Komparasi Yamaha New Vixion vs Honda CB150R StreeFire sebelum harga mencuat

Well, sebelum kedua motor sport ini terjun ke pasaran EYD coba  mengulas komparasi head to head keduanya dari berbagai segi diluar variabel banderol harga mumpung keduanya belum ada banderolnya. Komparasi ini mudah-mudahan bisa membuat potensial buyer bisa melihat value dari keduanya secara jelas dan gamblang sehingga bisa menentukan motor sport yang mana yang paling pas dengan kebutuhannya.

OK kita mulai dari sisi depan yakni sektor headlamp 😀 untuk Yamaha New Vixion YIMM memberi sentuhan penampilan yang elegan, namun EYD secara pribadi masih lebih srek ke model Old Vixion, YIMM sepertinya perlu merubah sektor penting ini kedepannya. Penempatan plat nomor di jidat juga sepertinya sedikit mengurangi sisi elegan headlamp model ini. Sedangkan CB150R mengusung model yang tajam dan agresif layaknya seperti streetfigher sejati, dilihat dari sisi manapun headlamp CB150R lebih enak dipandang ketimbang kompetitor. Untuk sektor ini EYD memberi nilai  1 CB150R dan 0 untuk New Vixion, alias 1:0

 

Kita lanjut ke desain speedometer yang diusung kedua motorsport ini, walau sudah sama-sama menggunakan speedometer digital dan memiliki fungsi sama, namun desain milik New Vixion terlihat lebih mendekati model-model moge sehingga lebih enak dilihat. Sedangkan CB150R desainnya masih kurang mengikuti model. Untuk itu EYD beri nilai 1 untuk speedometer New Vixion.

 

Lanjut ke area tanki, dari desain keduanya mengusung model yang berbeda, New Vixion desain tangkinya terlihat moge look dengan model penutup tangki rata. Sedangkan CB150R desain tangkinya tidak terlalu besar dan masih menggunakan penutup tangki model konde. Untuk ini EYD beri nilai 1 untuk New Vixion ketimbang CB150R alias mulai imbang.

 

Turun sedikit ke wilayah shroud, desain shroud New Vixion menurut EYD kurang match dengan tangki dan desain motor secara keseluruhan, agak kebesaran atau mungkin kurang ke bawah. Berbeda dengan CB150R desainnya sedikit minimalis dan masuk dengan desain tangkinya yang lebih mungil dari New Vixion, untuk sektor ini  EYD memberikan penilaian 1 ke CB150R ketimbang New Vixion.

 

Mundur lagi ke arah buritan, disini desain milik Vixion terkesan lebih racy, meruncing seperti trend N250R, sedangkan CB150R desainnya masih model lawas, dan ada kemiripan dengan desain buritan dan stoplamp old Vixion, untuk point ini EYD kasih nilai 1 untuk New Vixion.

Lanjut ke sektor kaki-kaki, New Vixion sudah menggunakan ban depan ukuran 90/90-17 dan belakang 120/70-17 didukung velg tapak lebar yang menambah kestabilan saat rebahan dan melaju di kecepatan tinggi. Sedangkan CB150R masih mempertahankan ukuran ban apa adanya seperti generasi New MegaPro, ban belakang hanya berukuran 100/90-17. Tak dipungkiri penggunaan ban gambot menambah kesan gagah dan searah dengan mindset konsumen yang menginginkan penampilan moge wannabe. Untuk kaki-kaki EYD memberi nilai 1 untuk New Vixion.

 

Lanjut ke sektor knalpot, New Vixion sudah keluar dari model knalpot konvensional dengan memberi baluran cat cover knalpot berwarna hitam dan ujung knalpot diberikan sentuhan cover. CB150R masih menggunakan model knalpot mirp miliknya NMP hanya modelnya membulat dan desainnya model midship. Untuk sektor ini biar adil kudu bisa mendengarkan suara milik CB150R seperti apa, sedangkan Vixion EYD sudah mencobanya dimana suara lebih ngebass ketimbang versi lawas. Karena itu sementara point imbang, 1:1

 

Nah yang terakhir dan agak susah mengkomparasinya kalau belum merasakan langsung sensasi performa mesin keduanya. Bicara mesin bagi EYD adalah bicara performa, di atas kertas spesifikasi mesin CB150R cukup menjanjikan karena memiliki spek klep DOHC dan overbore 150cc. Jelas disini engine CB150R cukup menggairahkan bagi yang doyan performa. Sedangkan New Vixion masih mempertahankan mesin lawas walau ada sedikit perbedaan telah menggunakan O2 sensor dan sedikit penaikan power untuk mengimbangi penggunaan ban gambot. Namun informasi ini belum ada konfirmasi resmi dari YIMM tentang spek mesin New Vixion. Untuk sektor mesin walau belum bisa membandingkan keduanya secara nyata, namun di atas kertas bolehlah EYD beri nilai 1 untuk CB150R.

Dari 8 point yang EYD komparasikan ini, siapakah motorsport yang terbaik diluar harga dari dua pabrikan besar di tanah air ini. Yuk kita hitung ulang

New Vixion = 5

CB150R = 4

Masih sedikit lebih unggul New Vixion bro sis, hal ini sedikit berbeda dengan hasil polling keduanya di beberapa blog otomotif yang sudah divote. Memang desain itu adalah relatif, namun EYD coba komparasikan 8 point tersebut berdasarkan mindset moge look, desain siapa yang lebih mendekati ke arah desain-desain standar di moge.

Last jika nanti variabel harga sudah keluar, barulah nilai value dari kedua motor ini bisa terlihat gamblang. Sayang sampai saat  ini banderol harga belum ada resmi diumumkan. Namu EYD coba asumsi andaikan Vixion nanti dihargai 22,5jt sementara CB150R tidak jauh lebih mahal dari Vixion katakanlah di ambang 23-24 jeti (masih di bawah 2 jt selisihnya) maka disini value CB150R menjadi lebih tinggi ketimbang New Vixion, karena memang harus diakui engine DOHC CBR150 itu memang lebih mahal bro sis. Bagaimana jika ternyata CB150R dibanderol lebih mahal 2 juta dari New Vixion, yo wis komparasi menjadi tidak relevan lagi karena dianggap CB150R sudah beda kelas dengan New Vixion dan gak jadi dinamakan “Vixion Killer” 😀

Monggo bro sis dikomentari dan semoga bermanfaat.

33 Komentar

  1. komparasinya kurang tajam bro… ane tambahain
    1. utk shock absorber depan vixion lbh gede dr cbr, tp blkang cbr lbh joss pke model prolink ky moge dan vixion msh biasa.
    2. pelek vixion tanpa balancer, klo cb udah ada timah balancernya kyak di moge dam dimobil
    3.lampu depan cb udah pke halogen H4 60/55 Watt artinya sm dg cbr150 & 250 artinya terang banget, klo vixion pke model yg lama.
    4. ini cm pemanis aja sbnernya, yaitu cover mesin cb lebih manis dan udah built in, klo new vixion mesti beli terpisah dan bentuknya gak ngikutin kontur mesin (itu klo mau beli, klo gak beli ya mesin vixion kliatan kopong menggantung bgitu aja).

  2. bro pupug yg bener new vixi ngga pakai suspensi prolink……setau ane sejak pertama vixion muncul sudah mengadopsi namun di yamaha namanya monocross .mohon ralat

  3. pokoknya 6 speed dohc tidak bisa tergantikan oleh sohc 5 speed. yang tau teknologi pasti manggut manggut. gataulah kalau buta karena merk.

  4. vixion tetep aja kesannya cungkring sama lampunya itu dan penempatan plat nomornya cakep bener…..saking cakepnya jadi kaya koyo nempel di jidat ….hadeeehh

  5. yup kl mo detail lagi bisa panjang nih artikel, btw nice untuk info tambahannya bro 🙂
    ================
    Artinya kalau komparasi dua produk dan ingin memenangkan salah satunya, ya sebutkan saja poin-poin tertentu dan berhenti saat posisi produk yang akan dimenangkan sudah unggul. Gitu kan?

    • sepertinya gak begitu bro 😀 8 point yang EYD komparasikan adalah point-point major yang umum dikomparasikan, point-point lainnya menurut EYD gak bisa dikomparasikan secara kontras lagi karena selain 11-12, desain menurut EYD relatif.

      Contoh mengkomparasikan spakbor belakang, sulit untuk menjudge keduanya mana yang lebih baik, untuk itu hal ini gak boleh dikomparasikan ke permukaan, EYD serahkan ke pembaca saja.

  6. Mungkin selain tampilan dan mesin, ada baeknya juga komparasi fitur dan fasilitas2 standart lainnya.. (misal : kejelasan speedometer, tombol2 sein, klakson dan dim, nyala lampu, spion, dsb).. Misal untuk tombol2 sein, klakson, lampu jauh.. apakah mudah dijangkau, mudah dioperasikan atau engga.. trus speedometer, jelas terbaca tidak.. informatif engga… dsb..

  7. harus nya 6 : 3 buat vixion,,,krn shroud jelas lebih bagus new vixion kemana2, lebih modern, futuristik, elegan, sedang cb jadul banget mirip old vixion tapi masih lebih bagus old vixion jadi cuma niru aj…

  8. fiuhh.. tipis ya bro.. tapi klo diliat emang ada benerangan yang diliat nya dari masalah desain.. yang diatas..beberapa ada kelebhan dan kekurangan yang beberapa bisa setuju dan tidak setuju.. kita kembalikan lagi kepada ke bijakan dan hobi konsumen..

  9. gua sdh cbo cb 150 r rasanya itu nyaman banget bro….pas gua jatuh mesinnya itu gak lecet karena delta boxnya itu…buat cb150 r gua ksh 1000 poin….

    • 5 sped aja udah sama kaya yang 6 sped,, menurut gwe masih jos gandos new vixion,,, jos gandosssssssss kotossssss-kotosssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

1 Trackback / Pingback

  1. Artikel lanjutan komparasi New Vixion vs CB150R Streetfire » Warung Sejutaumat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*