Pamerkan Proses Produksi High Quality dan Jajaran Motor Ekspor, Yamaha Ajak Media Factory Visit

Yamaha Ajak Media Factory Visit
Yamaha Ajak Media Factory Visit

ElangJalanan.NET – Hari ini Kamis, 31 Agustus 2023 Elang berkesempatan berkunjung kembali ke pabrik Yamaha Motor Indonesia Pulo Gadung dalam acara Media Factory Visit PT YIMM.

Media Factory Visit ini terakhir digelar PT YIMM sekitar 2018, mungkin karena pandemi dan disusul tahun-tahun sulit pasokan part elektrik kegiatan semacam ini sempat vakum 5 tahun.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Kabar terkini soal supply microchip sudah mulai stabil dan Yamaha Indonesia siap gass poll produksi sepeda motor di bulan September ini.

Kabar baik lainnya, Yamaha Jepang telah memberikan kepercayaan kepada YIMM sebagai global factory untuk produksi big bike secara utuh dari yang sebelumnya mesin doank, pilot projectnya adalah MT07.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Sebagai salah satu pabrik terbaik di global, YIMM mengajak rekan media melihat langsung Yamaha Skill-Up Center sebagai wadah untuk edukasi dan penempaan karyawan agar semakin kompeten dalam menghasilkan rakitan produk sepeda motor yang berstandar global.

Menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki kualitas produksi yang sudah terstandarisasi secara global.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Dihadiri oleh President Director & CEO YIMM, Dyonisius Beti dan jajaran management YIMM, serta mengundang lebih dari 75 media dan blogger nasional, Yamaha menampilkan proses produksi sepeda motor Yamaha yang sudah memenuhi kualitas standar global. Terbukti bahwa pabrik Yamaha sebagai Global Factory telah mengekspor sepeda motor produksi dalam negeri kepada lebih dari 40 negara di 5 benua, seperti MAXI, CLASSY, R-Series, MT-Series, dan beberapa model export lainnya.

“Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan media di kantor pusat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Melalui kunjungan pabrik ini, rekan-rekan dapat langsung melihat line produksi Yamaha yang aktif membuat sepeda motor terutama untuk model favorit seperti MAXI, Classy, dan model lainnya. Saya juga memastikan bahwa suplai terhadap part elektrik telah stabil sehingga kami mampu meningkatkan volume produksi secara optimal untuk memenuhi permintaan pasar setelah tantangan isu global terkait suplai part elektrik yang berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Selain ingin memperlihatkan production recovery process, kami ingin menunjukkan kualitas produk Yamaha. Saya berharap kunjungan ke pabrik Yamaha ini dapat menjadi sebuah pengalaman yang istimewa dan memberikan informasi kapasitas pabrik Yamaha dalam memenuhi permintaan pasar dan menjaga kepuasan pelanggan dengan kualitas mutu produk yang tinggi,” ungkap Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Saat ini YIMM memiliki 2 lokasi pabrik, yaitu di YIMM Pulo Gadung – Jakarta dan di YIMM West Java-Karawang. Pada acara Media Factory Visit 2023, seluruh peserta media nasional diajak mengunjungi pabrik YIMM Pulo Gadung-Jakarta untuk melihat seluruh line produksi sepeda motor Yamaha, baik dari sisi ketersedian material, proses produksi, durabilitas, teknologi hingga standar pengecekan kualitas.

Jujur membandingkan dengan pengalaman factory visit pabrikan yang pernah Elang kunjungi, melihat deretan variasi motor-motor ekspor yang diproduksi Yamaha disini cukup memberi kesan dan ikut merasakan suatu kebanggaan. Mungkin mas bro belum pernah melihat sosok XMAX 125, MT125 atau varian-varian unik mengikuti request 40 negara yang berbeda-beda.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Di pabrik ini mata terpuaskan melihat proses produksi motor-motor ekspor yang aduhai, tidak salah kalau pabrik YIMM Pulo Gadung mendapat predikat pabrik Yamaha global terbaik.

Selain menilik kualitas produksi sepeda motor Yamaha yang sudah terstandarisasi secara global, peserta juga dapat melihat skala produksi sepeda motor Yamaha yang kini meningkat sehingga produk-produk Yamaha telah dapat didistribusikan secara masif. Hal ini menjawab keinginan konsumen untuk memiliki sepeda motor Yamaha lebih cepat terutama untuk produk MAXI dan Classy.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Aktivitas ini sebagai salah satu langkah Yamaha Indonesia untuk memberi informasi positif agar dapat tersampaikan kepada seluruh konsumen. Dengan kualitas dan kapasitas memadai diharapkan dapat terus meningkatkan kepuasan konsumen yang menjadi prioritas utama Yamaha.

Di akhir sesi Media Factory Visit, sesi Q&A dimanfaatkan rekan-rekan media nasional dan blogger untuk bertanya seputar produksi di plant. Tapi namanya juga Blogger/Jurnalis, di sesi tanya jawab malah pada bertanya soal masalah ‘rangka’ yang viral.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

YIMM seolah tau maunya media, langsung saja didemokan rangka NMAX global yang terbukti aman dari karat, karena selain memiliki ketebalan pipa super tebal 2,3mm juga konsep rangka sportmatic ini mempunyai saluran drainase yang baik, so tidak ada kasus air terjebak di frame yang bisa mempercepat proses korosi.

Dari simulasi demo yang diperagakan, terlihat air yang masuk dari dalam pipa bisa terbuang sempurna melalui lubang yang diposisikan berada paling bawah pipa. Sehingga tidak ada potensi air terjebak di dalam pipa.

Good Job Yamaha, semoga kapasitas produksi semakin meningkat diiringi kemudahan konsumen mendapatkan motor yang diinginkan tanpa kesulitan inden atau upping price.

Yamaha Ajak Media Factory Visit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*