Beranda Perawatan Motor Review Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed, Puas Tarikan Kembali Enteng

Review Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed, Puas Tarikan Kembali Enteng

10

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, saatnya review perawatan motor harian Elang si Linea, sekalian review service di bengkel lek Aripitstop aka ZonaSpeed. Kebetulan weekend ini agak senggang sekalian main aja.

Ngomong-ngomong soal perawatan motor matic Elang termasuk newbie karena memang baru kali ini melihara matic. Syukurnya ada buku panduan yang bisa dijadikan acuan pedoman untuk jadwal service rutin dan jadwal masa penggantian spare part, ini membantu banget buat Elang.

Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed
Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed

Nah di buku panduan service Honda ADV ini jadwal service berkala termasuk panjang, setiap 6.000 km sekali. Service pertama di kilometer 1.000, service kedua di 6.000, service ketiga di 12.000 km dan seterusnya.

Jarak 6.000 km di buku panduan itu juga adalah jarak yang sama dengan jadwal pergantian oli lho, tentunya dengan oli bawaan Honda SPX2. Weleh, kalau yang ini Elang kok kurang yakin ya, alhasil kembali ke patokan lama yakni tiap 1.500 km ganti atau maksimal 2 bulan sekali.

Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed
Service Honda ADV Bengkel Zonaspeed

Untuk perawatan Honda ADV ini Elang tentukan untuk jadwal service berkala kelipatan 6.000 km dilakukan di bengkel resmi AHASS, namun ditengah-tengah waktu misal tiap 3.000 km Elang jadwalkan bersih-bersih CVT berbarengan dengan ganti oli. Untuk urusan bersihin CVT Elang gak perlu ngantri ke AHASS, cukup lakukan ke bengkel umum yang terpercaya aja, siapa lagi kalau bukan ke lek Ariyanto pemilik bengkel ZonaSpeed di bilangan Pondok Gede ini.

Sebelum lanjut, Elang flashback dulu catatan riwayat Si Linea yang masuk umur 3.5 bulan pemakaian, di odometer sudah  3.800km. Overall Elang cukup puas dengan motornya, perkara gredek yang kadang muncul Elang udah terbiasa dan masih nyaman-nyaman aja.

Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed

Cuman keluhannya cuma satu, sebulan terakhir entah dari sektor CVT atau dari gardan, muncul suara-suara baru yang sebelumnya tidak ada. Suaranya mirip suara siulan ketika speed mulai 20kpj ke atas dan ketika gas diturunkan saat jalan.

Elang ingat 2 minggu sebelum suara siulan muncul, Linea pernah libas banjir sedang setinggi mata kaki di dek. Tapi waktu itu posisinya gas terus gak sampai berhenti dan gak sampai CVT selip.

Nah sebagai pemula di dunia permatican, jujur pasca menerjang banjir itu Elang kepikiran kira-kira aman gak ya CVT atau gardan? Serius apalagi sejak muncul suara-suara baru itu Elang gak bisa tidur tenang terutama khawatir oli gardan kemasukan air dan bercampur seperti susu ☹

Karena itu hari ini berbarengan dengan rencana bersihkan CVT, Elang request lek Ari untuk bongkar area gardan di roda belakang. Agak repot memang, karena harus buka semua, ya blok CVT, ya knalpot dan ban tentunya.

Setelah CVT selesai dibersihkan lek Ari pun mulai mengerjakan pembongkaran gardan, sebelumnya oli CVT dikuras dan menunjukkan warna yang wajar. Namun karena Elang belum tenang sekalian aja bongkar pengen liat gigi transmisi di dalamnya.

Service CVT Linea di Bengkel ZonaSpeed
Area gardan aman setelah dicek

Setelah gardan terbongkar, Elang pun bisa bernafas lega karena bagian transmisi terlihat bersih gak ada hal-hal yang seperti dikhawatirkan.

Yo wis semuanya kembali dirapikan lek Ari dan langsung isi oli baru SPX2 dan oli CVT.

Setelah kelar, saatnya bayar ongkos kerja dan oli, biaya semuanya kurang lebih 120rb.

Gimana review si Linea setelah CVTnya dibersihkan di bengkel ZonaSpeed? Memuaskan hasilnya sob sesuai ekspetasi, tarikan motor kembali enteng dan suara yang mengganggu sejauh ini Elang bawa riding sampai tiba di rumah belum kedengaran lagi.

Yap semoga aja suara siulan mengganggu itu bener-bener hilang, dan Elang tobat dah melibas banjir. Ketemu banjir mending auto putar balik cari jalur lain, biar jauh yang penting aman 😁

Yang mau service motor di bengkel rekomendasi sekitaran Bekasi atau Pondok Gede berikut alamat bengkel.

Zona Speed
Jl.  Hankam No.35, RT.01/RW.5, Jatimelati, Pondokmelati, Kota Bks, Jawa Barat 17415

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

10 KOMENTAR

    • Sebetulnya untuk case motor matic rada percoyo oli lebih jauh intervalnya karena oli gak kerendem transmisi, tapi efek sugesti pengalaman di motor manual membuat keyakinan dengan long interval oli matic butuh waktu 😁

  1. Spertinya kok lebih bandel MX drpn adv ya om… lebih tahan banting klo dpake sbg kuda kerja, cmn kmampuan angkut n fungsionalitas adv mmg lbih sip… lha mx bagasi aja gak ada…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here