AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta lewat Pelatihan Safety Riding

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, sebagai komunitas yang baru terbentuk dari kesamaan visi misi pengguna sepeda motor Honda ADV 150, HAI Jakarta langsung digandeng Asosiasi Honda Jakarta  (AHJ) untuk mendapatkan pembekalan keselamatan berkendara.

AHJ bersama tim promosi Safety Riding Wahana pun menggelar acara pelatihan safety riding bagi HAI Jakarta bertempat di safety riding center Wahana Jatake.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta

Elang notabene sebagai Blogger yang juga sering mendapatkan pelatihan di fasilitas safety riding center Wahana ini tetap antusias dengan kegiatan ini. Bersama rekan-rekan HAI Jakarta menyimak materi yang disampaikan oleh Pak Sis soal kesadaran #Cari_Aman dalam berkendara dan di jalan raya.

Pak Sis yang sudah mengajar safety riding selama 24 tahun di Wahana memaparkan hal seputar faktor-faktor penyebab kecelakaan, fatalitas disebabkan kecelakaan, teknik pengereman dan pentingnya penggunaan safety gear yang mumpuni.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
Pak Siswanto, Instruktur SR Wahana

Sesi teori kelar, jam 10 peserta digelandang ke area praktek safety riding Wahana, kali ini Instruktur Agus Sani yang mengajarkan dan mendemokan sesi praktek.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
Pelatihan SR HAI Jakarta

Sebelum mulai seperti biasa peserta melakukan pemanasan dulu (stretching) dilanjut dengan pemaparan pengecekan kendaraan sebelum jalan.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
Agus Sani, Instruktur SR Wahana

Lanjut ke sesi pertama praktek adalah sesi pengereman, mas Agus Sani mendemokan 3 kali praktik pengereman dimana ditunjukkan bagaimana jarak pengereman jika hanya menggunakan rem belakang saja, bagaimana jika menggunakan rem depan saja. Dan yang tepat adalah penggunaan rem depan belakang secara bersamaan hingga menghasilkan jarak pengereman yang optimal.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
Si Linea ikut pelatihan Safety Riding

Sesi selanjutnya kita diajak modul slalom dan cornering figure 8, dilanjutkan dengan mencoba modul keseimbangan narrow plank di bagian ujung sirkuit. Peserta dibagi 2 kelompok, sebagian di modul lainnya yakni mencoba Low Speed Balance yang tergolong baru 2 tahun terakhir ini.

Jujur bagi Elang yang menantang adalah mempraktikan keseimbangan di low speed balance ini sob, karena selain terhitung baru, Elang juga jarang latihan di modul ini. Benar aja setelah dicoba berkali-kali di spot tikungan akhir Elang masih gagal ban menabrak cone 😀

Karena penasaran Elang minta mas Agus Sani demokan pakai si Linea karena feel yang Elang rasakan spot di bagian akhir kok agak lebih sempit dari 2 spot awal.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
Demo modul Low Speed Balance

Wkwkwk..begitu dicoba mas Sani, si Linea sukses aja tuk dipakai meliuk-liuk cantik melewati berbagai tikungan sempit tanpa menyentuh cone. Emang butuh jam terbang ini sob.

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta

Last di sesi penutupan acara, mas Agung sebagai perwakilan dari AHJ mengajak untuk perwakilan komunitas HAI Jakarta ada yang ikut ke kompetisi antar komunitas yang rencananya akan diadakan di bulan Februari besok.

Setiap tahun dalam kompetisi safety riding Honda, memang kelas komunitas gak pernah absen sob. AHJ setelah menyaring juara di tingkat regional Jakarta Tangerang, akan membawa 2 juara perwakilan komunitas ke level nasional. Hadiah ikut kompetisi ini gak tanggung-tanggung sob, 1 unit sepeda motor bagi juara 1.

Thx Wahana Honda dan AHJ sudah mengundang Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta untuk pembekalan safety riding ini. Semoga kesadaran anggota yang ikut bisa terbuka dan bisa menularkan ke yang lainnya. Dan semoga ada perwakilan dari HAI Jakarta nanti yang bisa ikut kompetisi safety riding antar komunitas.

Born to be Advance

AHJ Ajak Cari Aman Komunitas HAI Jakarta
Honda ADV Indonesia chapter Jakarta

23 Komentar

  1. keren nih latihan tes dan lomba kayak gini
    sangat bermanfaat, untuk kebanyakan rider dan jalan di Indonesia yang rusak, banyak lobang2
    btw ada latihan kejeblos lubang nggak ndrik ?

  2. joss… bagi mereka yang belum ikut pelatihan gini pasti banyak yang beranggapan bahwa cara ridingbya dah bener… eh mbasan sudah ikut, baru tahu banyak yang salah kaprah…. pengalaman peribadi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*