Ergonomi posisi handlebar dan footstep MX Strada nyaman buat manuver standing

Jupiter mx standing

Halo Biker bro sis sekalian, motor bebek rata-rata memang memiliki posisi ergonomi yang nyaman bagi pengendaranya karena posisi segitiga yang dibentuk oleh pijakan kaki, (maaf) bokong dan pergelangan tangan yang memegang handle bar cenderung membuat posisi duduk lebih tegak. Dibanding motor sport tentulah beda, posisi ergonomi lebih nunduk karena footstep lebih mundur ke belakang dan handle bar lebih pendek atau sama dengan ketinggian jok.


New Jupiter MX adalah salah satu bebek yang punya ergonomi tegak bin nyaman, sangking nyamannya dibawa riding ratusan kilo tetap gak ada gejala pegal di pinggang atau punggung. Namun bebek tetaplah bebek, ada satu kekurangan yang selalu mengurangi kenyamanan dalam riding jarak jauh, yakni sektor kaki-kaki suspensi yang gak mendukung karena ukuran kecilnya. Kalau melibas jalanan aspal mulus ya bebek it’s oke, tapi coba berhadapan dengan jalanan ancur atau malah jalanan bukan aspal sudah pasti badan dibikin tersiksa oleh bantingan suspensi yang kecil dibandingkan suspensi motor-motor laki.

Tapi dibalik kekurangan itu, kembali ke masalah ergonomi khas bebek tadi, justru kekurangan itu bisa ditutupi dengan kemudahan untuk melakukan manuver ‘standing’ atau berdiri dari posisi duduk ala motor trail. Standing disini bukan jumping maksudnya, perlu digaris bawahi 😀

Nah Elang termasuk rider yang menyukai aksi standing jika menghadapi jalanan rusak berlobang, tanjakan di jalan pedesaan atau jalanan yang dipenuhi puluhan polisi tidur. Intinya tiap ketemu jalanan tidak rata, jalanan rusak yang menyebabkan bantingan keras suspensi Elang akan pilih opsi standing agar mengurangi efek getaran langsung ke badan. Dan enaknya posisi standing berlama-lama di MX Strada tidak bikin tubuh cepat letih, ini karena stang lebih tinggi dari jok dan footstep berada lurus dibawah jok seperti penjelasan ergonomi di awal artikel ini.

Touring-Padang

Last standing pada dasarnya nyaman dilakukan di motor bebek lain atau motor matic karena ergonominya rata-rata sama. Tinggal ridernya apakah doyan dengan manuver standing ala trail ini untuk mengurangi efek vibrasi langsung dari motor yang bisa membuat tubuh cepat lelah mengendarai motor. Tapi nampaknya faktor tinggi badan pengaruh juga sih, Elang dengan profile 165cm cukup klop standing di MX Strada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*