Icip-icip BBM Pertamax Turbo di NJMX (MX Strada)

pertamax turbo

Halo Biker, sejak dirilisnya BBM Pertamax Turbo dari Pertamina pertengahan Agustus kemarin, berbagai review pengguna dari berbagai tipe motor Elang baca sudah mulai banyak nih. Karena itulah Elang cukup penasaran bagaimana BBM ini kalau dicekokin ke motor sendiri, kebetulan MX Strada punya spesifikasi berkompresi tinggi 10,9:1 jadi mestinya cocok.

Ohya sekedar informasi BBM Pertamax Turbo ini memiliki nilai oktan yang cukup tinggi yakni RON 98, lebih tinggi dari Pertamax Plus yang beroktan 95. Dari segi harga lebih mahal sedikit dari Pertamax Plus sebelumnya yakni Rp. 8.700,- per liter. Nah karena beroktan tinggi pesan Elang buat motor-motor lain yang memiliki spek kompresi dibawah 10:1 mending jangan ikut-ikutan latah pakai BBM ini, gak akan cocok dengan karakter mesin yang ujung-ujungnya malah merugikan mesin untuk jangka panjang.

kilometer sebelum pengisian pertamax turbo
kilometer sebelum pengisian pertamax turbo

Memang belum semua SPBU Pertamina menyediakan Pertamax Turbo, nah kebetulan SPBU di dekat rumah daerah Leuwinanggung sudah tersedia, yo wis ketika bensin mulai kosong Elang niatin untuk isi BBM Pertamax Turbo untuk tau sedikit impresinya seperti apa. Coba isi 20rb dapat 2,298 liter cukuplah untuk bahan review minimal 50 km berjalan.

harga pertamax turbo

Setelah dipakai lebih dari 50 km, Elang coba share gimana impresinya,  ohya sehari sebelumnya kebetulan MX Strada baru jadwal ganti oli jadi pas momennya. Secara performa yang terasa bedanya hanya akselerasi terasa lebih enteng, sedangkan pengaruhnya ke top speed belum sempat Elang coba. Begitu juga pengaruhnya ke tingkat keiritan BBM belum sempat dicoba, nanti menyusul di artikel tersendiri aja. Namun untuk kehalusan suara mesin bisa dikatakan halus, impresi halusnya sama dengan Shell V-Power yang pernah dicoba sebelumnya.

riwayat mx strada
50-an kilometer sudah cukup untuk menggambarkan performa Pertamax Turbo ini

Entah kenapa setelah pakai Pertamax Turbo, di MX Strada ada gejala susah dinyalakan mesinnya, kudu dibantu engkol beberapa kali baru hidup, namun begitu kemarin balik lagi isi BBM Pertamax menyalakan mesin mulai normal lagi. Hm..dugaan sementara apa kompresi 10,9:1 masih belum cukup tinggi ya untuk menggunakan RON 98? Maklum RON tinggi biasanya membutuhkan mesin yang dapat  menghasilkan panas awal yang tinggi.

Terus gimana selanjutnya? Diluar perbedaan harga, tetap untuk kedepannya MX Strada balik lagi cukup minum Pertamax RON 92 aja, Pertamax Turbo sebatas icip-icip aja, BBM ini lebih cocok rasanya buat mesin berkompresi lebih tinggi lagi misal > 11,5:1

spbu pertamina leuwinanggung

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*