Beranda Riding Experience Bermotor satu jam sudah capek, mungkin ini penyebabnya..

Bermotor satu jam sudah capek, mungkin ini penyebabnya..

18
Posisi duduk yang salah
posisi duduk bermotor yang salah

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, pernahkah sobat ketika berkendara motor baru 1 jam, namun pinggang sudah merasa pegal, dan (maaf) bokong ikut panas, mata mulai seliwer seperti ngantuk? Akibatnya berkendara menjadi aktivitas yang melelahkan dan hilangnya fokus yang tentu menjadi berbahaya. Nah adakah tipsnya bagaimana agar berkendara dalam durasi lama bisa menjadi lebih nyaman? Simak tips dari Elang berikut.

Ketika mengalami pegal-pegal padahal bermotor baru sejam, boleh jadi ada yang salah dengan riding posture atau posisi berkendara selama ini. Ohya Elang tidak membahas faktor bawaan kesehatan pengendara dalam ulasan artikel ini, karena ada juga pemotor yang posisi berkendaranya sudah benar tapi karena faktor kesehatan atau penyakit bawaan, aktivitas membawa motor menjadi begitu melelahkan walaupun hanya sebentar kurang dari 1 jam.

posisi berkendara yang salah

Intinya tips dari Elang kalau tidak mau cepat pegal bawa motornya, posisi jari-jari dan kaki jangan standby. Kebiasaan jari standby di rem/kopling selain kurang aman juga membuat tegang otot-otot jari, sementara berkendara itu harus dibiasakan relax.

Kemudian posisi kedua tangan juga coba pelan-pelan sedikit dirubah, posisi tangan jangan lurus terus, harus dibiasakan posisi tangan fleksibel, terbuka membentuk siku atau sikap sombong. Ketika melakukan pengereman, ketika mau menikung, ketika melewati jalanan rusak tangan harus dibuka menyiku jangan lurus terus, posisi ini selain memudahkan manuver juga membuat suspensi alami bagi tubuh sehingga badan gak gampang capek.

Posisi duduk juga berpengaruh, posisi yang benar adalah tidak terlalu tegak namun juga tidak membungkuk. Coba atur posisi duduk senyaman mungkin, bobot badan ada di titik (maaf) bokong sobat, patokannya adalah setelah sobat duduk, pastikan kedua tangan bisa memegang setang dengan pola membentuk siku atau huruf V. Kalau belum bisa menyiku, itu indikator posisi duduk sobat masih terlalu ke belakang.

tidur di motor

Yang berikutnya yang gak kalah berpengaruh adalah pandangan kita gimana, kalau selalu terbiasa bawa motornya dengan pandangan dekat atau keseringan nunduk, kebiasaan inilah yang bikin mata cepat pegal. Coba buat pandangan lebih jauh, selain untuk antisipasi potensi-potensi bahaya di depan juga mata akan lebih rileks dan punya keseimbangan cara bermotornya.

Nah dengan tips ringan tadi, setelah dilatih terus sobat akan mulai bisa merasakan kenyamanan bermotor lebih lama 2-3 jam berkendara. Namun tetap jangan lupa istirahat kalau perjalanan jauh, minimal setiap 2 jam sekali istirahat 15 menit biar kondisi tubuh kembali fit sehingga bisa lebih fokus berkendara. Ingat berkendara itu pekerjaan yang beresiko tinggi, dituntut konsenstrasi penuh selama berkendara.

Silahkan dikomentari, semoga bermanfaat 🙂

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Managed by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

18 KOMENTAR

  1. Boleh nyumbang satu poin lagi gak? 🙂
    * Jaga ritme pernafasan dg baik selama berkendara, jangan sampai masker, balaclava atau full face helm yg dikenakan malah mengurangi asupan oksigen yg dibutuhkan oleh otak selama aktifitas berkendara. Bila ada manuver yg memaksa kita utk menahan nafas sesaat, maka segera kompensasikan dg hirupan nafas sesegera mungkin (bila perlu berhenti sesaat utk 3x tarik nafas panjang.

    • bener banget kang, kadang ketika suatu manuver berlebihan adrenalin jadi bekerja, disitu kadang suka lupa nafas/atur nafas 😀

  2. Kadang kondisi motor jg ngaruh pak.. motor yang pernah jatuh biasanya stang nya miring membuat handling motor jadi ngaco. Akibatnya badan, tangan cepet pegal dan capek..!

  3. Selain cara dan posisi berkendara, kondisi motor juga sangat berpengaruh. Misalnya jok notor yang licin, yang membuat rider mrosot-mrosot, pasti bikin capek. Motor yang terlalu getar, juga bikin tangan dan cepat pegel.

  4. Untuk saat ini saya memilih transportasi umum untuk jarak jauh,. karena kebiasaan buruk saya yang suka mampir-mampir kalau pake motor perjalanan malah membutuhkan waktu lebih lama,. riding 1 jam./ berhenti di indo atau alfa bisa 1 jam lebih,. magernya nggak ketulungan,. hahahaha

    BTW,. nice info nih,. sama nambahin sikit,. kondisi motor bisa jadi penentu mudah capeknya saat berkendara,. jadi kalau sering perjalanan jauh alangkah baiknya kita aware sama kendaraan kita,. minimal rutin service dan check kondisi ban dan rem sebelum di gunakan.

  5. yang bikin pegel leher tuh pas jalan pelan-pelan ehh ada janda kempling di sebelah kiri jalan beriringan, otomoatis kepala kan nengok kiri terus, ya pegel lah lama-lama lehernya

  6. Nice info kang. Kalau saya biasanya juga sangat memperhatikan postur riding. Jangan sering dikoreksi supaya gak cepat capek. Pastinya soal kenyamanan juga dari segi motor sangat berpengaruh… Kalau jok keras ya sami mawon😁

  7. Bener, klo dari awal naik motor dengan postur yang pas,,,pantat napak di jok juga nyaman pasti akan terus nyaman sampe tujuan…cuma kadanga klo boncengan rada ribet, bentar2 ganti posisi….pernah sampe biji kembar ini keram hahahahaha…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here