Spesifikasi Performa Setara Sepeda Listrik, Honda EM1 e Dibanderol 45 juta, Netizen: Kenapa Mahal Banget?

Honda EM1 e Dibanderol 45 juta
Honda EM1 e Dibanderol 45 juta

ElangJalanan.NET – Alhamdulillah kemarin Elang berkesempatan langsung melihat sosok Honda EM1 e: yang baru dirilis AHM di gelaran GIIAS 2023, ICE BSD Jumat, 11 Agustus 2023.

Elang pun langsung kepoin spesifikasi dan harga ke juru sales yang berada di booth. Ini adalah motor listrik pertama Honda yang akan dijual di tanah air, namun masih inden baru akan distribusi sekitar akhir tahun.

Soal spesifikasi Elang memang agak sedikit mengerutkan dahi, ternyata daya baterenya tergolong imut, secara performa pun linier tergolong kecil hanya bisa lari 45 kpj dan jarak tempuh hanya 41 km. Elang kok jadi teringat sepeda listrik di rumah yang secara tenaga 11-12 dengan motor listrik baru Honda ini.

Honda EM1 e Dibanderol 45 juta

Kenapa sih AHM pede menyeting harga semahal itu, apa value lainnya yang sedang dicoba AHM tanamkan ke market tanah air terhadap motor listrik ini.

Kebetulan Elang dapet sharing dari teman yang kebetulan dia adalah pegiat solar cell renewable energy, mungkin dari beliau kita bisa ambil sudut pandang berbeda melihat sosok Honda EM1 e:

Berikut ulasan doi soal kemunculan EM1 dan viralnya karena netizen kritisi harga mahal.

Motor listrik semakin populer sebagai alternatif ramah lingkungan dalam transportasi sehari-hari. Honda, sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di Indonesia, ikut meramaikan pasar dengan meluncurkan motor listrik mereka sendiri. Namun, beberapa netizen mengkritik tajam motor listrik Honda karena dianggap mahal dan memiliki fitur yang minim.

Honda EM1 e Dibanderol 45 juta

Secara Umum Honda EM1 e, EM kepanjangan dari Electric Moped, 1 artinya jadi moped pertamanya Honda dan e: mengacu ke Honda e-mobility. spesifikasi, EM1 e: punya motor listrik bertenaga 1.7kW Kecepatan puncaknya ada di angka 45 Kpj dengan jarak tempuh mendekati 42KM. Dengan jarak tempuh segitu maka biasanya battery mendekati 20Ah++ kapasitasnya, Baterai yang digunakan model tukar dengan nama Honda (MPP) Mobile Power Pack e, serta dapat dicharge ulang dirumah pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%.

Kenapa Viral, Ramai diperbincangkan ??

Sebagai pegiat Renewable energy yg konsen pada Energy bersih, solar panel, battery serta EV. Tentu kita bisa melihat dari beberapa sisi berbeda

Harga

Salah satu kritik utama terhadap motor listrik Honda adalah harganya yang dinilai mahal oleh Masyarakat. Dengan fitur yg disebutkan diatas rentang harga mulai Rp. 40jutann, tentu tiap orang akan menilai berbeda, disisi lain ada yg berpendapat terlalu mahal, disisi lainnya akan bilang wajar untuk brand besar sekelas “Honda” honda menyasar pasar market high level, dengan memberikan layanan product berkelas yg tidak bisa dilakukan oleh kompetitor, ini tentu market berbeda yg meskipun demikian bisa jadi sebagai masukan honda kedepan untuk dapat mengeluarkan produk entri level yg pass sesuai semua lapisan masyarakat.

Honda EM1 e Dibanderol 45 juta

Value

Jika dilihat keseleruhan Honda EM1 dengan fitur dan harga itu, tentu bisa dapat produk yg jauh lebih baik sebagai contoh kompetitor dengan harga di Range itu Motor Listrik Alva One Cervo. Alva Cervo mampu menghasilkan tenaga 9,8 kW atau setara dengan 13,1 dk di 3.700 rpm dan torsi melimpah hingga 53,5 Nm di 1.342 rpm. Diklaim mampu mencapai 125 kilometer dengan kecepatan tertinggi hingga 103 km/jam, Masyarakat yg menilai mahal membandingkan dengan kompetitor yg sudah dulu hadir dengan fitur yang bisa dikatakan lebih baik. Meskipun begitu Honda EM1 adalah motor listrik yang didukung oleh teknologi terkini. Dibangun dengan menggunakan komponen berkualitas dan sistem terbaru, motor ini menawarkan kinerja yang tinggi, efisiensi energi yang baik, dan fitur-fitur canggih seperti mode berkendara yang dapat disesuaikan dan sistem pengisian baterai yang cepat.

Prestige & Aftersales

Honda dikenal sebagai merek yang terkenal dan dihormati di seluruh dunia. Merek ini terkait dengan kualitas, keandalan, dan inovasi. Memiliki motor listrik Honda EM1 akan memberikan kebanggaan dan prestige atas merek yang memiliki reputasi yang baik. Meskipun motor listrik Honda mungkin memiliki harga awal yang lebih tinggi, biaya pengoperasiannya yang lebih rendah dan efisiensi bahan bakar yang tinggi dapat memberikan manfaat jangka panjang nyata. Artinya, meskipun harga awalnya mungkin tinggi, konsumen dapat menghemat uang dalam jangka panjang melalui biaya operasional yang rendah dengan jaminan product Jepang sekelas “Honda” yang sudah terbukti kualitasnya.

Dalam hal ini Honda berusaha menekankan pada nilai yang ditawarkan produk, seperti kualitas, daya tahan, efisiensi energi, dan biaya operasional rendah. Sehingga jika disimpulkan fokus utamanya adalah memberikan kepuasan maksimal kepada konsumen dengan memberikan produk yang memberikan manfaat nyata dengan harga yang pantas.

Honda EM1 memiliki desain yang simpel, elegan dan modern. Dengan tampilan yang menarik, motor ini akan menjadi pusat perhatian di jalan dan akan meningkatkan citra pengendara yang memiliki motor Honda EM1. Motor listrik ini mampu memberikan akselerasi yang cepat dan kelincahan di jalan, sehingga pengendara akan merasa puas dengan pengoperasiannya. Hal ini seringkali luput dari pandangan masyarakat,

Terlebih jaringan AHASS, di seluruh Indonesia menjadi salah satu point kekuatan penting yg tidak bisa dilakukan kompetitor lainnya. Serta kemudahan purna jual, sparepart aftersales dan skema pembiayaan mudah akan menjadi satu pilihan kepercayaan yg tidak bisa dipisahkan untuk menjadi pertimbangan meminang Honda EM1 yang imut keren ini. Honda EM1 adalah motor listrik yang menawarkan kombinasi kualitas, kinerja, dan reputasi merek yang dapat memberikan pengalaman berkendara yang prestisius dan memuaskan.

Bagaimana menurutmu ??

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*