Beranda Safety Riding Inspeksi Kendaraan (T-CLOCS) – Pengecekan bagian kontrol sepeda motor

Inspeksi Kendaraan (T-CLOCS) – Pengecekan bagian kontrol sepeda motor

0

t-clocs

Halo Biker, kita lanjut seri artikel T-CLOCS kembali, kalau kemarin sudah bahas (T) atau Tire, kini lanjut ke bagian (C) atau Control. Untuk bagian ini sebaiknya dilakukan setiap hari atau seminimalnya 1x dalam seminggu untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

Untuk memudahkan, berikut checklist yang perlu dilakukan agar tidak terlewat.

  • periksa sistem kemudi atau setang, pastikan lurus, dapat berputar bebas, dan pegangan grip cukup aman tidak licin atau kendor.
  • periksa tuas-tuas rem, pastikan gerak mainnya pas untuk pengereman, atur jarak main tuas kopling untuk kenyamanan berkendara
  • periksa pijakan/pedal rem dan persneling, pastikan mudah pengoperasiannya, minyaki as/poros pedal dengan gemuk bila perlu
  • periksa kondisi kabel kopling, kabel throtle gas, kedua kabel ini kalau lagi perjalanan jauh tiba-tiba putus paling repot kalau tidak membawa cadangannya, kalau sudah berumur > 3 tahun lebih baik diganti.
  • periksa selang-selang rem khususnya, pastikan tidak ada kebocoran, tidak tertekuk, pastikan penempatan selang tidak menghalangi gerak main setang, suspensi.
  • periksa throtle gas, pastikan gerak mainnya lancar, bisa diminyaki jika mulai agak berat tarikan throtle.

T-Clocs Control

Sebagai pengguna awam, pemeriksaan di atas sudah cukup baik untuk dilakukan secara rutin. Jika ada hal-hal yang kurang pas namun tidak bisa ditangani sendiri, misalnya kabel kopling putus, bisa bawa ke bengkel atau panggil teman yang terampil untuk melakukannya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here