Melihat Langsung Proses Pembuatan Rangka ESAF & Bedah Teknologi Honda Genio

Proses Pembuatan Rangka ESAF
Proses Pembuatan Rangka ESAF

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, alhamdulillah kemarin Elang kembali mendapatkan kesempatan melakukan plant tour ke kawasan Plant 3 PT. Astra Honda Motor Cikarang. Ini adalah pengalaman plant visit kelima kalinya sejak 2014 bagi Elang kalau gak salah ingat.

Kira-kira ada agenda apa nih AHM sampai membawa temen-temen Blogger dan Vlogger ke Plant 3 Cikarang? Ternyata ada 2 agenda yang disiapkan HC3 AHM untuk Blogger Vlogger kali ini, pertama melihat langsung proses pembuatan rangka ESAF milik Honda Genio dan workshop bedah mesin Honda Genio.

Visit Plant 3 AHM Cikarang
Visit Plant 3 AHM Cikarang

Tiba di Plant 3 lebih cepat dari jadwal awal karena alhamdulillah lalu lintas dari tol Sunter hingga kawasan MM2100 lancar jaya, hanya 1 jam tiba di lokasi. Sementara rekan-rekan Blogger lain yang bermotoran dari Cileungsi dan Depok belum pada sampai, Elang surprise juga ketika tau tumben IWB riding naik motor 😀

Begitu Blogger dan Vlogger lengkap, acara pun dimulai. Seperti biasa diawali sambutan dari Bu Istiyani dan arahan safety induction oleh tim Factory untuk SOP berkunjung di dalam pabrik. Yang pasti policy disini cukup ketat mas bro soal kamera, semua kamera HP kita disegel dengan sticker biar gak ambil foto sembarangan.

Ibu Istiyani beri sambutan Plant Tour Cikarang
Ibu Istiyani beri sambutan Plant Tour Cikarang

Plant Tour Pabrik AHM Cikarang

Langsung kita diajak ke line produksi Honda BeAT Street dari atas, karena Elang sudah pernah beberapa kali melakukan plant visit maka pemandangan kesibukan operator melakukan perakitan motor menjadi hal biasa. Elang justru sudah gak sabar untuk langsung ke plant baru AHM tempat dimana rangka ESAF Honda Genio diproduksi.

Keluar dari plant produksi Honda BeAT, kita menuju gedung baru yang ternyata adalah plant khusus untuk produksi rangka Honda Genio. Betul sob hanya memproduksi rangka ESAF tok, gak ada yang lain.

Plant Baru Produksi Rangka ESAF
Plant Baru Produksi Rangka ESAF

Begitu masuk dan mengenakan safety helmet, Elang terkesima dengan pemandangan di depan mata. Ada 4 mesin stamping press raksasa yang hanya 1 sedang beroperasi mengeluarkan suara super bising. Mesin ini sejatinya mencetak dan membentuk lempeng baja melalui tekanan tinggi dari atas. Kalau gak salah inget frame ESAF Honda Genio terdiri dari 6 lempeng baja yang dibentuk dan dilas menggunakan laser robotic.

Nah berbicara soal laser, setelah keluar dari mesin stamping press raksasa tadi, lempeng baja yang sudah dibentuk tadi dioper ke bagian pengelasan dengan sebelumnya dirangkai dengan komponen lain seperti leher segitiga, dudukan footstep, dll. Setelah itu masuk ke ruang pengelasan laser, sebuah robot telah siap melakukan pengelasan dengan sistem laser, asli sob pemandangan yang menarik melihat pengerjaan robot-robot ini, begitu presisi.

Rangka ESAF Honda Genio
Rangka ESAF Honda Genio

Bedah Mesin Honda Genio 110 eSP

Setelah puas melihat proses perakitan motor dan melihat proses pembuatan rangka ESAF di plant baru. Berikutnya kami diajak untuk workshop bedah mesin Honda Genio yang kinyis-kinyis. Jujur pengalaman kali ini bagi Elang pribadi terasa lebih berbobot karena sebelum ini tiap launching skutik baru seperti BeAT, Vario maupun PCX belum pernah diadakan sesi workshop beda mesin skutik yang Elang ikuti.

Bedah Mesin Honda Genio 110
Bedah Mesin Honda Genio 110

Nah di kesempatan kali ini dengan Elang coba gali lebih dalam untuk mengenal cara kerja CVT dan mesin Honda Genio khususnya. Jika selama ini hanya tau teori doank (Lorenzo Style) tapi kemarin Elang dibikin terang benderang tentang bagaimana mesin baru dan sistem CVT di Honda Genio. Dari proses demo praktik bongkar blok mesin dan CVT kemarin, Elang jadi melek banyak hal.

Diantaranya kenapa area dalam CVT matic perlu dibersihkan secara berkala, faktor-faktor yang bisa menyebabkan efek gredek di motor matic, cara kerja roller, efek jika menerjang banjir, dll.

Bongkar CVT Honda Genio 110
Bongkar CVT Honda Genio 110

Pokoknya paket komplit deh minggu-minggu kemarin, setelah weekend sebelumnya lalu jajal riding Honda Genio keliling Jakarta, kali ini berlanjut melihat langsung pembuatan rangka ESAF Genio dan bedah mesin baru Genio, pastinya pengetahuan para Blogger soal Honda Genio ini bisa lebih komprehensif.

Berikut adalah foto-foto aktivitas beda mesin Honda Genio yang Elang dokumentasikan, monggo dikomentarin semoga bermanfaat.

Blogger Visit Plant 3 AHM Cikarang
Blogger Visit Plant 3 AHM Cikarang

1 Trackback / Pingback

  1. Rangka patah keropos kena karat di ESAFnya motor matik Honda sudah dari desain, ini 2 solusi pencegahannya | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*