Beranda Serba-serbi Fungsi lain dari desain setang motor adventure yang tinggi

Fungsi lain dari desain setang motor adventure yang tinggi

0
enduro motorcyle handling
Pic: gizmodo.com

Sobat biker pasti sudah tau kenapa rata-rata motor enduro (adventure maupun cross) memiliki desain setang (handlebar) yang tinggi. Yang pasti semua motor diciptakan sesuai dengan peruntukannya, kalau motor sport fairing memiliki setang cenderung nekuk ke bawah bahkan dibawah yoke, lain lagi dengan motor komuter seperti matic dan bebek yang memiliki setang sedikit lebih tinggi dari motor sport fairing.

Nah kenapa setang motor-motor cross dan adventure memiliki desain setang paling tinggi di antara motor-motor lain? Selain tinggi juga biasanya lebih lebar alias yang lebih dikenal sebagai setang tipe baplang. Okey ini adalah alasannya sob.

Pertama dan Elang yakin semua sudah pada paham, yakni untuk membentuk posisi ergonomi duduk yang nyaman. Terus kenapa motor matic atau bebek gak dibikin tinggi juga sob kalau tujuannya untuk mendapatkan kenyamanan maksimal? Ternyata bukan sekedar mengejar kenyamanan di ergonomi sob, tapi ada fungsi lain. Kalau matic atau bebek dibikin setang tinggi dan lebar rasanya untuk pemakaian dalam kota justru akan menyulitkan untuk selap-selip.

Motor adventure maupun cross setengah habitnya adalah di jalanan non aspal, jalan rusak maupun offroad. Pabrikan berusaha menciptakan ergonomi yang nyaman baik dalam posisi duduk maupun berdiri. Posisi setang yang tinggi dan lebar membantu rider saat harus berganti posisi dari duduk menjadi berdiri saat menghadapi medan jalanan rusak. Inilah posisi yang paling nyaman ketika harus riding dengan posisi berdiri dalam tempo yang cukup lama.

Dalam kaidah safety riding, ketika menghadapi jalanan rusak posisi badan harus berdiri untuk mencegah kerusakan pada tulang ekor. Pertanyaannya kalau di motor biasa dipaksa berdiri terus menghadapi jalanan rusak dalam tempo lama, yang ada malah bonyok sendi pergelangan. Karena posisi setang yang rendah tidak mendukung untuk posisi nyaman saat berdiri.

treadmill
Pic: exercisereviewsite.com

Kenyamanan posisi berdiri di atas motor-motor enduro dibayangkan saat kita berada di atas papan papan treadmill, posisinya kurang lebih mirip. Sobat bisa bayangkan dengan posisi berdiri begitu menghadapi jalanan rusak mah ecess.

Selain tinggi, lebarnya setang motor enduro juga membantu memudahkan manuver saat di jalanan non aspal atau jalan rusak sob. Tangan lebih terbuka sehingga effort tenaga lebih kecil dan relax untuk manuver di atas jalanan rusak.

Monggo sobat yang punya tambahan lain tentang kelebihan setang tinggi dan lebar di motor enduro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here