Beranda Review Review Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150, Boros Bener!

Review Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150, Boros Bener!

5
Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150
Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150

ElangJalanan.NET – Bismillah, halo sobat biker di ulasan kali ini Elang ingin berbagi review soal part kanvas rem di Honda ADV150.

Seperti sobat ketahui, Honda ADV150 tersedia dua versi untuk sistem pengeremannya, tipe ABS dan tipe CBS. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk ABS memberikan tingkat safety lebih tinggi mencegah roda depan terkunci saat terjadi panik braking. Walau hanya roda depan namun sudah cukup efektif sistem ABS di ADV ini.

Sementara di tipe rem CBS (Combi Brake System) menawarkan kemudahan pengereman roda depan dan belakang hanya dengan menekan tuas rem belakang saja.

Nah kebetulan Linea ADV milik Elang adalah tipe CBS, kanvas rem depan varian ini memiliki 3 piston, berbeda dengan varian ABS yang hanya terdiri dari 2 piston.

Kalau soal pakem, pengereman di Honda ADV150 termasuk pakem. Namun sayangnya usia pakai kanvas rem depan tergolong boros banget.

Dari catatan Elang di Linea ADV, kanvas rem depan (tipe CBS) mulai menipis habis di jarak 8000 km. Kudu cepat-cepat diganti dengan kanvas baru.

Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150
Kanvas rem habis 8000-9000 km

Jangan sampai lewat dari 9000 km atau piringan cakram siap-siap kemakan kanvas. Dan ini terjadi di Linea, Elang baru ngeh setelah lewat 9000 km ternyata kanvas rem sudah memakan piringan cakram.

Kanvas rem depan tipe CBS beli di AHASS harganya lumayan 125 ribu plus ongkos pasang 50rb total 175 ribu 😀

Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150
Piringan cakram mulai kemakan

Karena dipakai untuk operasional jasa kurir, 8000 km di Linea ADV cepet banget bisa tercapai hanya dalam 2-3 bulan sob. Elang mulai kepikiran untuk cari kanvas rem aftermarket yang lebih awet usia pakainya, minimal awet sampai 12 ribu kilometer.

Adakah sobat biker yang punya referensi kanvas rem bagus untuk ADV/PCX tipe CBS?

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

5 KOMENTAR

  1. Mungkin boleh di coba kampas rem merek Elig mas … Pengalaman saya, pertama kali pake kampas rem ini, dari awal rem langsung pakem tanpa ada penyesuaian (tidak seperti kampas Ori) tapi pakem_nya cenderung enak dalam arti … kalaw dulu pake kampas rem ori .. dia langsung STOP pakem kalaw kita rem … sedangkan Elig, Pakem juga cuma Lebih Smooth & Empuk berhenti_nya. FYI= Saya termasuk pemakai barang Ori pabrik dari dulu, karena saya berfikir, biar aman aja ngga ada kendala ke depan_nya, karena part ori udah pasti presisi “Plek” di motor kita, .. Tapi begitu nyoba merek Elig ini …. kok lebih enak yah … dengan harga sedikit lebih murah dikit dari ori, cuma feel_nya lebih OK dan lembut di tangan. Dan yang saya baca, butiran2 kampas ini juga sedikit demi sedikit “menambal” rongga2 kecil alus di cakram kita seiring jalan_nya motor (ini mesti di teliti juga sih seiring waktu, benerkah begitu?). …. nb= pas ganti ini saya pake Elig yang standar (hijau) & bersihin kaliper rem dan ganti minyak rem juga yang memang udah kotor. Motor saya ninja 2 tak, so far sih so good mas … =)

  2. kalau bend*x oke gak ya? Kampas rem matic yg dpan mmg lbih boros ya daripada motor batangan/bebek

    pengalaman naik bebek dan batangan kampas rem kyny tbel2 trus aja, matic baru 8rb km trnyata ud habis total..
    skrg pakai bend*x ud 12rb km kyny ms aman

  3. New Vixion 2014 kalau pakai part original juga cuma bertahan 7000~8000 km kampas rem depan, pabrikan mulai mengurangi durabilitas part fast moving , semakin cepat ganti nya

  4. coba merek aspira mas, jelas jauh lebih murah…
    saya coba aspira di NJMX 2011 saya lumayan awet krn mmg tebel daging kanvasnya. juga aman di piringan cakramnya, klo pakai ori YGP mmg pakem joss, tp gerus cakramnya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here