GTC Menjadi Kunci Kesuksesan Pabrik Yamaha Indonesia dipercaya sebagai Global Factory

ElangJalanan.NET – Tercatat delapan tahun silam atau tepatnya di 2015 Elang bersama rekan-rekan Blogger Otomotif pernah berkunjung ke Global Factory YIMM West Java Karawang.

Sejak tahun 2014 Yamaha Indonesia memang sudah menjalankan produksi beberapa tipe motor untuk pasar ekspor ke beberapa negara khususnya Asia.

Factory Visit Yamaha Karawang

Nah di factory visit tahun ini sebuah kebanggaan bahwa YIMM telah dipercaya menjadi basis produksi global model sepeda motor Yamaha ke lebih dari 40 negara.

Maka dalam kesempatan kunjungan pabrik Yamaha Karawang ini, Yamaha mengajak para awak media, blogger, maupun konten kreator yang hadir untuk melihat langsung kesibukan aktivitas training di gedung GTC.

 

Factory Visit Yamaha Karawang

Global Training Center (GTC) yang merupakan pusat pelatihan (Doujo) bagi para operator. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat upaya Yamaha dalam menyiapkan para operator baru agar dapat menjadi SDM yang unggul dan kompeten, sehingga siap bekerja di line produksi sesuai dengan standar keterampilan yang telah ditetapkan.

Peningkatan keterampilan SDM seiring teknologi yang terus berkembang tak lepas dari transfer ilmu dari para trainer Yamaha Jepang (YMC) langsung yang secara periodik melakukan pembinaan dan kontes di semua divisi operator.Factory Visit Yamaha Karawang

Setelah itu, tour pun berlanjut ke bagian Welding Line untuk menyaksikan proses pembuatan frame, baik itu proses pembentukan (bending) maupun pengelasan yang sudah memanfaatkan teknologi robotik. Dari area Welding, rombongan kemudian bergerak ke area Engine Assy tempat perakitan mesin motor, dan dilanjut ke Body Assy tempat perakitan final sepeda motor hingga jadi. Terkahir, para peserta factory visit diajak menyambangi area QE Show Room yang merupakan tempat pengecekan terakhir terhadap kualitas mutu sepeda motor Yamaha sebelum kemudian dikirimkan ke dealer.

Kunjungan pabrik yang kedua kalinya ini, bertujuan untuk menyaksikan langsung bagaimana sepeda motor Yamaha dibuat oleh para anak bangsa dengan memanfaatkan teknologi moderen berstandarisasi global. Sehingga mutu kualitas sepeda motor Yamaha dapat diterima tidak hanya di pasar domestik, namun juga pasar eskpor ke lebih dari 40 negara di dunia.

Factory Visit Yamaha Karawang
Factory Visit Yamaha Karawang

Sebagai tambahan informasi, Global Factory YIMM – West Java merupakan pabrik ke-2 Yamaha yang berlokasi di Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat. Sebagai pabrik yang lebih modern dengan kapasitas produksi yang lebih besar, YIMM – WJ menjadi basis produksi untuk sepeda motor jenis Matic berkubikasi 155cc ke bawah seperti MAXI, CLASSY dan jajaran skutik Generasi 125 yang djual untuk pasar domestik maupun global. Selain itu, pabrik ini juga dipercaya untuk membuat mesin kendaraan berkapasitas besar. Seperti mesin MT-07 (700 cc) dan juga kendaraan roda 4 Wolverine (1.000 cc) yang memang diperuntukan untuk eskpor.

POPULER

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*