Kapan Bisa Pesan Tiket Pelabuhan Ciwandan untuk Pemudik Motor Tujuan Sumatera?

Pesan Tiket Pelabuhan Ciwandan untuk Pemudik Motor
Pelabuhan Ciwandan - Foto: TribunBanten

ElangJalanan.NET – Pelabuhan Ciwandan menjadi pelabuhan alternatif bagi pemudik motor tujuan Sumatera.tiket

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno pada Senin, 13 Maret 2023 dalam keterangan resminya.

“Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, tapi akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik. Di sana akan dilayani dengan lintasan Ciwandan-Bakauheni untuk arus mudik dan Ciwandan-Panjang untuk arus mudik-balik,” papar Hendro Sugiatno.

Kebijakan ini rencananya ditempuh menimbang prediksi meningkatnya pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Pulau Jawa menuju Sumatera.

Sebagai informasi, pelabuhan Ciwandan terletak di Desa Kepuh Kecamatan Ciwandan yang merupakan cabang dari PT. PELINDO II yang terletak di Banten. Jaraknya kurang lebih 11 kilometer dari kota Cilegon arah ke Anyer.

Terkait jadwal pelayanan, pada lintasan Ciwandan-Bakauheni akan dilayani oleh sebanyak 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan – Panjang akan dilayani oleh 3 unit kapal milik PT. Pelni dan PT. ALP.

Selanjutnya akan beroperasi sebanyak 5 dermaga di pelabuhan ini yakni dermaga 02, dermaga 03, dermaga 05A, 06 dan juga 07 dengan rencana trip setiap satu jam sekali selama 24 jam.

Bagi sobat yang ingin mudik ke Sumatera menggunakan sepeda motor dengan perubahan kebijakan baru ini, perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  • Kondisi jalan dari kota Cilegon menuju Pelabuhan Ciwandan sebagian masih rusak parah berlobang, disarankan melakukan perjalanan siang hari.
  • Lama perjalanan menuju Bakauheni akan lebih lama daripada melalui Pelabuhan Merak. Jika melalui Merak butuh waktu 3 jam di laut dengan perjalanan kapal reguler, maka trip baru ini akan memakan waktu kurang lebih 4 jam di laut.
  • Untuk pemesanan tiket pelabuhan melalui aplikasi Ferizy

Pembelian Tiket Penyeberangan Pelabuhan Ciwandan Melalui Ferizy

Sama seperti penggunaan moda transportasi umum lainnya, demi kenyamanan dan kepastian disarankan pemudik sepeda motor memesan tiket secara online baik untuk perjalanan mudik maupun arus balik.

Seperti yang disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat dalam lanjutan keterangannya.

“Kepada masyarakat saya sarankan untuk membeli tiket penyeberangan melalui aplikasi Ferizy dan kalau bisa beli tiket lebih awal atau jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan,” ujar Dirjen Hendro.

Adapun tahapan untuk membeli tiket melalui Ferizy yaitu:

  1. Download aplikasi Ferizy di Smartphone atau melalui website ferizy.com
  2. Pilih jadwal keberangkatan
  3. Isi data diri dengan lengkap
  4. Lakukan pembayaran
  5. Elektronik Tiket akan dikirimkan ke email
  6. Tunjukkan Elektronik Tiket pada petugas di pelabuhan dan akan ditukar dengan boarding pass.

Terkait pemesanan tiket melalui aplikasi Ferizy, pantauan Elang hingga hari ini (3/4) belum tersedia pilihan pelabuhan asal untuk Ciwandan untuk Golongan II dan III.

Pesan Tiket Pelabuhan Ciwandan untuk Pemudik Motor
Pelabuhan Ciwandan Belum Tersedia – Ferizy

Elang coba telusuri ke contact center ASDP di nomor Whatsapp 0811-1021191

Berikut adalah jawaban customer service ASDP terkait belum tersedianya pilihan Pelabuhan Ciwandan di aplikasi Ferizy.

“Saat ini untuk golongan II dan III penyebrangan melalui Pelabuhan Ciwandan. Untuk pemesanan tiket Pelabuhan Ciwandan atau sebaliknya, silahkan melakukan pengecekan secara berkala pada Instagram resmi kami di @asdp191, untuk informasi terbarunya.” tulis CS ASDP.

Elang pun coba kroscek langsung ke Instagram terkait, ternyata sudah banyak juga yang bertanya dan menginginkan kepastian jadwal untuk pemesan tiket mereka.

Berikut adalah balasan komentar dari akun @ASDP191 yang Elang kutip.

“Halo #KawanASDP. Perihal pengalihan rute penyebrangan melalui Pelabuhan Ciwandan belum bisa kami informasikan lebih lanjut. Silakan ditunggu terlebih dahulu dan cek secara berkala informasi resmi terkait kebijakan perjalanan dengan kendaraan bermotor selama arus mudik lebaran tahun 2023 yang akan di rilis pada sosial media kami. Tks. -YR”.

Demikian sedikit pantauan Elang terkait info penyeberangan melalui Pelabuhan Ciwandan khususnya bagi pemudik motor yang berencana pulang ke Sumatera. Semoga segera ada kepastian jadwal jadi atau tidaknya.

Elang sih berharap pemudik motor tetap bisa melalui Pelabuhan Merak yang jelas lebih singkat jarak tempuhnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*