Beranda Safety Riding Bagaimana cara memegang tuas kopling (posisi jari-jari)?

Bagaimana cara memegang tuas kopling (posisi jari-jari)?

11
pic: andarupratomo.blogspot.co.id
pic: andarupratomo.blogspot.co.id

Halo Biker, lanjut kembali sharing seputar artikel safety riding buat menambah khasanah pengetahuan teknik berkendara yang baik. Jika di artikel sebelumnya Elang ulas bagaimana posisi jari-jari tangan kanan sekarang kita beralih ke jari-jari tangan kiri ketika memegang tuas kopling, artikel ini semoga bisa membantu bagi pemula yang sedang ingin belajar motor kopling, seperti apa posisinya?

Sama dengan posisi jari kanan ketika menarik tuas rem depan menggunakan hanya 2 jari (jari tengah dan telunjuk) maka ketika menarik tuas kopling juga adalah sama menggunakan 2 jari (jari tengah dan telunjuk). Mungkin banyak diantara sobat yang masih terbiasa dan nyaman dengan teknik 4 jari full ketika menarik tuas kopling, ini tidak salah namun perlu tahu beberapa alasan kenapa dianjurkan cukup menggunakan 2 jari.

Ketika terbiasa menarik tuas kopling dengan 4 jari full, maka kemampuan tangan kiri untuk mencengkram setang motor menjadi berkurang karena hanya bertumpu dengan 1 jari (jempol). Selain potensi tangan terlepas dari setang cukup besar ketika terjadi pengereman mendadak, juga kemampuan handling motor jadi berkurang akibat pegangan ke setang kurang kuat, pahami kekuatan handling bermotor ada di setang.

pic: warungdohc.com
pic: warungdohc.com

Berbeda jika membiasakan menarik tuas kopling hanya dengan 2 jari, masih tersisa 3 jari yang mencengkram kuat setang motor untuk membantu handling motor lebih sempurna. Memang tidak langsung mudah berpindah kebiasaan dari semula 4 jari ke 2 jari, perlu pembiasaan. Perlu diatur juga ‘jarak main’ tuas kopling agar putaran mesin bisa free hanya dengan menggunakan 2 jari, ideal jarak mainnya adalah 1-2 cm.

Gunakan kopling seperlunya hanya pada saat pindah transmisi, selebihnya lepas dan cengkram setang secara full, jari-jari tidak perlu standby terus di tuas kopling. Cepat ausnya kanvas kopling berawal dari kebiasaan ini, karena kadung standby tak sadar motor melaju dengan setengah kopling karena tidak disadari tuas kopling sering ketekan.

Jika sudah terbiasa menarik tuas rem depan dan menarik tuas kopling dengan 2 jari, lama kelamaan akan ketemu fase dimana merasa klik nyamannya berkendara ada disana.

Semoga bermanfaat.

11 KOMENTAR

  1. Loh gan kl cma neken pke 2 jari, brti tuas kopling gk kepencet full dong krna trhalan ma jari mnis dn telunjuk

    • Jarak main tuas kopling bisa disetel mas, kopling gak perlu sedalam tuas rem jarak mainnya, monggo disetel ulang kalau pake 2 jari kopling belum lepas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here