Manfaat Penggantian Oli Secara Rutin untuk Motor Harian, Tips dari Yamaha

Manfaat Penggantian Oli Secara Rutin
Manfaat Penggantian Oli Secara Rutin

ElangJalanan.NET – Sebagai pemilik sepeda motor, tentu konsumen menginginkan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar dapat menunjang kebutuhan mobilitas sehari-hari dengan lancar. Selain itu, kondisi motor yang baik dan layak jalan juga menjadi keharusan, karena merupakan salah satu faktor kunci dalam meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan.

Oleh sebab itu, rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk manual servis dinilai penting bagi pemilik kendaraan. Dan salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut, adalah penggantian oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu. Mengapa penggantian oli mesin itu harus dilakukan? alasannya karena oli punya peranan vital dalam merawat serta menjaga kinerja mesin yang menjadi jantung pacu dari sepeda motor.

“Pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan penggantian oli secara rutin sesuai buku petunjuk manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan. Hal ini kemudian berimbas pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga menggangu kenyamanan mereka pada saat berkendara. Berkaca dari kondisi tersebut, maka Yamaha merasa perlu membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya,” ungkap Agung Budi Raharja, General Manager Part Operation Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Manfaat Penggantian Oli Secara Rutin

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna sepeda motor manakala rutin melakukan penggantian oli mesin.

1. Suhu Mesin Terjaga & Performa Motor Menjadi Optimal

Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin yang terus terjaga. Pasalnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja.
Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli didalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat. Jika terus dibiarkan kondisi ini justru membuat kinerja mesin terganggu seperti menimbulkan suara kasar dan masalah overheat (terlalu panas), yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

2. Komponen Mesin Lebih Awet & Hemat Biaya Servis

Manfaat lain dari rutin mengganti oli adalah dapat membuat masa pakai mesin menjadi lebih awet. Hal ini dikarenakan fungsi oli yang melumasi secara maksimal dapat mencegah komponen-komponen menjadi lebih cepat aus akibat minim gaya gesek, melindunginya dari korosif atau karat dan juga membersihkan ruang mesin dari serpihan-serpihan kotoran saat mesin bekerja. Dengan demikian biaya servis pun menjadi lebih hemat karena mesin terhindar dari kerusakan berat.

3. Hemat Bahan Bakar & Ramah Lingkungan

Kendaraan yang rutin mengganti oli mesin tentunya memiliki performa dan tarikan yang jauh lebih baik. Hal ini tentunya berimbas pada konsumsi bahan bakar bensin yang lebih efisien. Selain itu, emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan yang rajin ganti oli juga lebih rendah, sehingga secara tidak langsung dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.

Demikian beberapa manfaat dari rutin mengganti oli bagi para pemilik kendaraan. Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukannya, yaitu dengan memastikan bahwa oli yang konsumen pakai merupakan oli Asli yang berlisensi dari pabrikan. Dapatkan produk asli Yamalube di dealer resmi Yamaha maupun toko oli kepercayaan anda.

Untuk produk oli Yamalube, konsumen dapat dengan mudah memastikan keasliannya melalui metode scan QR code yang terdapat di balik label kemasan botol. Pada oli yang asli, saat konsumen melakukan scan, maka akan langsung terhubung ke laman website www.yamalubepromo.com dan dapat memasukan kode unik pada kemasan botol untuk diverifikasi. Jika hasil verifikasi menunjukan simbol centang hijau, maka dipastikan oli tersebut asli. Sementara jika hasilnya adalah simbol silang berwarna merah, maka besar kemungkinan oli tersebut palsu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*