Rantai kendor karena sudah mentok, ini solusinya..

Well, mungkin sebagain bro sis semua sudah pernah mempraktekkan tips ini di motornya. Elang ingin share pengalaman kemarin sewaktu ganti kanvas rem belakang sekalian Elang konsultasi ke mekanik bengkel langganan yang sudah Elang kenal. Elang konsultasi perihal rantai yang sudah kendor banget dikarenakan umur pemakaian yang ditandai dengan mentoknya pengatur rantai hingga ke angka 12,5.

Mekanik pun coba melihat kondisi rantai, dan dari pengamatannya yang memang berpengalaman menurutnya mata-mata rantainya masih bagus, masih layak dipakai sebenarnya. Oo..gitu, terus gimana dunk mas? Bisa tetap dipakai, tinggal potong saja 2 mata rantainya. Oalah semudah itu ternyata. Waktu mekanik bilang mata rantainya masih bagus, Elang langsung berasumsi, inikah efek dari pemakaian chain lube yang rutin Elang lakukan selama ini. Hingga kilometer 52.000,- mata rantai masih dinyatakan layak dan aman untuk dipakai.

 

Ohya untuk memotong mata rantai ini dianjurkan menggunakan gerinda, agar tidak merusak mata rantainya jika menggunakan cara lain yang lebih kasar. Menurut Elang solusi potong mata rantai ini hanya boleh dilakukan dengan syarat mata-mata rantainya masih terlihat bagus, tidak kendor. Kendornya mata rantai ini disebabkan bagian inilah yang langsung bergesekan dengan gear, sehingga perawatan yang tepat untuk memperlama usia mata rantai adalah dengan rajin melumasi dengan chain lube, ingat ya chain lube, bukan dengan oli bekas 😀 Jika kondisi mata rantai sudah tidak layak namun dipaksakan tetap dipotong, khawatirnya apes gak bisa ditebak bro sis, tengah malem rantai putus alamat bikin repot.

Itu aja yang ingin Elang share, yuk mari kita rawat mata rantai motor bro sis, jangan biarkan rantai motor kering kerontang dari pelumas dan sampai berkaratan. Monggo dikomentari.

11 Komentar

  1. om sy dulu juga pake chain lube,cuma kok velg sy jadi kotor dan agak lengket….punya rekomendasi gak jenis chain lube yg tdk mengotori velg (tanpa bermaksud promosi lho)…makasih sblmnya……

    • velgnya jari-jari, memang repot kalau jari-jari kena cipratan oli susah bersihinnya

      velg MX juga suka kotor kalau habis dilumasi rantainya (cipratan) tapi masih gampang bersihinnya pake sabun cuci piring, hari kedua sudah kinclong dan rantai tetep terlumasi.

      • Kebetulan bebek saya velgnya jari2. Setelah disemprot chainlube, selama sekitar 1-2 hari pemakaian, emang selalu nyiprat ke velg (hari ke-3 biasanya udah ngga nyiprat lagi). Solusi saya selama ini yg ngga suka repot2 nyuci velg, itu velg cukup saya seka pake kertas tissue kering. Hasilnya? Velg jadi kinclong lagi. Asalkan selama dipake, motor ngga kehujanan atau lewat jalanan becek. Kalo kehujanan atau kena becek, ya udah, kepaksa harus dicuci…..
        Tissue kering juga bisa dipake buat ngebersihin cipratan chainlube di bagian ujung cover rantai dan cover plat nomer (bagian yg sering kena cipratan chainlube).
        Oiya…..sampe sekarang saya belum nemu chainlube dibawah 50ribu perak yang ngga nyiprat. Semuanya pasti nyiprat…

  2. “Ohya untuk memotong mata rantai ini dianjurkan menggunakan gerinda”
    yg ini beneran…?
    setahu saya motong rantai itu pake alat bantu palu sama paku untuk mengeluarkan as tengah rantai yg kecil itu..
    atau ada cara lain?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*