Berapa Durasi Tepat Buat Manasin Mesin Motor Injeksi? Ini Jawabannya!

Tips Durasi Memanaskan Mesin
Tips Durasi Memanaskan Mesin

ElangJalanan.NET – Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memanaskan mesin motor injeksi sebelum digunakan? 10 menit, 15 menit, atau justru tidak perlu dipanaskan? Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi memberi jawabannya.

Wahyu Budhi tak menampik anggapan sebagian orang yang menilai bahwa memanaskan mesin motor injeksi tidak boleh terlalu lama. Alasan mereka bisa bikin mesin motor lebih cepat rusak. Padahal, kata Wahyu Budhi, memanaskan mesin motor injeksi setelah lama tidak digunakan punya manfaat tersendiri, yakni membuat oli mesin bersirkulasi sebelum motor digunakan.

Jangan digeber

Jadi sebenarnya, Wahyu Budhi melanjutkan, memanaskan mesin motor terlalu lama tidak akan merusak mesin motor. “Asalkan, saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber,” ia menekankan.

Dengan kata lain, tidak perlu memainkan gas atau menggeber motor saat mesinnya dipanaskan.

Tips Durasi Memanaskan Mesin

Maksimal 5 menit

Lantas, berapa durasi yang ideal untuk memanaskan mesin motor injeksi? Wahyu Budhi menyarankan, saat memanaskan mesin motor injeksi jangan terlalu lama. “Cukup satu sampai lima menit,” tegasnya.

“Jika terlalu lama dipanaskan, bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia,” tambahnya. Tak kalah penting, untuk menjaga kondisi motor Honda tetap prima, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor Honda bisa bekerja secara optimal.

Konsumen setia motor Honda juga bisa manfaatkan layanan booking service untuk menjadwalkan servis motor Honda miliknya melalui Aplikasi Wahana Honda (Wanda).

POPULER

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*