Beranda Perawatan Motor Umur pakai ban belakang motor harian rata-rata 25.000km

Umur pakai ban belakang motor harian rata-rata 25.000km

32

new jupiter mx

Salam sejuta umat, sobat sekalian jika diperhatikan riwayat MX Strada yang sudah memasuki umur tahun ketiga (sejak Februari 2011) bisa dilihat interval penggantian ban belakang NJMX usia pakai rata-ratanya bisa ketebak. Hampir semua sepakat usia ban belakang relatif lebih boros dibanding ban depan, wajar karena porsi beban lebih besar berada di sisi belakang kendaraan. Biasanya ukurannya penggantian ban depan patokannya nunggu 2x ban belakang ganti.

Dengan gaya berkendara model Elang yang cenderung suka high speed, rekor umur ban belakang rata-rata sanggup menempuh jarak 25.000km baru benar-benar gundul compound-nya. Mungkin jika tipikal berkendaranya lebih slow tidak doyan kencang-kencang bisa jadi umur ban belakang bisa sedikit lebih awet hingga 30.000km.

Dengan perkiraan rata-rata tadi bisa ditebak umur pemakaian ban depan bisa antara 45.000 s/d 50.000km baru ganti. Namun patokan ini hanya berlaku untuk motor yang rute aspal kesehariannya tergolong mulus seperti di wilayah Jakarta. Jika di daerah-daerah yang kualitas aspal bahkan mungkin tidak beraspal bisa jadi umur pemakaian ban lebih pendek.

new jupiter mx

Selain faktor kualitas aspal, umur penggantian ban juga bergantung dengan kondisi ban itu sendiri disebabkan seringnya terkena paku dan banyaknya tambalan (khusus untuk ban non tubeless). Akhirnya masih jauh jarak tempuh dari 20.000km ban luar kudu sudah harus diganti. Untuk hal ini Elang ada catatan tersendiri sejak penggantian ban terakhir yang menggunakan FDR Genzi, hingga detik ini alhamdulillah belum pernah berurusan dengan paku lagi. So umur ban sekarang sudah menginjak 21.000km nunggu jarak 4.000km lagi baru rencana ganti, padahal ban sudah botak banget 😀

Gimana dengan ban-ban motor sobat sekalian, apakah awetnya sama dengan MX Strada? Monggo share pengalamannya.

  • 29500km gan ban belakang Corsa S123 24/03/12
  • 55947km ganti ban belakang FDR Genzi 100/80-17 19/01/2013
  • 76.000km? ban sudah tampak gundul alias botak abis…

kilometer mxstrada

32 KOMENTAR

  1. sama gan ban belakang punya ane juga udah mulai botak.
    ane pake swallow thunder xx 100/70, yang depan pake genzi 80/80 kalo ini blom lama ganti.
    ane mau ganti ban belakang kira kira yang cocok sama genzi apa ya ?
    apa ganti genzi juga ?

  2. umur ban dipengaruhi juga muatan…..selamat buat om Elang…”livery” blognya baru ya….bikin mata tambah betah berlama2..heheheh…jempol dah….

  3. Sdkit cttn harian om utk referensi dari OV buluk pny ane :
    1. Dunlop sutandar : 18000an km.
    2. Vee Ruber : 25000an km.
    3. Corsa S123 : 44000an km.
    4. Fdr Genzi : 11000an km (diganti karena benjol)
    5. Irc Rx01 : 15000an km (diganti karena dapet sponsor ban baru ) 😀
    6. Michelin pilot sporty : Sudah 10.000km dan masih lanjut smp skrg…

    Khusus utk fdr, sudah banyak diantara ane n kwn2 yg berakhir cepat karena benjol2… (Bukan BC ya om)

  4. selain faktor pemakaian, umur ban dipengaruhi kualitas bahannya.
    Kl bahannya bagus, komponya lembut, biasanya cepet abis, but cengkramannya bagus.
    Tp kl bahannya jelek, komponya keras, biasanya lebih awet, tp cengkramannya jelek.

  5. Ban pertama saya (dunlop standar) kilometer 10ribuan udah minta ganti. Kalo saya indikator ban luar harus diganti itu kalo ban dalem udah sering bocor. Bocor sendiri ya, bukan karena ketusuk paku 🙂

  6. Ban belakang Dunlop punya shogun, sampe kilometer 10rb dah botak,
    ganti indotire SF, bertahan sampe km 22ribu botak juga,
    ganti irc NR ini sama aja, botak km 34 ribuan, dan belum saya ganti, untuk ban depan ganti indotire SF pas KM 10ribu, sampe sekarang masih lumayan tebel

    mungkin cara berkendara saya mirip stoner yang suka power slide sambil rear wheel steering, #preeett #ngawurrrr… 😆

  7. yang jelas motorku udah ganti ban karena udah masuk tahun ke 3 (2010-2013) walaupun MRF masih bagus banget tapi karena pertimbangan safety, pernah baca kl umur 3 tahun sebaiknya ban motor di ganti karena faktor usia

  8. kebetulan sy pernah belajar safety raiding,yh di adakam oleh JDDC,sebetulnya ban itu tdl di ukur oleh jarak tempuh melainkan di ukur dgn waktu,di tiap2 ban itu ada kode produksi,(2013) yg artinya adalah wekk/ minggu ke 20 tahun 2013 nah 3thn kedepan 2016 ban tersebut sdh kadaluarsa sehingga komponnya menjadi keras dan tdk lg menggigit aspal lg,walau pun motor baru berjalan 5000 km,lalu ada lg untuk melihat keausan ban,yg di tunjuk dgn kode segitiga,coba di tarik ketengah tapak ban pakek kuku,disitu pasti ada benjolan yg berpungsi untuk melohat tingkat keausan ban itu

  9. masi lebih parah ane gan, baru kena km 36 rb an uda 3x ganti ban belakang, baru 1x ganti ban depan sih.. jalan yg ane tempuh mulus semua sih, cuma berhubung supra x 125 rem blkg’a disk, pakem’a ga karuan (ganti caliper FU), ya begitu deh wkwkwk skr uda mau ganti yg ke 4 tuh gan

  10. mas Afif,sekedar searing aja ya,pekerjaan mengemudi yg tersulit adalah pd waktu pengereman,knp rem blkg di buat oleh pabrikan tdk lbh baik dr rem depan,krn fungsi rem adalah 75%dpn dan 25% belakang,ingat rem tdk akan bs menghentikan kendaraan anda ketika kecepatan tinggi,jd hati2 jgn gunakan rem blkg aja ketika kt jln diatas 30 km/jam,kombinasinya adalah dpn blkg,jgn tkt terjungkal,krn dy dorong kendaraan sdh dibuang di shok dpn yg sdh di desaign dgn jrk ayun yg lbh pajang,sehingga bs menahan bebeban kendaraan anda

  11. [Ask] Bang Elang, saya punya pengalaman dengan motor saya, jarang (hampir gak pernah) dipakai jauh, jadi kembangan ban masih bagus tapi umur dah 5 tahunan. Alhasil ban jadi retak-retak dan keras (gak kenyal lagi). Untuk menentukan kapan harus ganti ban, apakah hanya dari botak-tidaknya ban itu atau umur ban juga jadi pertimbangan? Idealnya umur pakai ban paling lama berapa tahun?

  12. Kok beda ya bang ?

    saya pemakai byson 2010 dengan ban zeneos 110/70 depan, 150/80 belakang di ganti bersamaan, kenapa ban depan saya habis duluan ya ???

    Klw ada waktu dan kesempatan ntar saya kirimin foto kondisi bannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini