Test Ride Motor Listrik Yamaha E01, Berikut Review dan Bocoran Harga

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01
Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

ElangJalanan.NET – Pekan lalu Elang sudah sempat melakukan test ride motor listrik Yamaha E01. Ini menjadi salah satu kesempatan emas bisa mencoba langsung motor listrik keluaran Jepang.

Seperti Elang sampaikan di artikel terdahulu di sini, Yamaha Indonesia masih memerlukan jedah waktu setidaknya satu tahun untuk mengumpulkan berbagai masukan dan beragam habit konsumen motor listrik di tanah air.

Selanjutnya, Yamaha Indonesia berharap akan mampu menyempurnakan produk motor listrik Yamaha E01 berbekal dari data yang diterima dari 4.000 orang yang telah merasakan langsung unit E01.

Rentang waktu satu tahun juga diharapkan akan selaras dengan segala persiapan dari hulu hingga hilir ekosistem kendaraan listrik. Berharap sih satu tahun kedepan pemerintah dan swasta bahu membahu segera memperbanyak stasiun pengisian (fast charging).

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Kembali ke test ride, Elang akan coba ulas seperti apa impresi setelah menjajal langsung Yamaha E01 agar sobat pembaca bisa mendapatkan gambaran riding experience dari motor ini.

Video full test ride sebelumnya sudah Elang unggah di channel Youtube Elang Jalanan di bawah, monggo sambil nonton bisa ikuti terus ulasan versi artikel ini.

Fitur-fitur Yamaha E01

Sebelum test ride Elang coba absen beberapa fitur yang hadir di unit ini.

Dari segi dimensi Yamaha E01 seukuran dengan Maxi Yamaha umumnya seperti Yamaha NMAX. Memiliki jok lebar dan empuk khas Yamaha, kemudian tombol keyless juga mirip banget dengan punya Maxi Yamaha umumnya.

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Yang menarik adalah fitur bagasinya sob yang cukup luas, estimasi Elang mampu untuk menyimpan helm full face. Bagasi di bawah jok ini adalah tempat menyimpan portable charger bawaan yang bisa dibawa-bawa.

Just info, baterai motor listrik Yamaha E01 adalah model tanam jadi bukan tipe swap.

Unit prototype Yamaha E01 ini tidak memiliki handle atau pegangan belakang, Elang sih berharap saat produksi masal nanti Yamaha bisa menambahkan fitur grip handle buat kenyamanan.

Salah satu desain unik dari motor listrik ini adalah bagian belakang tidak menggunakan spakbor tapi menggunakan tipe mudguard.

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Review Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Baiklah kita langsung saja ke ulasan review test ride Yamaha E01, seperti apa kenyamanan dan performanya? Cekidot

Cara menyalakannya cukup simpel, pertama putar knob keyless ke posisi On, lalu tekan sekali tombol power di setang kanan maka lampu indikator di dasboard akan berubah menjadi hijau pertanda motor sudah siap jalan.

Ohya Yamaha E01 juga menawarkan fitur Reverse mode, fitur yang berguna saat anda berada di parkiran untuk opsi mundur.

Begini cara mengoperasikan mundur Yamaha E01.

Tekan dan tahan saklar R  di setang kiri, lampu indikator hijau akan berubah menjadi orange dan drive mode berubah menjadi “R”.

Untuk memundurkan motor, tahan switch “R” dan tekan tombol drive mode di setang kanan maka motor akan mundur. Lepaskan tombol drive mode maka motor akan berhenti.

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01
Handlingnya enteng buat speed cornering

Lanjut saat dipakai jalan, hentakan torsi di mode ECO boleh dibilang cukup kuat, terbukti saat nanjak cukup enteng. Yamaha E01 menawarkan tiga drive mode selain ECO, ada STD dan PWR.

Untuk berganti mode cukup praktis bisa ganti ketika lagi jalan, caranya cukup tutup gas lalu tekan tombol drive mode.

Kesan pertama Elang mengendarai Yamaha E01 adalah sensasinya mirip naik Nmax namun dengan suara yang sunyi khas motor listrik.

Kedua suspensi Elang rasakan lebih empuk dari Nmax, dan handling manuver di tikungan cukup nurut, benar-benar fun mengendarai Yamaha E01 ini.

Makin fun naik motor ini berkat fitur keselamatan yang cukup lengkap seperti fitur ABS dan TCS.

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Sistem pengereman di unit prototype ini juga istimewa seperti hadirnya Regenerative Brake system, putaran roda belakang akan bisa mengisi ulang baterai saat pengereman di medan turunan.

Untuk performa pengereman yang Elang rasakan cukup pakem saat mengurangi kecepatan putaran roda 13″ hingga berhenti, feel-nya dapat.

Bagaimana saat melewati tanjakan Bukit Pelangi? Yamaha E01 enteng banget berkat torsi besarnya 30,2Nm pada 1.950 rpm. Serius bro, enteng bener seperti tonjokan motor 200cc.

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Kesimpulan

Sebetulnya bisa dikatakan Yamaha E01 sudah siap untuk meluncur ke pasar karena dari segi fitur, paket dan performa yang ditawarkan sudah melebihi ekspetasi dari sebuah motor listrik.

Hanya saja kita harus bersabar karena ini motor Jepang, prinsipal Jepang pastinya memikirkan dengan sangat matang fase peralihan bisnis mereka.

Tidak hanya dari segi produknya saja yang wajib bagus, namun perlu membaca kebiasaan atau habit pengguna khususnya di tanah air.

Plus sembari menunggu dari segi infrastruktur dan kolaborasi brand-brand Jepang untuk percepatan pengadaan stasiun-stasiun pengisian baterai yang tersebar nantinya.

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01

Bocoran Harga Yamaha E01

Walau unofficial namun dari penerawangan Elang soal estimasi harga yang pantas dibanderol untuk Yamaha E01 ini nantinya akan mendekati seharga XMAX mengingat paket kelengkapan fitur yang diusung dan juga power yang terbesar di kelasnya.

Tinggal kita tunggu saja apakah nantinya motor listrik Yamaha ini akan dirakit secara lokal atau tetap didatangkan secara CBU dari Thailand. Tentunya kita berharap harga bisa lebih miring jika Yamaha Indonesia bisa melokalkan E01 ini. Semoga.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*