Semeru Erupsi, RAB Respon Bantuan Cepat

ElangJalanan.NET – Respon bencana erupsi Gunung Semeru Jawa Timur, para Relawan Anak Bangsa (RAB) dan Yayasan Wahana Artha (YWA) langsung bergerak umengirim bantuan untuk para pengungsi, Rabu (8/12).

Mendengar kabar gunung favorit pendaki alam bebas, yang erupsi Minggu lalu direspon cepat oleh RAB dan YWA. Koordinasi langsung dilakukan dengan tim Hotel Santika Banyuwangi, yang merupakan lini bisnis yang tergabung dalam Wahana Artha Group (WAG), untuk melakukan survey dan menyalurkan bantuan.

“Beruntung satu lini bisnis wahana ada di sana, sehingga pemetaan dengan cepat dapat dilakukan untuk segera dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru,” papar Ketua RAB Vica Vayerawita. Dirinya juga turut berduka atas 39 korban yang meninggal dan 13 orang yang masih dalam pencaharian (data dariĀ cnnindonesia.com).

Relawan Anak Bangsa (RAB)

Donasi berupa ribuan paket dengan beragam jenis barang yang sangat diperlukan oleh para pengungsi, akhirnya telah disalurkan. Bantuan tersebut terdiri dari makanan, minuman, kebutuhan balita dan perlengkapan lainnya seperti susu anak, biscuit, beras, air mineral, selimut, tikar, popok, pakaian anak, sarung, makanan instan senilai ratusan juta, 8000 box vitamin dan 10.000 masker. Donasi diserahkan langsung kepada perwakilan BPBD Lumajang, Sunyoto dan Ibu Lusi di salah satu posko pengungsian Semeru, GOR Gelora Wira Bhakti Lumajang.

RAB yang selama ini fokus mendukung pemerintah dengan beragam bantuan untuk lawan pandemi, juga menberikan perhatian untuk bencana alam erupsi ini. Penyaluran bantuan ini diharapkan dapat ikut meringankan beban para korban pengungsian, sekaligus membantu pemerintah mengatasi bencana alam.

“Meski kami dikenal aktif mendukung lawan pandemi sejak awal, bencana alam ini juga kami perhatikan agar dapat ditangani lebih baik dengan bantuan yang kami berikan,” tambah Vica.

Relawan Anak Bangsa (RAB)

Gerakan RAB merupakan bentuk gerakan sosial, dalam rangka melawan Pandemi Covid-19 atas inisiasi pengusaha nasional Boy Thohir, dengan dukungan perusahaan dan yayasan, seperti Yayasan Wahana Artha (YWA) dan Wahana Artha Group (WAG) serta dukungan dari PT Adaro Energy Tbk.

Kemudian dari PT Mahakam Sumber Jaya, Harum Energy, PT Cikarang Listrindo Energy Tbk, Northstar, BFI Finance, Triputra Group, Persada Capital Investama, PT Panca Amara Utama, PT Surya Esa Perkasa Tbk, dan Rockpool Initiative Teladan Investama. Selain itu, ada CBS Holdings, PT Impack Pratama Industri Tbk, Altira Business Park, Fast Food Indonesia, 21 Cineplex, Rajawali Corp, KPN Corp, Barito Pacific, PT Anugerah Bara Kaltim, Hutchison Port Indonesia, PT Sumatera Prima Fiberboard, Wahana Lestari Investama, Saratoga, Tower Bersama Group, PT Argha Karya Prima Industry dan Kino Group. Selanjutnya ada Permata Cimanggis, Telkomsel Indonesia, Kedai Sayur, Watson Indonesia, PT Hutchison 3 Indonesia, PT Akraya Indonesia, Pingtan Marine Enterprise, Ltd dan PT Pemukasakti Manisindah.

RAB telah menyalurkan beragam bantuan, mulai dari uang tunai, alat pelindung diri petugas kesehatan, hingga alat kesehatan kepada berbagai rumah sakit, yang total nilainya hampir mendekati Rp 100 miliar sejak awal pandemi 2020 silam sebagai bentuk dukung pemerintah lawan Covid-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*