Beranda Review Mencoba Oli Premium X-TEN Double Ester Matic di Honda ADV 150

Mencoba Oli Premium X-TEN Double Ester Matic di Honda ADV 150

2
Oli X-TEN Double Ester Matic
Oli X-TEN Double Ester Matic

ElangJalanan.NET – Bismillah, gimana kabar sobat setia pembaca blog Elang Jalanan? Semoga selalu dalam kondisi sehat dan lancar dalam segala aktivitasnya, amin. Artikel kali ini Elang ingin mereview sebuah oli baru dan Elang pakai di Honda ADV 150.

Elang dari dulu typikal termasuk user yang gak doyan gonta ganti merek oli untuk motor harian. Begitu dirasa enak ya sudah pakai terus yang penting rutin ganti oli.

Seperti di history pemakaian Jupiter MX sebelumnya, hampir 4 tahun terakhir Elang pakai oli ini terus karena buat Elang termasuk oli enak dan terjangkau pula.

Saat berpindah ke motor matic (Honda ADV 150) sejak dari baru motor masih menggunakan oli bawaan AHM Oil SPX2. Ya boleh dibilang Elang lagi masa transisi membiasakan dan mengenal motor matic untuk penggunaan harian seperti apa.

Waktu 1 tahun 3 bulan sudah berjalan, odometer motor pun sudah jauh hingga 35.000 KM. Hehehe harap maklum karena motor yang tadinya disayang-sayang nyatanya kini malah jadi motor capek.

Seperti pembaca dan mungkin follower Elang di sosmed pasti taulah Linea ADV kini jadi motor operasional utama untuk jasa kurir di KurirEkspress.ID. Sehari jalan 150-200 KM itu sudah biasa, motor sehat dan yang paling penting orangnya jangan sampai oleng, tetap jaga kesehatannya juga.

Nah berangkat dari kebutuhan di jalanan, dimana Elang ingin upgrade performa perlindungan di mesin dan ingin mencoba varian oli yang bisa long drain maka Elang coba kembali melirik oli X-TEN.

Oli X-TEN Double Ester Matic
Oli Premium X-TEN Double Ester Matic

Kebetulan X-TEN ada mengeluarkan oli baru untuk matic, oli baru yang masuk di segmen premium dengan nama X-TEN Double Ester Matic, dibaca X-DEM. Salah satu alasan Elang pilih upgrade ke oli ini adalah karena oli synthetic ini mengandung ester, selain itu harganya yang amat terjangkau buat ukuran oli premium.

Apa aja sih kelebihan ester pada Oli X-TEN Double Ester Matic ini?

  • Membentuk ekstra lapisan pelindung metal (thin film) untuk menurunkan gesekan pada mesin sebesar 15%. Suhu mesin menjadi lebih stabil dan power output mesin menjadi lebih besar
  • Kombinasi ester & high performance additive melindungi mesin, mulai dari mesin dihidupkan  sampai dengan putaran tinggi. Lapisan ester akan ikut luruh saat penggantian oli berikutnya. Mesin akan tetap bersih dan selalu mendapatkan perlindungan baru di setiap penggantiannya.
  • Ester akan mengikat molekul oli, menyebabkan oli tidak mudah menguap dan dapat bekerja dengan baik dan menempuh jarak lebih jauh hingga 6.000 KM
Oli X-TEN Double Ester Matic
Keunggulan Oli Ester

Nah itu adalah 3 keunggulan yang ditawarkan oli X-TEN Double Ester Matic.

Sebagai pemakai lama oli X-TEN, tentu Elang kepo apa sih perbedaan dengan X-DEM dengan oli X-TEN biasa.

Dari spesifikasi teknis yang Elang dapatkan setidaknya ada beberapa poin yang bisa Elang share di artikel ini.

Perbedaan Oli X-TEN Double Ester Matic

  • Improve lebih ke oksidation stability, friction dan anti wear. X-DEM lebih stabil dari oksidasi, umur oli lebih panjang, gesekan berkurang sehingga power mesin lebih optimal dan akselerasi menjadi enteng
  • Unsur viscosity modifier membuat Viscositas Index sebagai parameter ketahanan terhadap temperatur sangat tinggi, kekentalan oli tidak berubah,
  • Konsentrasi dari ester lebih banyak dan variasi ester yang dipakai lebih dari satu untuk mendapatkan efek anti wear dan friction yang berimbang

Baca Juga: Review kualitas oli X-TEN setelah dipakai 2.000km, bagaimana penguapannya?

Nah gimana impresi awal setelah Elang ganti ke oli X-DEM di Honda ADV 150? First impression yang Elang rasakan di mesin adalah tarikan di motor langsung terasa enteng. Namun soal apakah penggunaan oli ini  mampu meningkatkan konsumsi BBM menjadi lebih irit Elang belum bisa ukur secara eksplisit, yang Elang rasakan di pemakaian harian sih gak terlihat indikasi ini, FC BBM ADV masih sama.

Kesimpulan awal, oli X-DEM cukup bagus performanya untuk perlindungan mesin, dan Elang kepo rasa enak oli ini sampai berapa jauh. Untuk ini Elang akan review nanti setelah pemakaian mencapai 3.000 KM

Oli X-TEN Double Ester Matic
Varian Oli X-TEN Double Ester Matic

Ohya XTEN mengeluarkan oli ini dalam 2 kemasan dan perbedaan viscositas, yakni SAE 10W-30 800ml untuk matic-matic Honda dan SAE 10W-40 900ml untuk matic Yamaha.

Sertifikasi oli X-TEN Double Ester Matic sudah API SN dan JASO MB

Oli X-TEN Double Ester Matic
Review Oli X-TEN Double Ester Matic

Dimana mendapatkan oli ini? Untuk di Pulau Jawa boleh dibilang sangat mudah untuk mendapatkan oli ini sob, gak akan ada di toko atau bengkel lain. Oli X-TEN hanya tersedia dan didistribusikan di jaringan toko Planet Ban. Harga saat tulisan ini Elang buat Planet Ban sedang memberikan harga promo 75rb dari harga asli 120rb (kemasan 800ml) dan harga promo 80rb dari harga normal 130rb (kemasan 900ml).

Semoga bermanfaat.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Managed by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

2 KOMENTAR

  1. Kang, salam alaikum.
    Salam silaturahmi 🙏

    Request review komplit ADV stelah 35K kilometer boleh yah….
    Penasaran durabilitas Gen 1 ADV ini selama dipakai kang Endrik.
    Sy penasaran karna belum puas sama review2 yg ada di YT / artikel, menurut sy review personal kang Endrik akan lebih kredibel & objective.

    Thanks kang, sukses & sehat selalu kang Endrik sekeluarga 👍

    • Insyaallah saya akan luangkan waktu khusus untuk merilis artikel ini kang, dari bulan kemarin sudah mendem di draft terus, kini kilometer sudah masuk 39 ribuan, 1,5 tahun pemakaian 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here