Beranda Safety Riding Manfaat pandangan jauh kedepan untuk antisipasi kecelakaan bermotor

Manfaat pandangan jauh kedepan untuk antisipasi kecelakaan bermotor

5
pandangan jauh kedepan
Ilustrasi pic from anzontoyota.com

 

Halo Biker, Elang lanjut kembali artikel berseri tentang posisi berkendara dalam tematik defensive riding. Kali ini kita naik mengulas bagaimana sikap pandangan saat berkendara motor. Kalau artikel jari-jari tangan kemarin ternyata cukup bikin ramai pertanyaan dan pendapat di grup FB, nah artikel ini semoga jadi obatnya untuk menjawab beberapa opini kemarin.

Sering terjadi sebuah kecelakaan dimana pengendara motor nabrak angkot yang berhenti tiba-tiba. Dan ada yang lebih tragis lagi hanya gara-gara menghindari lubang pemotor meninggal dilindas truk.

Apakah kecelakaan-kecelakaan tersebut bisa diantisipasi?

Kita saat berkendara pastikan memiliki pandangan jauh kedepan, tidak menunduk kebawah atau terlalu dekat fokus pandangannya. Gampangnya dagu agak diangkat sedikit agar kedua mata tidak ketarik nunduk kebawah.

  • Dengan membiasakan pandangan jauh kedepan, kita memiliki beberapa manfaat antara lain.
    kesempatan untuk melihat dan menganalisa potensi bahaya yang cukup
  • mengurangi terjadinya pengereman mendadak
  • mengurangi resiko panik
  • mengurangi resiko tabrakan depan-depan/adu kambing

Simpelnya jika pengendara terbiasa dengan pandangan jauh kedepan tidak akan pernah lagi ada istilah jatuh karena ada lubang tiba-tiba, lah lubang sudah ada dari kemarin-kemarin. Dan tidak ada lagi terdengar nabrak angkot yang ngerem tiba-tiba.

Mayoritas penyebab kecelakaan pengendara motor adalah gagalnya melakukan pengereman. Ingat pengereman yang benar adalah pengereman yang direncanakan, bukan yang tiba-tiba karena gerak reflek.

Jadi coba mulai sekarang membiasakan untuk memiliki pandangan jauh kedepan bawa motornya untuk antisipasi dari potensi bahaya yang selalu mengintai di jalan raya.

Satu lagi manfaat ketika pengendara memiliki pandangan jauh kedepan, bawa motornya akan lebih mudah seimbang ketimbang pandangan nunduk kebawah, ini sudah ada ilmunya dalam safety riding. Ketika melewati papan keseimbangan tapi pandangan nunduk kebawah, dipastikan kendaraan buyar keluar dari lintasan.

Setuju untuk membiasakan pandangan jauh kedepan? Ini adalah salah satu prilaku antisipasi dalam berkendara, semoga bermanfaat

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

5 KOMENTAR

  1. assalamualaikum mas eyd, saya mendukung dan berterimakasih banyak atas tips2 defensive riding ini, kalau bisa diteruskan.. terus terang saya kesulitan menaklukkan nva saya, saya riding rumah kantor sekitar 40an km sekali jalan, badan dan tangan selalu terasa pegal, setelah mencoba mas tentang posisi tangan dan jari-jari dalam berkendara, motor jadi mudah dikendalikan dan badan bebas pegal.. jazakallahu khoiron dan ditunggu artikel2 selanjutnya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here