Catatan 5 bulan pemakaian New Jupiter MX

Tak terasa tunggangan New Jupiter MX (si ijo) sudah memasuki usia ke lima bulan. Dari pemakaian baru hingga sekarang alhamdulillah belum menemukan masalah.

Kilometer di spidometer sudah menunjukkan 8900an-km, boleh dibilang termasuk pencapaian jarak tempuh yang cepat dalam waktu 5 bulan. Jika mau dihitung-hitung untuk ukuran motor harian, jarak dari rumah -> kantor PP 40km + 10km buat jalan-jalan sekeliling lingkungan rumah. Jadi sehari rata-rata 50km, dikalikan 30 hari dapet 1500km per bulannya.

1500km dikali 5 bulan berarti sama dengan 7500km, wah sudah kelewat 1500km sendiri, dipake kemana tuh, kemana lagi kalau bukan dipake buat touring luar kota beberapa waktu yang lalu 🙂

Bagi EYD, perawatan MX di 5 bulan ini tergolong murah, 3x service masih gratis, masih ada 1 kupon service gratis lagi yang belum dipakai, akan masuk service kembali di kilometer 10rb nanti. Ganti oli pertama gratis, ganti oli setiap 1500km sekali atau setara 1 bulan menggunakan Yamalube Sport seharga Rp. 35rb. Service selama ini selalu bersamaan tepat pada saat memasuki waktu 2 bulan.

Konsumsi bensin sendiri jujur EYD gak merasakan perbedaan signifikan antara penggunaan Pertamax dengan Premium, jadi dari awal motor kesayangan EYD ini minumnya Premium 😀 Lumayan iritlah 1 liter bisa 40-45km tergantung cara riding.

Bagaimana dengan performa dan riding style tunggangannya selama ini. Untuk performa, MX EYD belum pernah digeber di atas 100kph, bukan karena gak sanggup, tapi karena sudah jadi komitmen EYD di awal pengen bikin motor ini awet dan tetep halus sampai 5 tahun ke depan. Kembali ke performa, menurut EYD untuk tarikan New Jupiter MX ini agak berbeda dengan Jupiter MX yang lama yang pernah EYD punya sebelumnya. Boleh dibilang nafas setiap giginya pendek-pendek. Tapi untuk top speed EYD yakin mampu mencapai maks. 120kph, karena di kecepatan 100kph sisa gas masih banyak.

Sebagai perbandingan MX yang lama, gigi 1, 2 terlebih gigi 3 itu nafasnya panjang banget, di MX ini gigi 1, 2, 3 terasa pendek nafasnya. Tapi begitu masuk gigi 4 dan 5 nafasnya agak panjang. Kebiasaan EYD dalam mengoper gigi di MX yang baru ini bisa diliat di bawah

Gigi 1 maks 20kph
Gigi 2 maks 40kph
Gigi 3 maks 50kph
Gigi 4 maks 60kph

Nah gigi 5 maks. 80kph, kalau lagi pengen ngebut paling ngembangin sampai 100kph. Overall, EYD cukup puas dengan fitur, ergonomi, dan model New Jupiter MX yang sekarang. Sepertinya EYD sudah menemukan esensial kepuasan berkendara sepeda motor dengan MX ini, ternyata tidak perlu kencang, yang penting body rigit, kaya fitur, mesin kuat dan ergonomi cukup nyaman untuk dibuat perjalanan jauh.

Demikian kira-kira review singkat MX EYD yang baru dipakai 5 bulan ini, nanti di usia ke 1 tahun, EYD coba buatkan lagi artikel review lainnya seputar spare part apa saja yang sudah diganti. Untuk sekarang alhamdulillah semua komponen masih OK punya, belum ada spare part yang bermasalah dan diganti.

Semoga berguna.

57 Komentar

  1. lam kenal mzbro, memang njmx lebih keliatan wah bila dibanding mx sebelumnya. dan semestinya ymki kudu membuat gebrakan buat bebek lowend nya…. 🙂

    • salam kenal juga bro wahyu
      iya bebek lowendnya memang perlu inovasi baru, fitur-fitur standar seperti SKS, bagasi luas itu mestinya dibenamkan

  2. Coba bro pakai oli motul 5100 n pertamax+..
    Gigi 1 = 30km/h
    Gigi 2 = 50km/h
    Gigi 3 = 70km/h
    Gigi 4 = 105km/h
    Gigi 5 = belum berani max..

    Di saya 1 liter Pertamax+ malah bis nempuh rata2 65 – 68 km

    Note: cari setingan yg pas jg..

  3. klo lu pke yamalube bbm pertamax..
    gigi1=45kpj
    gigi2=62kpj
    gigi3=80kpj
    gigi4=102kpj
    gigi5=125-130kpj..buat gigi 5 tergantung bonot gua si pernah 133kpj wktu ngasepin cs1

  4. Padahal servis rutin, lho, mesin sih emang alus, tapi klo dah 80 kpj, mulai dah ngabret… jauh kalo ama mx.. saya dulu pake mx (2008) tarikan enteng, lari 100 nggak terasa…, sayang dipinjam orang nggak bilang2….

  5. wah dl saya jg hampir beli ni motor, suka ma bentuknya, tp sm bini ga boleh akhirnya ambil vixion,,
    olinya kasi shell ax7 aja bro, cm 47rb.. tarikan enteng, suara mesin alus, perpindahan kopling jg lbih alus..

    • beuh..istri mas bro seleranya motor batangan ya, salute..memang ada rencana ganti oli abis jatah service gratis abis besok, sedang pilih-pilih oli bagus yang terjangkau (< 50rb)

  6. Dulu kan giginya cuma 4, sekarang mesti dibagi 5 🙂

    Kayaknya lebih praktis pakai model semi otomatik (non kopling) dengan gigi 4, lebih terasa ‘bebek’-nya… kekeke…saya RDB-nya juga ikut kesunat

  7. @red MX
    Sadis.. Ente tega bgt ma NJMX nya.. Walau masih bisa naek lagi, tapi gak tega denger jeritan nya..hehe

    Pernah adu drag ma shogun SP 125 baru dilampu merah, stelah lampu ijo sama2 gas..
    Shogun maju duluan ban depan dia smp ngangkat2, masuk gigi dua MX ane dah sejajar.. Full bejeg gas dah.. Gigi empat, dia dah ada di spion tapi ban depan nya masih ngangkat2 (heran enteng bgt kali shogun ya?)
    Gigi lima, jauuuh dah dia..

    Di lampu merah berikut nya tak tungguin, eh doi gak mao jejeran lagi ma MX ane, wkwkwk..

  8. gw juga pke mx 2011, tp yang auto clucth..
    pgen nanya, ada gejala ngelitik ga selama pake premium..? secara kompresinya tinggi….

    • gejala nggelitik belum ane temukan bro selama 7 bulan pemakaian ini kl pake premium. menurut ane insinyur jepang yang merancang MX cukup pinter bikin mesin New MX ramah ama premium

      • yups bener bgt gan. walaupun MX kompresi ditulis 1:10,9 , tpi aslinya kagak sampe segitu kok. ane pernah konsul sama salah satu mekanik BeRes, katanya MX pake premium masih aman kok. Buktinya MX yang udah 5 tahun minumnya premium terus sampe sekarang gak apa2, belum servis besar , dan ane pun sukanya di atas 100kmh terus. 🙂

        Salam MX rider!

  9. Aq baru beli new Jupi MX ahir agutus kemaren yang autocluth.isi bensin premium 2 kali full tank, lalu yang ketiga campur 1:1 premium sama pertamax plus. Anehnya kok setelah aq campur Pertamax Plus sama Preimum kok tarikannya gak sehebat wakti isi premium aja yah?
    Ada yang tau sebabnya apa pengalaman yang sama

    • apa yang dirasakan mas bro ternyata hampir sama dengan feeling New MX ane, sejak merasa gak ada perbedaan signifikan tarikan antara Pertamax ma Premium, sekarang MX ane kasih minum Premium terus, dan karakter mesin ane gak tau kenapa lebih jos pake premium ketimbang Pertamax

    • menurut pengalaman temen ane, MX kalo diisi oktan yang lebih tinggi (Pertamax Cs) , akselerasinya emang rada turun, tapi untuk top speed lebih nendang, tenaga gak gampang drop gan. 🙂
      tapi ya itu harganya sekarang makin mahal aja.

  10. Wah sama kah maz EYD, padahal kompresinya New Jupe MX kan tinggi banget yah 10.9:1, malah kudunya pake Bensin dg RON 95.
    Btw share pengalaman donk pemakain Oli, tetep pakai Yamalube apa yang lain, Aq ada rencana mau pake Enduro Racing kalo gak Shell VSK.

    • ada rencana ganti oli yang lebih lama masa penggantiannya (tiap 3000km) ini juga sama masih cari-cari informasi oli bagus buat MX, sementara masih tetap setia dengan Yamalube Sport yang baru dari Yamaha, ganti tiap 1500km aka sama dengan pemakaian sebulan.

    • kemarin iseng bandingin suara MX baru temen kantor, sekilas grengannya udh beda, punya ane terasa lebih berat, kalah garing suaranya ma MX yang baru, pastinya wajarlah beda pemakaian sudah 7 bulan berjalan gak akan sama ama yang baru. tapi beranalisa sekilas, apa ini karena minum premium terus? romannya akan coba mulai beralih ke pertamax terus + ganti oli yang bagusan.

  11. sy jg pemakai NJMX mas,baru 1 mingguan,sebelumnya selama bertahun2 pakai HSX125,memang power NJMX lbh yahud dibanding HSX125,tp sy rasakan suara mesin NJMX lbh kasar,terutama kalo agak kencang dikit,sepertinya ada bunyi ‘krotok-krotok’ dibagian silinder,wkt sy tnyakan ke mekanik yamaha,ktnya kalo silinder diacyl memang begitu,semua MX begitu ktanya,apa pnya mas EYD jg begitu?

    • saya rasa itu ciri khas suara MX yang berklep 4V, NJMX ane masih rasakan suaranya masih batas toleransi kalo gak mo dibilang kasar, overall asal bisa main pindah giginya halus di RPM yang tidak terlalu tinggi, suara motor akan tetep awet halusnya

  12. MX ane pake yamalube sport(Ganti tiap 500km),BBM premium:
    gigi1=40kpj
    gigi2=60kpj
    gigi3=80kpj
    gigi4=105kpj
    gigi5=125kpj
    sering ngasepin dengan RX king (standar )dan Tiger 2000 (tergantung mood)

  13. MX new 2011 ane BBM Premium
    gigi1=50
    gigi2=75
    gigi3=95
    gigi4=110
    gigi5=….?

    itu ane geber nya pas niat pula, juga pas di jalan lintas…

  14. Aku pernah coba malah yang gak koplingan, Gak tahu jalan berapa. Masa rayon, 1=40 kpj, 2=60-70 kpj, 3=90-99 kpj, 4=Sekitar 130-140 kpj, ampe bodynya naik sekitar 3 cm. maklum jalanan sepi. Tahu iklannya di komeng? yah sampe mirip itu dah. Cuman seremnya, ternyata MX 2011 pake turbo charge, makanya double cakram. Turbo baru nyala di kecepatan diatas 90 an. Ngeri deh kalo gak double cakram.

  15. MX ane tahun 2008 oli enduro bensin shell kadang campur premium,,
    1= 45
    2= 80
    3= baru ngetes 100 jalanan pada macet..,haha
    4= belum nyoba

  16. Bismillah..cuma ingin bagi2 pengalaman nich..saya pake oli lubricant dari tianshi..untuk pemakaian jarak tempuh bisa tembus sampe 10 rb KM.tapi saya pake cm sampe jarak 5 rb aja.tp kualitas oli ini terbilang bagus, untuk pemakaian bensin cukup irit dan mesin terlindungi karena oli ini menerapkan teknologi nano dan pernah dites dengan oli yang bermerk dan hasilnya oli ini lebih bagus terhadap tingkat gesekan..apa lagi new jupiter mx pakai forged piston dan diasyl cilinder, mudah2an tambah bagus lagi mesinnya

  17. Salam. Saya kebetulan baru beli NJMXx 2012. Mas saya mau tanya pas masa inreyen tips yang baik biar si NJMX beretenaga dan bagus untuk kedepannya bagaimana.. terus perpindahan gigi yang baik dalam hitungan km/h gimana? Trims

    • sampai 500km bawanya linier aja maks. 80kpj dengan pola pengoperasian gigi

      Gigi 1 > maks 20kpj
      Gigi 2 > maks. 40kpj
      Gigi 3 > maks. 50 kpj
      Gigi 4 > maks. 60 kpj
      Gigi 5 > maks. 80kpj

      setelah service pertama aka 500km bolehlah digeber NJMXnya hingga 100kpj, gak usah lebih kalau MX mau tetep alus like MX Strada EYD hingga sekarang 😀

  18. Maklum mas saya dulu bawanya matic trus jd agak awam..he. Oh makasih bgt infonya mas..sangat membantu bgt…berarti harus sabar dulu ya…Untungnya saya ga pernah bawa lari sampai 100 untk saat ini..tp tetap mantap lah NJMX….

  19. giliran ane nih yg mau tanya …. Heheee
    ane mau ganti ban NJMX yg belakang brapa ya ukuran yg paling besar ?
    sama ban depan brapa juga ya ukurannya ?

  20. MX gue th 2011 baru 19 bln kilometer 17rb-an,pake premium,langsam,kopling,handle gas sering disetel sendiri karena awalnya ga enak,ga kuat naik gunung,minta setel di BeRes tetap aja,jd setel sendiri. Dah beberapa lama ini muncul suara nglitik dan baru-baru ini ada suara klotok dari mesin,kenapa ya? Klo dibwa kebengkel brp biayanya? Thx

  21. motor ane New Jupiter MX Standar minumnya Premium
    Gigi 1 = 48 km/j
    Gigi 2 = 80 km/j
    Gigi 3 = 103 km/j
    Gigi 4 = 120 km/j
    Gigi 5 = hampir 135 km/j

    hanya share aja, bukan maksud pamer >.<
    mau tanya donk, cara naikin kompresi NJMX gimana ya?
    ane mau kompresi motor ane jadi 13,0:1
    kira2 bisa ga ya?

  22. @I2fan@red mx
    shogun nr ku
    gigi 1 : 50km/h
    gigi 2 : 82km/h
    gigi 3 : 110km/h
    gigi 4 : 132km/h
    padahal berat aku 95kg. trmasuk gendut 😀
    shogun nr ku minum nya bensin, blum pertamax plus..
    😀 Mantep gan.. (y) kencangg..

  23. Sengaja saya mampir ke postingan lama di blog mu mas. Tujuannya mau nyari referensi buat nulis tentang pengalaman pemakaian Si Putih Beat 2018 saya.
    Sementara ini tulisan saya tentang si
    putih masih tampak acak-acakan nih masih perlu dirapikan lagi kayaknya. Seperti yang tampak disini ?https://dekaFirhansyah94.blogspot.com/search?q=Si+Putih&max-results=7&m=1
    .
    Oh ya, 2011 saya masih SMA kelas 2 loh. Tunggangan kesayangan ke sekolah berdua sama saudara saya dulu Yamaha F1ZR 2002. Tuh motor bisa dibilang Embahnya Jupiter MX kayaknya. Benar-benar motor yang berkarakter. Sayangnya tuh motor dijual tanpa kasih tau kita?.

      • Bikin catatan kayak ginian kesannya emang alay. Apalagi duh kalau di bengkel pas kita foto-foto dan videoin kayak gimana gitu ya kitanya jadi malu-malu sama ada lirikan mekanik karyawan lain kayak risih. Padahal kan Emang lebih Juozz kalau di catat , difoto dan divideokan ?.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*