini br 6 bulan udah koit akinya dan skrng pake aki basah dah setaun masih tok cer, kalo menurut saya aki kering untung untungan kalo aki basah tergantung perawatan

  6. NJMX 2011 saya sdah 3 tahun krg 10 hari akinya msi on sampe skrg, sekali ganti sekring, dr beli sdah pke klakson keong tiap pagi elektrik stater(tdk tau klo hrus di engkol biar awet =D) dlu cma tau pke doang wkwkw skrg lampu utama sdah DC, sdah mau ganti tapi blm ada gejala soak, mungkin dikit lagi minta ganti,, hhehee :)) aki bawaannya yuasa ytz4v yg cma 3A bkan yg ytz5s 3,5A

  7. scoopy ane dari 2010 bulan 7, masih awet akinya,. engkol ga pernah dipake,. berarti sudah 4 tahun, 1 bulan. menurut ane, klo pemakaian wajar semua aki kering minimal 3-4 thn baru minta ganti,.

  8. saya juga skywave 2009 masih tok cer stater elektrik, gak pernah pake engkol, gak tiap hari dipakai, km 55.000 lebih, merk aki Y**S*, bisa awet apa karena skywave itu ada kapasitor bank ya ?

  9. Vixion ane juga dari april 2011 mpe skrg alhamdulillah masih normal, kalo pagi langsung starter langsung plintir gas, ga pake nunggu panas dulu.

  10. wah sama nih yg lg di bingungin… saya juga lg bingung sama aki kering motor sya, kemaren motor baru ditinggal selama 2 bulan lebih dari awal juni liburan kuliah, kmaren waktu balik mau manasin motor udah siap2 aja aki mati.. ehh gk taunya ngga, aki gk menunjukkan gejala soak sama sekali. Padahal motor uda dari taun 2008 belum ganti aki sekalipun.. apa karena pake xcs hurricane ya?

  11. kq sama y ? Aki NJMX saya jg sama awetx. padahal ga pernah ngengkol klo pagi hari. lgsung starter.
    hehehe…

    btw mang gt y klo pagi harus buka tuas choke ?
    klo ga dibuka choke x NJMX ane jg susah nyala n langsamx mas Elang ?

  12. aki ada faktor untung-untungan om..
    pengalaman make aki kering di supra 125 dari 2006 pertama kali cuma awet 10 bulan.. yang kedua hampir 3 tahun.. yang ketiga 2 taun lebih dikit.. yang keempat setaun lebih dikit.. yang kelima ini udah hampir setaun pemakaian belum pernah dicas juga.. pemakaian harian pulang pergi total 50 km..
    pengalaman pake aki basah di megapro 2008 malah awet.. baru minta ganti setelah 4 taun lebih..

    • Yang saya tahu barang produksi memang ada faktor presisi/toleransi, hanya saja pada rentang yang sempit. Keawetan dari aki tergantung beberapa hal diantaranya tegangan pengisian (dan tentu saja arusnya), apabila sesuai spek maka aki akan awet, begitu pula dengan bebannya. Yang membuat perbedaan mencolok menurut saya adalah kondisi masing-masing kendaraan yang tidak sama.

  13. Ane pakai NJMX 2011 juga mas, alahamdulillah aki juga belum ada masalah dari awal hingga saat ini. Ane juga ndak pakai ritual khusus setaip paginya. Jadi langsung electrik starter, hehe. Untuk accessories masih standart lah dah enak. Itu aja sih.

  14. Pengguna NJMX juga ni kang, tapi baru make 10 bln jadi blm bisa kasih review apa apa hehehe..
    Yang pasti girang bgt dapat nemu Blog ini terlebih Mpu nya pengguna MX juga, pasti banyak review MX nya, Derrr ah… Plate – Z

  15. Hadeeew… awet bener tuh, MX ku 2013 (baru 11 bulan) akinya mbalelo. starter gak bisa, klakson dak bunyi, lampu sen hidupnya merayap pas lagi jalan…

  16. iya om harus sering2 dipake, aki vixion ane dr baru th 2011 akhirnya soak juga awal tahun 2015 gara2 pindah dibogor jd motor 3 bln lbh gak dipake (mangkrak)…

  17. Motor sy mx th 2009…saya pake aksesoris lampu led dg aki berdaya 5 AH…mula2 lancar tp 2 hr kmudian doubel start tdk berfungsi dn lampu sein tdk bisa nyala tnpa keadaan mesin hidup…itu gmna gan apakah daya aki kurang besar atau gimana…mohon penjelasan…trima kasih

  18. halo bang elang hehe
    jupy sy dah taon ke 5 udh 2x ganti, pemakaian normal cuma mungkin sering parkir kepanasan kali ya.. bisa ngaruh g ya?

    • Berarti rata2 usia pakai Akinya di atas 2 tahun ya, normal itu. Aki kering kuncinya sering dipake aja, misal starter motor, pagi aja pake engkol

  19. salam gan elang, punya ane kan akinya lagi tekor tuh, saran Aki apa yah dan model apa ??
    saya bingung antara cas sama beli baru…. gmna gan?
    mohon bantan dan saran gan….

    • saya sampai sekarang masih pakai Aki Yuasa terus dari beres, aki kering sebenarnya bisa dicas 2-3 dalam pemakaiannya. aki tekor biasa karena ada penambahan aksesoris yang menggunakan kelistrikan berlebihan atau mungkin habit tiap pagi gak diengkol (buat motor karbu)

  20. motor new mx 2013 kopling, dari pertama belum pernah ganti aki busi radiator. skrg cm bs engkol. apa saja yg harus di servis atau ganti?

  21. Motor saya NJMX 2014. Belum pernah ganti aki. Beli bekas 2015. Owner lama bilang belum pernah ganti aki. 3,5 tahun lah sudah.
    Perlakuan? Nah, ini bedanya. Pagi selalu electric starter, kick starter hanya kalau sudah beberapa hari tidak nyala, kalau sudah nyala dan gak lama brebet mati, sikat electric starter sampai nyala.
    Aksesoris kelistrikan: klakson keong, lampu senja depan ikut kunci kontak (kontak on, lampu on (LED tapi)), ada LED 6 watt yang nyala kalau malam

  22. soul gt 2013 dari keluar diler smp skrg aki masih jreng, pemakaian normal pp kerja, sebulan sekali turing panjang
    cek di komputer beres semua normal standar pabrik

  23. aki NJMX saya YTZ5S baru kemarin drop, cuma 6 volt k, dicharge malah jadi 0volt. pake dari Feb 2013 udah ada 5 thn nan. sempet drop, trus sy akalin eh bisa idup lagi, cuma belakangan motor jarang dipake, jadinya drop lagi.

  24. hahaha….
    saya pagi langsung starter tangan
    kl uda lamaaaa banget ga idup (2 mingguan – libur) baru susah idup, biasa susah banget di engkol…. tp ujung2nya mau idup pake starter tangan.
    aki 7th lebih baru ganti…. jd mungkin untung2 an kali yaaa

  25. Saya pake new jupiter mx dari tahun 2011 bulan 3
    Baru seminggu ga bisa stater
    Klakson denso dobel
    Umur aki 7 tahun 3 bulan

  26. Njmx memasuki tahun ke 6. Aki masih cespleng.. ga pernah ganti2. Padahal tiap pake jarang pake kick stater / engkol. Selalu maen pencet. Tapi memang ni motor weeedan….jarang dipanasin. Langsung gass… but selama ini its ok. Ga pernah ada masalah dengan mesinnya.. masih galak.

  27. Njmx memasuki tahun ke 6. Aki masih cespleng.. ga pernah ganti2. Padahal tiap pake jarang pake kick stater / engkol. Selalu maen pencet. Tapi memang ni motor weeedan….jarang dipanasin. Langsung gass… but selama ini its ok. Ga pernah ada masalah dengan mesinnya.. masih galak. Pokonya masih jempolan.

  28. Sekarang sudah tahun 2018,njmx saya dari bulan juli 2012 sampai sekarang belum pernah ganti aki, dipakai starter masih joss, motor standar dari lahir cuma ganti klakson aja.

  29. nvl ku juga sudah hampir 5 th belum ada ganti aki,
    januari 2019 ini masuk 5 tahun pas, aki nvl masih normal, benar” awet.

  30. salam kenal om elang, ane njmx 2011 bulan may, baru ganti aki kering kemaren 3 januari 2019… keren yah…. pemakaian rutin harian, tidak pakai artifak tambahan, jadi masih bawaan,salam njmx, kalo menurut om apa lagi yg mesti di ganti soalnya saya jarang ganti part, busi belum pernah ganti, coolant baru sekali, filter oli baru sekali, ban sekali rantai sekali lampu depan dua kali ituj juga krena konsleting hangus socket lampunya kayanya kena basah deh, mohon pencerahannya om… thanks salam njmx t135hc 2011

    • wih seumuran MXnya kang πŸ˜€
      udah sewindu nampaknya kiprok (rectifier) sudah perlu diganti kang
      kemudian kabel gas dan kabel kopling juga sudah getas bisa diganti

  31. (Setiap pagi menghidupkan motor wajib harus dengan engkol (kick starter. Kunci kontak masih off lalu engkol 3x, anggap saja untuk memompa oli agar naik ke dinding silinder)

    Untuk motor yg ada kick starter langsung nyalakan kunci on tanpa lampu (kalau ada skalar) kemudian pakai kick starter di pagi hari

    Menurut hasil penelitian para bengkel, jika pakai kick starter posisi off akan berpotensi merusak sillinder & bloknya karena mesin motor dalam kondisi off oli tidak akan bisa naik ke sillinder

    Mohon di pertimbangkan lagi tips yg di berikan tersebut biar artikelnya semakin bermanfaat 😊

  32. njmx saya tahun 2013 ungu… aki belum diganti2 dari awal dateng sampai sekarang 01 2020.. pemakaian tanpa engkol langsung stater.. but overall still ok. dipasang volt meter pe unjukan masih normal
    emang aki njmx cespleng…

  33. Sore bang. Bang aki motor sy ga nyala bang. Karna semalam sy lupa kontak kuncinya masih nyala. Pas pagi mau di pake ga bisa.
    Gimana ya bang apa bisa di cas atau harus ganti bang..

  34. Njmx saya 2011 sekarang 2020 baru kerasa soak akinya gan πŸ˜… pemakaian normal pagi selalu engkol dulu sore jg kadang engkol 🀣 3 taun terakhir saya ganti lampu dpan pake led rem sama klakson .. jadi semi dc juga skrang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*