Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur

Perpanjang STNK 5 tahun

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, gak terasa motor tunggangan harian si MX Strada sudah masuk hampir 5 tahun di bulan Februari besok. Walau masih 1 bulan lagi tapi berhubung lagi libur dan punya waktu senggang gak ada salahnya diurus lebih awal. Gak nyangka pemilikmu yang punya jiwa konsumtif doyan selingkuh ini mampu mempertahankan dan menjagamu hingga kebersamaan kita yang ke-5 tahun. Sejarah betul ngurus beginian…

Jujur Elang belum pernah ngurus bayar pajak sampai siklus 5 tahunan dan ganti plat, selama ini cuma rutin bayar pajak motor tahunan, lah wong di history kepemilikan motor sebelumnya 3-4 tahun motor sudah dijual, baru inilah motor terawet dan terlama yang dimiliki, semoga seterusnya. Amiin

Okey karena belum punya pengalaman urus ganti plat, semalam Elang googling dulu di internet urutan prosedur yang harus dilakukan. Ternyata proses pertama yang dilakukan adalah parkir di antrian cek fisik.

Perpanjang STNK 5 tahun

Berangkat pagi dari Cikeas sekitar jam 06.20 wib, perjalanan lumayan lancar dan tiba di Samsat Jakarta Timur pukul 07.30 wib. Karena sudah dapat gambaran semalam, langsung saja Elang mengarahkan motor ke barisan antrian cek fisik. Sambil menunggu loket dibuka dan petugas gesek bekerja, Elang sempatkan dulu sarapan nasi kuning yang dibawa dari rumah.

Perpanjang STNK 5 tahun
baru datang langsung masuk antrian cek fisik

Belum sampai selesai santapan habis, lihat ke antrian motor sudah pada dimaju-majuin. Okey keep dulu sarapannya langsung masuk barisan ikut proses gesek nomor rangka dan mesin. Ketika selesai, petugas kasih 1 form, tadinya Elang mau kasih 5rb karena tau disini kasih seikhlasnya tapi petugasnya langsung kasih angka 10rb, yo wis 10rb duit pertama keluar.

Perpanjang STNK 5 tahun
keluar dari cek fisik menuju parkiran

Setelah dari cek fisik, lanjut ke loket 4 di sebelah kiri masih dalam satu gedung. Di loket ini hanya menyerahkan form cek fisik dan STNK asli. Di loket ini dikenakan biaya legalisir 20rb, okey kasih lalu duduk manis tunggu namanya dipanggil.

Perpanjang STNK 5 tahun
Legalisir di Loket 4, bayar 20rb

Setelah nama dipanggil dan form cek fisik serta STNK diterima kembali lanjut menuju gedung utama SAMSAT ke bagian Informasi untuk mengambil Formulir Perpanjangan STNK. Isi sesuai contoh, kalau bagian ini Elang sudah hafal karena sudah terbiasa tiap tahun ngisi form ini.

Perpanjang STNK 5 tahun
ke Informasi mengambil Formulir Perpanjangan STNK
Perpanjang STNK 5 tahun
contoh isian Formulir Perpanjangan STNK

Setelah isi form bertanya kembali ke bagian informasi harus kemana, ternyata diarahkan ke gedung belakang khusus perpanjangan STNK 5 tahun. Okey di gedung belakang yang Elang cari tempat fotokopi dulu untuk memfotokopi sekaligus merapikan berkas. Biaya fotokopi hanya 2rb saja.

Perpanjang STNK 5 tahun
fotokopi berkas asli

Setelah itu masuk ke antrian barisan Loket  1 untuk pendaftaran perpanjangan. Serahkan semua berkas asli dan fotokopi yang sudah dirapikan tadi, tunggu sebentar langsung KTP dan BPKB asli dikembalikan dan disuruh membayar di Kasir sebelah. Gak lama kemudian dipanggil dan tertera biaya perpanjang STNK dan tetek bengek administrasi kali ini berjumlah total 300rb pas untuk motor New Jupiter MX lansiran 2011.

Perpanjang STNK 5 tahun
ke Loket 1 Pendaftaran
Perpanjang STNK 5 tahun
bayar ke Kasir sebelah

Setelah bayar dapat 2 slip warna biru, yang 1 Elang serahkan ke Loket 4 untuk pengambilan STNK, satunya lagi diserahkan ke tempat pengambilan TNKB/Plat nomer. Sambil nunggu STNK dipanggil Elang masuk ke ruangan pengambilan Plat, disini petugas minta 5rb. Untuk wanti-wanti pengecatan plat nomor gak asal-asalan Elang nitip pesan ke petugas supaya dibikin rapi ngecatnya ya mas, dan ketika Elang perhatikan proses pengecetannya mirip model laminating jadi jaminan hasil catnya lebih baik. Yes, akhirnya punya juga plat nomer format baru, fyi yang sebelumnya masih format lama ada garis tengahnya, kondisi cat sudah pudar sejak berapa tahun lalu.

Perpanjang STNK 5 tahun
tempat pengambilan STNK
Perpanjang STNK 5 tahun
tempat pengambilan plat TNKB

Dan akhirnya alhamdulillah plat nomor baru dan STNK sudah diterima semuanya. Karena catnya belum kering Elang bawa ke parkiran motor sambil melanjutkan sarapan yang terinterupsi tadi. Setelah dirasa kering Elangpun Let’s Go pulang kembali ke Cikeas. Overall kinerja SAMSAT Jakarta Timur cukup baiklah dimata Elang, walau masih ada duit seikhlasnya yang kudu keluar di beberapa pos loket. Jadi total biaya yang keluar untuk proses perpanjangan STNK 5 tahun MX Strada adalah Rp. 337.000,- Waktu dari gesek nomor rangka hingga menerima plat baru hanya 40 menit, prosesnya memang lebih cepat dibanding mengurus pajak tahunan karena antriannya lebih sedikit dan loket terpisah.

Semoga bermanfaat.

Perpanjang STNK 5 tahun
plat baru bisa dibaca ‘BEBEK ELANG’ atas bawah serba 32 😀

51 Komentar

  1. maaf mas numpang nanya, saya punya scorpio tahun 2011 yang sudah di modif chopper. saya mau ganti tnkb seperti yang mas lakukan. tapi waktu pengecekan kendaraan ditolak oleh petugas samsat ciledug karena bentuknya tidak orisinil lagi, padahal dari pengalaman sepupu saya motor modifan bisa diurus surat2nya asalkan no rangka dan no mesin sesuai dengan bpkb, dan warnanya masih sesuai. mohon pencerahannya mas

  2. Artikel lengkap dan jelas , mantab 🙂 . Tahun depan mo ganti plat nomor yang ke 3x , dengan berbekal artikel ini tidak perlu lagi lewat jasa, cukup dilakukan sendiri.
    SIP 🙂

  3. Sama nih, juni ini perpanjang shogun 1996 saya, ngga nyangka udah 20 tahun, biasanya sih di biro jasa, thanks buat infonya gan.

  4. Terimakasih Bung Elang atas info yang berharga ini.
    Saya rencana akan mengurus sendiri utk perpanjangan STNK dan ganti Plat Nomer Motor saya.

  5. pas banged nih kang endrik.. kang kalau misalnya nanti sekalian ganti nama dari saya ke adik saya ada kena biaya tambahan lagi ngga ya? alamat adik saya sama sm surat2 motor yg sekarang, tapi saya ga bisa perpanjang atas nama sendiri karena dah beda ktp.

    beda daerah biayanya berbeda mungkin ya

  6. Whaa…. Membantu banget mas postingannya, ni barusan saya selesai perpanjang STNK 5 tahunannya ngikutin blog ini, sukses selalu ya Mas buat blognya

  7. Mantaps mas elang jalanan artikel nya sangat membawa manfaat, pahalamu besar mas elang.. Makasih juga udah setia sama sk MX stradanya. Hihihihi..

    Ditunggu link download motogp silverstone nya yah.. Ane kelewatan gak nonton nih.. Salam elang jalanan..

  8. mau tanya jg donk, klo mau perpanjang STNK dan jg bayar pajak tahunannya, apakah di tempat yg sama ?
    Klo jakarta pusat , prosesnya dimana yach ?
    Terima kasih

    • perpanjang STNK (pajak) tahunan gak mesti ke Samsat, di SIM/STNK keliling lebih praktis, namun untuk siklus ganti plat 5 tahunan harus ke SAMSAT masing-masing wilayah

  9. Terimakasih infonya bermanfaat banget..
    Tadi pagi saya baru aja urus perpanjangan STNK di Samsat Jak-Tim
    Prosesnya cepet banget tanpa ribet dan ga perlu jasa calo?
    Malahan proses legalisirnya gak dikenakan biaya.
    Cuma tadi sempet bingung pas mau ambil formulir. Biasanya kan ambilnya di tempat informasi tp sekarang dipindah di loket pendaftaran yang dekat mesin nomor antrian

  10. Mantap kang, cuma 40 menit cepet amat..!!
    Share pengalaman jg.. Ngurusin bbn, nanya ke biro jasa biaya habis 1.25jt. Ngrasa kemahalan, akhirnya ngurus sndiri. Ternyata ga lebih dri 400rebu, gelo eta biro jasa ambil untung!!!

    Harus banyak nanya sama waktu luang.. Saya 2 hari beresnya, klo ditotalin 5 jam. an..
    Yang bagusnya lagi ga ada pungli2an, petugas gesek mau saya kasih malah nolak,, guttlah??.,, samsat bandung timur.

  11. Mantap bro,,.tapi kalo bisa biaya yang tertara di STNK Bisa di foto..biar kita bisa estimasi masing..hehhehehe maaf cuma usull.

  12. Catatan tuh cikeas masih jakarta? Pungli pengesahan masih ada aja dan bayar pelicin ambil plat no ngak ditulis apa takutnih, padahal semua sdh dibayar di stnk tertulis tapi ngak ada tanda terima pungli tetap pungli, waktu jokowi jd gebenur ilang, omong2x foto2x ente ngak diperingati oknum ? dilarang photo2x diruang publik, ruang publik pakai izin? aneh, pangkalan militer maklum ruang Publik ? sdh gitu oknum membebaskan ane ngak ada tuh uang pengesahan itu pungli takut gw kpk?

  13. Nambah klw ente ngak bisa ngasih liat bpkp asli leasing / sekolahan elu dimintain duit lagi tanpa tanda terima dicatat padahal sdh ada surat pernyataan bpkb dileasing disekolahin? pernah ngurus pungli

    • betul, kl BPKB masih di leasing, suruh ke samsat bayar lagi 20rb gak jelas uang pengesahan yang model gimana lagi ini

  14. Wah, ane mo kasih gambaran pengalaman ane ngurus stnk hilang di samsat ini, rincian simpelnya:

    0. harus datang pagi2 buat ngantri gesek2.
    1. gesek nomer mesin & rangka (ngasih 5rb soalnya yg lain jg pd ngasih duid).
    2. motor di parkir di parkiran jgn dibawa masuk.
    3. didalem ngurus ini itu segala macem di samping loket bayar pajak tahunan (gratis).
    4. keluar ke ruang archive (masih gratis).
    5. naek ke lt.2 disini mulai lah bayar berbayar.
    6. ke loket 2 (20rb).
    7. sebelah loket 2 / loket 3 (20rb).
    8. balik ke loket 1 penyerahan berkas segala macam, diminta 50rb klo stnk mo jadi sekarang.
    9. bayar pajak tahunan sekalian.
    10. tunggu bbrp lama akhirnya stnk copy jadi juga.
    11. keluar parkir motor bayar 2rb.

    total habis skitar 100rb lah ? itu dari jam 7 sampe kira sblm zuhur. suwun. smoga bermanfaat.

      • Maap kang endrik baru mampir lagi kmari, tetap sah stnk nya hanya saja ada tulisan “copy stnk hilang” di stnk nya, klo di kuitansi pajaknya gak ada, lmyn cpt soalnya hari kerja biasa juga dan pagi2 bgt tuh datangnya. Suwun ?

  15. Desember 2018 ini kayaknya udah banyak yg berubah deh……

    Wah…..hari ini ane nyoba urus perpanjangan 5 tahun kok gak seindah artikel ini yach/ Udah bejubel, banyak calo yg pada nawarin “bantuan” dengan pamrih upah tertentu dg iming-iming proses lebih cepat. Para calo terang-terangan gentayangan di seluruh pelosok samsat kebon nanas.

    Lucunya setiap ane nanya ke petugas disana ditunjukkinya kaya “ngasal” aja, padahal ane nanya deg sopan, senyum, dan riang gembira. Ini contohna….ane tanya dimana loket untuk urus perpanjangan 5 thn sekaligus untuk balik nama, si petugas polisi nunjuk arah memutar…mesti ke belakang pak. Begitu dicari-cari gak ada, ya udah ane tanya ke orang lain yg kebetulan terlihat bawa-bawa plat nomer baru yg udah jadi.

    Dan ternytaaaaa………..tempat pintu masuknya tepat ada di belakang petugas polisi yg tadi nunjukin ane secara ngasal…..wkwkwkwk….

    Ya udah sambil lewat depan petugas itu ane liatin tuh muka pak polisnya, gak berani bales liatin ane dia, mlengos. Usut punya usut dari hasil obrolan singkat dg sesama yg sedang ngurus perpanjangan, ternyata kadang klo yg lagi ngurus lagi banyak kita dibikin “keder” supaya keliatan kayak “anak baru” yg ngalamin ngurus sendiri. Ujung-ujungnya ntar ada calo yg deketin kita nawarin bantuan, kayak semacam kode. Artinya……tebak sendiri deh…..hehehe….

    Saran: Klo mo ngurus perpanjangan apalagi balik nama datangnya sebisa mungkin pagi-pagi banget, biar gak dibikin keder klo tanya-tanya…. 😀

  16. Sama kyk ane Om, pertama kali perpanjang ya NJMX 2012 motornya, yg dulu MPro ane jual sebelum habis plat, ga tau klo dulu males ngurus perpanjangan mending di jual aja motornya tapi pas motor yg NJMX ini rasanya sayang mau jual, soalnya suka lihat modelnya, ga lekang oleh waktu, dan juga motor pertama saya beli Cash setelah jual Mpro

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Polisi Akan Gelar Razia STNK di Awal Bulan Mei 2017 – Anak Jalanan
  2. Latihan Basic Offroad bareng YRA pakai Yamaha TTR 125, seru banget | ElangJalanan.NET
  3. Maintain Kepuasan Konsumen, AHM Gelar Kontes Layanan Honda Nasional ke-13 - ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*