Beranda Suzuki Review Motor Legendaris Dari Suzuki Era 90an di Indonesia

Review Motor Legendaris Dari Suzuki Era 90an di Indonesia

0
Motor Legendaris Dari Suzuki
Suzuki RC100 Sprinter

ElangJalanan.NET – Bismillah, mas bro sekalian Suzuki adalah salah satu pabrikan otomotif di Indonesia yang sudah terkenal dan legendaris. Dimana di era tahun 90an sampai tahun 2000an Suzuki sukses dan sangat berjaya di Indonesia, pernah menduduki terlaris nomor dua penjualan sepeda motor di tanah air.

Elang masih ingat beberapa model yang dijual Suzuki di era itu bisa bersaing dengan ketat melawan kompetitor lainnya di kelasnya. Bahkan beberapa motor buatan terbaik dari Suzuki Indonesia ini masih banyak dicari sampai sekarang.

Walau kini eranya sudah beralih ke mesin 4 tak, namun hingga kini masih banyak beberapa motor buatan Suzuki yang bisa dibilang menjadi motor legendaris saat ini masih diburu untuk dikoleksi atau disimpan oleh beberapa kolektor motor antik di Indonesia.

Mulai dari motor trail, motor bebek sampai motor sport buatan dari Suzuki tersebut berhasil menjadi motor legendaris buatan Suzuki di Indonesia.

Motor Legendaris Dari Suzuki Di Indonesia

Jauh sebelum motor skuter matik menjadi raja jalanan saat ini, motor bebek adalah salah satu jenis motor yang paling banyak diminati di Indonesia.

Dimana hampir semua merek motor memiliki varian motor bebek dan juga berusaha untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Dari sekian banyaknya merek motor, Suzuki adalah salah satu merek atau pabrikan penghasil motor bebek terbaik di era akhir 90an sampai awal 2000an.

Nah pada kesempatan kali ini Elang coba ulas tentang beberapa motor legendaris dari Suzuki di Indonesia yang sukses merajai jalanan di masanya.

Suzuki RC100

Suzuki RC100 pertama kali diluncurkan pada tahun 1987 hingga tahun 1994. Dimana Suzuki RC100 ini mengusung trend baru dari segmen moped yaitu motor dengan penggunaan mesin 100cc. Masyarakat awam sering menyebut motor Suzuki RC100 ini dengan nama Jet Cooled.

Motor Legendaris Dari Suzuki
Suzuki RC100 Bravo

Hal ini karena merujuk pada pendinginan yang terdapat di mesin yang dibantu dengan adanya kipas. Walaupun bukan merupakan teknologi baru, namun Suzuki menggunakan fitur advanced pada mesin yang dipakai oleh motor ini.

Suzuki Crystal

Pabrikan Suzuki ini pertama kali meluncurkan motor Suzuki Cristal ini di tahun 1990 dan berhasil menjadi penerus kesuksesan dari motor Suzuki RC100 yang merupakan pendahulunya. Sebagai penerus dan juga menutup generasi dari seri RC, motor Suzuki Crystal ini juga menjadi pembuka dari motor bebek dengan mesin 110cc buatan dari Suzuki.

Motor Legendaris Dari Suzuki
Suzuki Crystal
Foto: sepeda-motor.info

Motor Suzuki Crystal ini juga menggunakan desain yang ramping dengan sudut yang lancip. Namun desain ini tidak terlalu kaku, motor ini memiliki sumbu roda yang tidak terlalu panjang supaya akselerasinya dapat spontan. Motor ini menggunakan teknologi Jet Cooled yang diklaim bisa mendapatkan top speed 130 km/jam.

Suzuki Satria 120R

Berikutnya ada Suzuki Satria 120R yang menjadi motor bebek gahar pada pertengahan tahun 1990an. Satria 120 R ini menggunakan mesin dengan kapasitas terbesar pada masanya. Kelebihan lainnya juga masih didukung teknologi jet Cooled pada bagian mesinnya.

Motor Legendaris Dari Suzuki
Suzuki Satria 120R Lumba

Motor ini juga sudah didukung dengan rangka dual box yang sama seperti sportbike, dengan teknologi SCAF dan juga sistem komputerisasi dari analisis rangka.

Motor Suzuki Satria 120R ini juga sering disebut sebagai motor Suzuki Lumba-lumba, dimana motor ini memiliki daya tarik dari teknologi mesin 2 tak yang terkenal sangat efisien untuk mendapatkan kecepatan tinggi, kopling manual dan juga velg CW. Namun sayangnya Suzuki harus berhenti memproduksi motor ini karena terbentur aturan regulasi, sangat disayangkan sob.

Elang pribadi dulu punya interest dengan Satria 120R Hiu model terakhir, tapi apa daya belum mampu terbeli di zaman sekolah dulu 😀

Suzuki Tornado

Suzuki Tornado adalah generasi penerus dari Suzuki Crystal. Dimana motor ini sudah beredar sangat lama di Indonesia mulai dari tahun 1994 sampai tahun 2004. Suzuki Tornado sendiri muncul dengan dua tipe yaitu GS dan juga GX yang membedakan dari sisi knalpot dan juga sisi rem.

Motor Legendaris Dari Suzuki
Suzuki Tornado GS

Motor ini juga dibekali dengan mesin yang berbeda. Yakni untuk motor tipe GS ini memiliki mesin 109cc, semenara untuk GX menggunakan mesin 100cc.

Suzuki RC100 Sprinter

Terakhir ada Suzuki RC100 Sprinter yang dipercaya sebagai salah satu nenek moyang dari jenis motor ayago atau ayam jago.

Motor Legendaris Dari Suzuki
Suzuki RC100 Sprinter

Motor ini pertama kali mengaspal di Indonesia di tahun 1989 dan juga dihadirkan untuk bisa menjegal berbagai macam saingannya di Indonesia. Untuk sisi jeroan dari motor ini menggunakan mesin 2 stroke, 1 silinder, Jet Cooled dan juga memiliki mesin yang berkapasitas 99cc.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Managed by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here