Harga dan Spesifikasi Serba Wow, BMW Motorrad Indonesia Luncurkan M1000RR Pertama di Indonesia

BMW Motorrad Indonesia Luncurkan M1000RR
BMW Motorrad Indonesia Luncurkan M1000RR

ElangJalanan.NET – BMW Motorrad Indonesia akhirnya meluncurkan seri terganas dari deretan superbike terbaru BMW M1000RR. Ini adalah sebuah maha karya terbaik para insinyurnya pada model sport BMW.

Pengembangan seri model ini fokus pada sektor performa sehingga tak heran dari desain hingga spesifikasi yang dibenamkan M1000RR menyerupai model balap.

Event launching digelar dalam sesi terbatas di bilangan Simatupang, BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan model teranyar ini ke rekan-rekan media pada Rabu, 16 Februari 2022.

harga bmw m1000rr indonesia

Kembali ke sosoknya, BMW M1000RR memiliki tenaga dan torsi puncak yang lebih besar dibandingkan model S1000RR pendahulunya, menjadikan motor ini sebagai “rare item” bagi pemilik yang mendambakan eksklusifitas dan individualitas.

Performa tenaga yang jauh lebih besar serta komponen yang dirancang khusus untuk track oriented, menjadi interprestasi BMW dalam menghadirkan model terkuat di jajaran BMW Motorrad yang telah dihadirkan kepada publik dunia. Hadirnya varian ini untuk menambah jajaran tipe sport di Indonesia.

harga bmw m1000rr

Imbuhan material karbon yang disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR. Superbike ini dibekali mesin berbasis versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.

Konfigurasi tersebut untuk memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang telah dimodifikasi sedemikian rupa secara komprehensif ke arah mesin sport balap. Hasilnya, output mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm.

harga bmw m1000rr 2022

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston 2-ring terbaru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5 dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm – 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sporty-nya.

Untuk perangkat winglet, dikatakan BMW telah mengembangkan komponen itu di lintasan balap dan terowongan angin (wind tunnel) milik BMW di Jerman. Terbuat dari serat karbon, komponen ini jelas menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna memperoleh waktu putaran lebih cepat.

Motor ini sendiri dibanderol dengan harga cukup fantastis yakni sekitar Rp1,6 miliar off the road. Secara tampilan jelas bahwa M 1000 RR mengadopsi motor superbike mereka, dengan spesifikasi mesin serupa untuk unit yang digunakan di ajang WorldSBK dan BSB.

harga bmw m1000rr terbaru

Sasis yang ditingkatkan

BMW M 1000 RR telah dipasangkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka ‘jembatan’ di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sasis ini begitu serasi dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.

Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro. Fokus utama dari desain sasis ini untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.

Perhatian khusus diberikan untuk mengoptimalkan performa kendara, pengereman dan kontrol anti-squat, serta feeling terbaik sang rider pada roda depan dan belakang. Dipasangkannya rem rancangan divisi M didasari pengalaman di ajang World Superbike Championship, yang memberikan stabilitas pengereman serta kemampuan kontrol yang maksimum.

Secara umum, kaliper rem M memiliki lapisan anodisasi biru yang dikombinasikan dengan logo M. Dengan pelek berbahan karbon M, tentunya kemampuan saat melahap permukaan aspal semakin mumpuni, namun tetap ringan baik di trek balap maupun jalan raya.

Dashboard Nan Informatif

Panel instrumen pada M 1000 RR secara keseluruhan memiliki basis desain yang serupa dengan RR dengan animasi M saat kunci dinyalakan.
Tersedia paket opsional berupa kode aktivasi (konten paket kompetisi M), yang dapat digunakan untuk menyediakan materi data yang komprehensif untuk penggunaan M GPS laptrigger dan M GPS data logger (Original BMW Motorrad Accessories) melalui antarmuka OBD instrument cluster.
Jika Anda belum puas dengan performa standarnya, tak perlu khawatir, BMW menyediakan paket M (M Competition) yang tentunya lebih mumpuni.

Paket ini menyediakan perpaduan menarik antara komponen berkelas untuk kombinasi teknologi balap dan estetika pada saat yang bersamaan. Selain perangkat lunak M GPS laptrigger dan kode aktivasi yang sesuai, paket ini diantaranya komponen suku cadang berlabel M, lengan ayun yang lebih ringan 220 gram, dan pengoptimalan gesekan.
Paling menarik dari paket tersebut yakni rantai M Endurance yang dilapisi DLC yang bebas perawatan, plus cover belakang pada jok penumpang.

Engine :
Type : Water/oil-cooled 4-cylinder with 4-stroke in-line engine, four titanium valves per cylinder and BMW ShiftCam
Bore / stroke : 80 mm x 49.7 mm
Capacity : 999 ccm
Rated output : 156 kW (212 hp) at 14.500 rpm
Max. torque : 113 Nm at 11.000 rpm
Compression ratio : 13.5 : 1
Mixture control : Electronic injection, variable intake pibe
Emission control : Closed-loop 3-way catalytic converters, EU-5 norm

Performance / Fuel Consumption
Maximum speed : 306 km/h
Fuel consumption per 100 km based on WMTC : 6.5 Liter
CO2 emission based on WMTC : 151 g/km
Fuel type : Unleaded super(premium), octane number 95 – 98 (RON)
Electrical System
Alternator : 450 Watt
Battery : 12 V / 5 Ah, Lithium-ion
Power Transmission
Clutch : Multiplate clutch in oil bath, anti-hopping clutch, with self-reinforcement
Gearbox : Constant-mesh 6-speed gearbox with straight cut gears
Drive : Chain 525 17/46
Traction Control : BMW Motorrad DTC
Dimensions / Weights
Seat height : 832 mm
Inner leg curve : 1.845 mm
Usable tank volume : 16.5 Liter
Reserve : approx 4 Liter
Length : 2.073 mm
Height (excl. mirrors) : 1.197 mm
Width (excl. mirrors) : 848 mm
Dry weight : 170 kg (M Competition Package 169.8 kg) without battery
Unladen weight, road ready, fully fuelled : 192 kg (M Competition Package 191.8 kg)
Permitted total weight : 407 kg
Payload (with standard equipment) : 212 kg
Chassis / Brakes
Frame : Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine
Front wheel location / suspension : Upside-down telescopic fork with a diameter of 45 mm, adjustable compression and rebound stage, adjustable preload
Rear wheel location / suspension : Aluminium swing arm, full floater pro, compression and rebound damping adjustable, adjustable preload
Suspension travel, front / rear : 120 mm / 117 mm
Wheelbase : 1.457 mm
Castor : 99.8 mm
Steering head angle : 66.4°
Wheels : M Carbon Wheels
Rim, front : 3.5 x 17”
Rim, rear : 6.0 x 17”
Tyre, front : 120 / 70 ZR 17
Tyre, rear : 200 / 55 ZR 17
Brake, front : Twin disc brake, M Brake 4-piston fixed caliper, 5 mm diameter 320 mm
Brake, rear : Single disc brake, 2-piston fixed caliper, diameter 220 mm
ABS : BMW Motorrad Race ABS Pro (part-integral), modes to select ABS Pro : ABS Pro settings for RAIN, ROAD, DYNAMIC mode, no ABS Pro in RACE and Race Pro 1-3 mode

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*