Piringan Cakram kemakan, masih amankah digunakan?

Well artikel ini Elang tulis karena ingin share dan minta pendapat dari pembaca yang mungkin punya pengalaman terkait berkendara dengan kondisi piringan cakram habis (kemakan). Seperti artikel-artikel terdahulu bahwa NJMX ini kanvas remnya cepat banget habisnya hampir per 9000km pasti ganti. Nah karenanya di penggantian kedua Elang coba ganti dengan kanvas non ori (KW) merk Nissin.

Anehnya kanvas KW kok cenderung awet bisa bertahan lebih dari 15000km, tapi baru Elang ketahui ada harga yang harus dibayar dengan penggunaan part KW ini, Elang baru ngeh tak butuh lama dari pemakaian kanvas KW tersebut, piringan cakram RDB NJMX jadi kemakan, duh ada penyesalan dalam hati 🙁

So sudah 20.000km berlalu Elang berkendara dengan kondisi piringan cakram kemakan namun pengereman dirasa masih pakem-pakem saja. Malah di penggantian kanvas berikutnya Elang tetap kembali pakai kanvas KW yang sama, karena sudah kadung kemakan yo wislah pake part KW saja.

Nah lewat artikel ini Elang mo menanyakan ke bro sis sekalian, adakah sisi resiko atau bahaya dari terus menggunakan piringan cakram yang sudah habis kemakan? Sejauh yang Elang rasakan sih tidak ada gejala berarti dari segi keamanan saat melakukan pengereman. Nyatanya masih pakem-pakem aja, tapi yang pasti penggunaan kanvas jadi relatif lebih boros. Monggo bro sis dishare pengalamannya atau pendapatnya mengenai pertanyaan Elang. Ada rencana sih mo ganti piringan ori tapi mungkin mau coba subsitusi dengan cakram Kawasaki Athlete yang bergelombang, agar menambah kesan sporty.

47 Komentar

  1. Wuih.. Dari gambar terlihat banget bentuk gerusan cakram oleh kampasnya.. IMHO mungkin kalo dibiarkan lama kelamaan cakramnya cepet abis..tapi kampasnya awet kali ya…

      • Itu juga terjadi di kendaraan saya bro…. Lama kelamaan piringan cakram nya semakin tipis kanvasnya jg cpt habis … Blum ada 1bln udah gnti 2x… Gmn bro

    • yang pasti kalo piringan udah tipis alias cekung 2 milimeter,kampas rem terpaksa di gerinda kalo mau masang lagi. Karena ukuran lebar tapak kanvas yang KW dengan ORI tidak sama,bisa saja selisih 1 milimeter.terpaksa di gerinda.pokoknya kalo kampas udah di gerinda,rugi pokoknya.umurnya pemakaian makin pendek,piringan tambah ancur.

  2. selama masih pakem ya hajar aja terus, yg penting kan pakem hehehe…
    tebel cakram kan biasanya 3-3,5mm, nanti kl udah tinggal 1mm baru ganti ^_^

    diameter cakram belakang athlete kan lebih besar dr njmx, harus bikin dudukan kaliper lagi donk?
    plus lobang baut cakramnya emang sama ?

  3. ga terlalu pakem lagi sih,, mungkin kalau cakram belakang ga terlalu kentara bedanya,, soalnya pernah pengalaman piringan cakram depan yg udah tipis,, pengerman jadi kurang pakem

  4. Sebenarnya pakai kampas rem merk apapun tetap akan habis termakan seperti itu. Untuk 20 ribu km mungkin akan seperti itu bentuk cakram yang tersisa apalagi jika pemakaian untuk jarak jauh.

    Sekedar sharing, megapro saya 6-7 tahun tak pernah ganti cakram. Kenapa bisa 7 taun, karena dalam penggunaannya kantor-rumah tak lebih dari 15 km pp. Alhasil perkiraan km paling hanya 40-50 rb. Akhirnya saya lihat (setelah diberitahu mekanik) bahwa piringan cakram depan habis termakan kira-kira +- 1mm dari sisi terluar.

    Sekedar dari gambar foto jika untuk saya sebelum ada rekomendasi dari mekanik saya gak akan ganti dulu.

    • 20.000km maksudnya jarak tempuh yang sudah dilewati sejak piringan cakram kemakan, total kilometer MX Strada sekarang sudah mencapai 42.000km-an 😀

  5. kampas rem KW biasanya bahannya lebih keras asbestosnya efeknya jadi lebi awet, resikonya ya cakram bs kemakan.klo mslh pakem sih pakem2 aja,cos slama ini ane juga pake kampas rem KW, tapi yg bingung KW dgn bungkus yamaha juga

  6. kampas kw klo dilihat ad bubuk/pecahan besi yg warna emas/kuning. Itu yg bikin rem pakem, tp dg resiko cakram’y kemakan. beda am kampas ori cm asbes z, kampas cepet abis, cakram aman. So rajin cek cakram z bro, klo lg ngisi angin ban. Zx ak jg pake kw (hemat cm 15rb) he..

  7. pangalaman ane ganti piringan depan di KM 40rban…..karena sudah kemakan juga, dan memang sebaiknya diganti saja sebab keselamatan lebih penting, toh harga piringan cakram depan ori cuma 180rb (utk honda karisma/supraX125). utk Blk NJPMX mestinya lebih murah kan lebih kecil ukurannya. piringan KW merk nissin buatan thailand malah lebih murah cuma 110rb, kanvas remnya cuma 25rb.

      • yang jelas rem jadi kurang daya cengkramnya selain kanvas rem akan lebih cepat diganti meskipun blm aus benar. ini karena permukaan cakram sudah ga balance/rata lagi dan kadang sudah “ngageol” kalo di velg, jadi saat ngerem kadang pakem kadang ga……

  8. kalo tipisnya segitu sih gak papa,
    aku juga langganan beli kampas KW, sekelas indopart,
    malahan asal tau aja, gue pernah nemuin motor dengan cakram depan yg tinggal sekitar 1mm, bagian yg terkena kampas tipis bgt, tapi bagian pinggirnya doang yg tebal sekitar 3mm, dalam hati gue gak bisa bayangin kalo ngerem motor tsb, takut patah, dah ringkih banget,

  9. Masih aman digunakan,asal saat di rem tidak endut2an karna piringan tidak rata.
    Klo smpe endut2an,lbh baik diganti..

  10. Palingan.. Sewaktu gantikampas baru akan butuh waktu untuk jadi pakem, karena kampas harus menyesuaikan dengan permukaan cakram yang sudah tidak rata lagi. IMHO.

    Btw, aku punya cakram motor yang tengahnya tinggal 1mm saja lho.. bekas lama tapi bikin miris juga kalo dilihat lagi (kok bisa”nya dulu aku ngebut pake cakram tinggal setipis seng?).. mau fotonya?

  11. punya ane juga sama gan,malah piringan depan dan belakangnya yg kena,padahal selalu pake kampas ori punya yamaha,tp sejauh ini sih aman2x saja,masalah pakem atau ngganya,tergantung kampas remnya,klo udh terlalu parah tipisnya,sebaiknya pake yg ori aja,sambil ngumpulin duit buat beli piringan yg baru lagi,saolnya kmrn nanya harga piringan yg ori di beres yamaha,ampun…,mahal banget depannya aja dia minta 225rb,yang belakang kena 250rb..(indend seminggu)

  12. soal resiko ga ada koq om Elang selama piringannya ga bengkok, justru yg harus jd perhatian adalah pada permukaan yg termakan apakah rata atau kasar dgn alur sprti permukaan jalan beton, klo rata brarti ga masalah, tp klo kasar sprti yg owe blng td maka efektifitas pengereman akan berkurang krna gesekan antara piringan dan kampas tidak menyeluruh….
    apalagi pd saat kondisi hujan akan tambah tidak pakem…
    jk seperti itu ganti aja piringan nya dgn yg baru, ga mahal koq kisaran 150-200 rb

  13. piringan menipis wajar koq om, tromol pun jg bgtu cm ga kliatan aja….
    walau pakai kmpas ori tetap akan termakan y karna saling gesek, part mesin bagian dalam aja bs aus padahal terlumasi oli apalagi ini di bagian luar….
    namun yg kw lebih cepat menipiskan piringan dr yg ori karna yg kw komposisinya lbh keras dan padat, tp keuntungannya kampas ga cepat tipis
    soal kampas kw atau ori beda di bahan dan jg daya tahan namun tingkat kepakeman nya jg beda, teknis nya sih owe ga ngerti tp berdasarkan pengalaman yg ori lbh pakem namun cepat habis karna komposisinya lebih lunak dr yg kw, gambaran nya kayak ban motor aja om, semakin lunak komposisi karetnya maka akan semakin gigit ke aspal tp semakin keras komposisinya maka grip nya semakin lemah tp daya tahannya lama…. tp harga lebih mahal yg lunak / soft, coba cek harga ban bridgestone yg lunak dan yg keras mahal mana….
    kira2 bgtu om

  14. Originally Posted By Elangno problemo 🙂 btw kalau yang ori Elang lihat harganya lumayan 220rb

    klo om Elang lg ada waktu luang main ke jl. kebun jeruk 3 daerah kota (persis di jl. raya hayam wuruk jakpus) bkn kebun jeruk RCTI yah….
    disitu ada toko spare part resmi yamaha namanya Ramayana, owe klo beli kampas rem vixion disitu cm 75rb tp itu 9 bln yg lalu blm tau klo skrng, pernah tanya ke ymaha daerah matraman kbtulan rmh dket situ kena 85rb, trs beli shock jupiter z di ramayana kena 195rb taun 2009, nah di yamaha cipinang kena 220rb, trus aki jupiter z di Ramayana kena 95rb tp yamaha otista kena 110rb…
    mksud owe semakin ke pinggir jakarta semakin mahal om, setidaknya pengalaman ane begitu adanya, masih bnyak lg yg mo owe share tp cape ngetiknya nihhh…. hehe.. via hp sih….

  15. Originally Posted By Elangsiip, makasih banget mas buat sharing infonya, coba nanti Elang liat-liat kesana (compare harga)

    lg ah gpp kan…

    klo mo yg lbh murah lg, silahkan cari toko yg namanya CINENG MOTOR atau nama resminya HARAPAN MOTOR cm beda beberapa toko aja letaknya dr RAMAYANA, disitu bisa lbh murah dr Ramayana, walau bukan toko resmi yamaha tp sepengalaman owe barang nya ori, owe bukan pedagangnya koq, cm kebetulan konsumen yg butuh spare part ori yg murah tp ga murahan…
    kebetulan owe jg nyemplak NJMX selain vixion om, jd seneng aja ada ketemu neter yg sama pake NJMX jg….

  16. mohon infonya om..
    maaf kalo ane mengulang..
    kmren veli paket kaliper plus breket jupiter mx yg new, yg mau ane pasang di vixion, untuk breket kaliper gimana nyantolnya ya? dudukan baut kan diatas arm tuh.. apa di bor?
    thanx

  17. Originally Posted By Elangkalau sudah beli braket NJMX sekalian, ya jalan satu-satunya arm bagian atas Vixion di bor sedikit buat dudukan baut breket.

    @Elang

    Originally Posted By Elangkalau sudah beli braket NJMX sekalian, ya jalan satu-satunya arm bagian atas Vixion di bor sedikit buat dudukan baut breket.

    kira kira resiko g bro buat keamanan aremnya?
    bagusnya di baut satu ataw dua bro? kan lebar tuh dudukan pas di tpt baut..

  18. rem cakram motor saya selalu menggit , walaupun udah ditukar kamvasnya nggak juga berubah, alternatif apa yang harus saya lakukan, mohon komentnya

    • Mncoba ksh solusi bro..
      1.coba dicek bagian sliding/mounting body kaliper ke shockbreaker,yg ada seal/bungkus karetnya.bisanya pin nya dah karatan.mgk krn bngkus karetnya robek,trus air msk.ganti karetnya dan beri sdkit grease secukupnya stlh ganti karet.
      2.cek juga bagian piston dan seal piston.biasanya piston kotor shg bikin seret.klo seal bisa juga krn sdk keras,shg tdk fleksibel lagi,shg bikin seret.
      semoga membantu bro..

  19. bbuuuusssssssssssssetttttttttttt dah… ganti aja bos, ga seberapa koq,, yang penting bekendara aman dan lancar… duit bisa di cari<< nyawa mao dicari dimana 😀 😀 😀

  20. punya ane bru aja 2 bln pake ko udh d ganti lagi yaa??
    kanvas rem belakang boros nya minta ampuuuun daahhh..
    piringan udah mulai menipis,, yaa skrng pake yg KW ko awet nya pake banget yaaah,,, 😀

  21. njmx gue juga sama masa baru satu tahun beli dah ganti kanpas 3x. sekarang gue pake kw. lumayan rada awet. motor gue skrang dah 16bulan umunya. cakram dah tipis banget

  22. benr mas.. saya jga make pnya kanvas supra 125 yg DD itu awet bisa sampe 1 tahun mas.. cuma kendala disk belakang menipis bagian tengah doang yg menipis pula.. pinggir masih awet mas.. klo mo beli piringan http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/ygp/part-catalogue/ namanya rear brake caliper distu lengkap part mulai dari kepala babi dan disk nya mas.. klo beli biar gk di kibulin pedagang bawa kertas yg sdah dicari dri web.. krna part mx model ojmx dgn njmx jelas brbeda yg beda dri code partnya

  23. pengalaman yg sama, pake kanvas kw cuma 10/15rb, sampe sekarang 1 tahun lebih masih tebel, cuma piringannya menipis :D, biasanya pakai yg ori dgn harga 80rb+ iseng nyobain beli yg kw hasilnya piringan menipis, kepalang tipis biarin aja pakai kanvas kw soalnya masih tebel hehehehe… ntar nunggu habis aja baru pake yg ori lg 😀

  24. wah gawat sekali kalau benar benar patah dijalan dengan kecepatantinggi,, bisa” langsung masuk ke alam lain.. mending diganti aja deh. keamanan dan kenyamanan sangat penting gais 🙂

  25. Pengalaman pribadi saya, di kecepatan 90 kpj keatas rem nggk pakem, bahaya juga. Cakram mudah panas padahal tidak ada pengereman. Bahaya lain, takut aja cakramnya koyak. Sebaiknya ganti bro.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*