Beranda Event Riding Experience Yamaha R15M Bareng Blogger dan Komunitas di Yamaha Sunday Race...

Riding Experience Yamaha R15M Bareng Blogger dan Komunitas di Yamaha Sunday Race Sentul

0
Riding Experience Yamaha R15M
Riding Experience Yamaha R15M

ElangJalanan.NET – Bagi Elang pribadi, tak terasa genap tiga tahun lamanya vakum merasakan track day di sirkuit Sentul. Terakhir ikut balapan di September 2019 kala ikut meramaikan gelaran Yamaha Endurance Festival.

Tentu sebagai seorang Blogger enthusiast di otomotif, track day adalah salah satu kegiatan asyik yang jarang Elang sia-siakan selain tawaran touring dan trabasan.

Bukan apa-apa sob, ada kesempatan untuk bisa menyalurkan hobi menguji adrenalin gas poll motor di tempat yang semestinya adalah kebahagiaan yang hakiki dari seorang Elang Jalanan.

Karenanya saat ada undangan masuk untuk liputan seri final Yamaha Sunday Race 2022 ke inbox dan ditawari satu agenda untuk ikut riding experience Yamaha R15M, beuh Elang gak pake mikir langsung OK.

Tiba di sirkuit Sentul jam 8 pagi, Elang langsung ke press room lantai tiga. Seperti biasa di awal pagi kita akan bersiap-siap meliput opening ceremonial seri ketiga Yamaha Sunday Race yang berlangsung sekitar jam 8.30 wib.

Opening ceremonial kali ini suasana sedikit berbeda, panitia dan pengelola Sentul sedang berduka karena di seri kedua sebelumnya pembalap Kevin Safaruddin berpulang.

Mulai jam 9.15 wib, semua kelas mulai melakukan sesi pemanasan (warm up) hingga pukul 10.40 wib.

Riding Experience Yamaha R15M
Unit R15 dan R15M Connected ABS

Waktu yang ditunggu-tunggu bagi rekan komunitas dan Blogger yang akan melakukan riding experience akhirnya tiba pukul 10.45 wib.

Karena sekedar fun riding maka tidak diwajibkan menggunakan wearpack balap, cukup sepatu di atas mata kaki dan jaket yang proper (no hoodie).

Tak sabar jajal sirkuit, Elang langsung ke unit Yamaha R15M Connected ABS berwarna silver.

Agenda hari itu mungkin tak sesuai ekspektasi Elang, unit yang dipakai ternyata murni motor standar ting ting, knalpot standar, footstep standar. Mungkin hanya ban yang diganti kalau Elang gak salah ingat.

Selain itu karena masih dalam suasana duka, kang Arif (YRA) yang memimpin di depan kasih kode kalau riding experience kali ini tidak boleh saling menyalip dan racing line agak bergeser masuk dari tengah ke dalam karena kondisi aspal Sentul yang berpasir dan penuh tambalan.

Riding Experience Yamaha R15M
Riding Experience Blogger bareng Komunitas Yamaha Sunday Race 2022

Yo wis kesempatan fun riding kali ini Elang manfaatkan buat melampiaskan kangen jajal track Sentul sambil melatih kembali ketajaman di tikungan.

Sepanjang 4 lap Elang cukup menikmati riding experience motor baru Yamaha R15M Connected ini. Soal handling dan kestabilan menurut Elang ini adalah motor terbaik di kelasnya, rangka deltabox gak bohong.

Hanya saja karena footstep masih standar posisi ridingnya kurang nyaman buat rebahan dan tuck in untuk ukuran Elang, selebihnya sudah mantap.

Saat dari straight mau masuk R1, fitur ASC dan Slipper Clutch membuat down shifting terasa halus tanpa gejala gerung, enak banget buat terus gantung RPM di tikungan.

Fitur traction control yang ada di tipe R15M ini pun cukup bikin pede ketika masuk tikungan dengan agak agresif. Ban belakang terasa tetap gigit ke aspal walau kondisi aspal agak berpasir khususnya di bagian pinggir.

Sayang dashboard speedometer yang menunjukkan top speed ditutup oleh panitia so Elang sulit untuk explore top speed maksimum tiap giginya. Alhasil 4 lap yang disediakan Elang maksimalkan hanya untuk mengasah skill mempertajam saat masuk dan keluar tikungan, gak lebih.

Ohya kondisi aspal Sentul kini memang makin memprihatinkan, banyak tambalan-tambalan yang bikin sensasi berkendara tidak lagi mulus. Tidak sampai disitu setiap kali habis turun hujan dipastikan permukaan aspal pun dipenuhi pasir.

Walau setiap fase pasir disingkirkan oleh panitia, tapi tetap aja tidak 100% bisa bersih. Imbasnya kalau kita berada di belakang rider depan, dipastikan visor helm akan dihantam pasir kerikil-kerikil halus, gak nyaman banget dah.

By the way walau kondisi aspal Sentul kurang asyik, tapi tetap saja event riding experience seperti ini akan bikin ketagihan terus bagi Elang khususnya. Apalagi kita riding bareng teman-teman Blogger, ada Vandra Monkeymotoblog, Aripitstop, Permana Trias dan Heru Tebe, serulah.

Last, thanks buat Yamaha Indonesia untuk kesempatan Riding Experience kemarin, semoga bisa kembali nge-track di Sentul di event lainnya, Endurance Festival 2022 harapannya ada lagi perwakilan Blogger 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here