Review Helm Yamaha Fighter, helm beraura fighter yang fashionable

Review Helm Yamaha Fighter

Halo Biker, pabrikan Yamaha memang terkenal paling inovatif dalam menyediakan apparel resmi khususnya untuk helmet. Biker Yamaha gak perlu pusing mencari-cari helm lain karena Yamaha sendiri menyediakan berbagai pilihan helm keren yang terbilang lengkap, istilahnya mau apa aja lo mau gue ada. Nah baru-baru ini Yamaha mengeluarkan kembali deretan helm-helm inovatif dengan tema yang sama sekali unik, salah satunya yang terbaru adalah helm modular semi full face Yamaha Fighter.

Dan kali ini Elang berkesempatan mencoba helm Yamaha Fighter berwarna silver, Yamaha sendiri merilis Yamaha Fighter dalam dua warna yakni silver doff dan hitam doff. Untuk kilas balik sebentar, sebelumnya Elang adalah tipikal biker yang pro penggunaan helm full face buat harian, nah gimana impresinya menggunakan helm semi full face (modular) ini untuk harian?

Review Helm Yamaha Fighter


Desain

Secara desain kasat mata, pertama kali melihat bentuk helm ini langsung terbayang seperti helm pilot pesawat tempur, helm pasukan S.W.A.T atau seperti helm counter terrorist dalam game Counter Strike. Makin kental kesan fighternya berkat penggunaan visor Goggle dan pelindung mulut ala transformer yang ngetrend itu.

Tapi helm ini cukup fashionable karena bisa berubah model menjadi helm classic retro ketika masker Goggle dilepas, bayangkan biker yang sedang mengendarai motor custom atau modifikasi motor classic. Di bagian atasnya juga tersedia 3 kunci pengait yang bisa dipasangi aksesoris lain seperti visor cembung bin jenong atau aksesoris cop tambahan untuk melindungi visor dari terpaan sinar matahari secara langsung.

Antara visor Goggle dan masker pelindung mulut bisa dilepas sob, namun minusnya setelah Elang perhatikan masker pelindung mulut yang mirip transformer itu kaitannya ke Goggle gak begitu kokoh, gampang lepas kalau ditarik sedikit aja. 2 pengait yang bagian tengah agak susah dimasukkan ke lubang visor Goggle, mungkin ini yang bikin gak kokoh dudukan masker mulutnya karena hanya 2 pengait dari 4 pengait yang klik.

Review Helm Yamaha Fighter

Kesan pertama pakai helm ini adalah pakenya ribet gak? Awalnya berpikir begitu sob, tapi ternyata gampang banget pakenya. Untuk memasang visornya cukup gampang tinggal lingkarkan tali Goggle ke sekeliling cangkang helm, kalau mau lebih kuat lagi gak takut lepas, masukkan tali Google ke kaitan belakang yang bisa dikunci seperti model tali tas.

Impresi Riding bersama Yamaha Fighter

Nah gimana impresinya ketika dipake riding? Helm ini cukup ringan banget, helm yang Elang pakai ini kebetulan ukuran XL, sesuai dengan ukuran lingkar kepala Elang. Kaca visornya gimana, asli visornya bening bin clear banget sob, tidak ada perbedaan feel pandangan mata telanjang dengan pandangan dari dalam visor ini. Untuk siang hari cukup nyaman sinar matahari tidak terlalu mengenai mata, tinggal penasaran kalau dipakai hujan gimana nih kinerja visornya. Tapi kayaknya sayang juga helm model begini dipake hujan-hujanan, sesuai fungsinya ini kan helm fashion, bikernya pasti ogah main hujan-hujanan 😀

Di dalam visor Goggle ini terdapat busa yang bikin nyaman di wajah, bagian masker pelindung mulut pun disediakan busa untuk memfilter debu kasar. Gimana terpaan angin di kecepatan tinggi? Berkat busa di visor Google, mata aman dari siulan angin yang mengganggu mata. Elang geber kecepatan 80an kpj mata masih nyaman aja gak ada gangguan angin sama sekali. Angin hanya masuk menerpa sedikit pipi dari ventilasi yang ada di masker pelindung mulut.

Review Helm Yamaha Fighter

Sedikit minusnya dari warna silver ini adalah gampang membekas goresan yang langsung mengena ke cangkang helm, kalau untuk warna hitam doff mungkin lebih aman dari gangguan ini. Minus lainnya (mungkin juga bukan) buat Elang bidang pandang visor Googlenya gak begitu luas sehingga menambah area blindspot dari arah samping. Mungkin bagi crosser-crosser yang terbiasa pake kaca Goggle hal ini sudah biasa dan bukan kekurangan.

Sisi Safety

Nah sekarang kita review dari sisi safety, pasti sobat ada yang bertanya gimana tingkat keamanan helm model unik begini? Menurut Elang tingkat keamanan helm ini sama dengan helm-helm half-face lainnya (dengan catatan non abal-abal). Helm ini saya lihat hanya akan efektif melindungi area batok kepala dan area mata saja dengan adanya visor Google yang kokoh terikat. Sedangkan untuk perlindungan dagu atau mulut, hm..wallahu alam tergantung skenario jatuhnya seperti apa. Apalagi seperti Elang ulas di atas, bahwa kaitan masker pelindung mulut tadi kurang kokoh, akan sangat gampang lepas begitu terjatuh atau bersentuhan dengan objek lain yang keras.

Helm Yamaha Fighter ini sudah berstandar SNI, untuk sistem kuncinya menggunakan sistem konvensional quick release, busa samping kanan kiri bisa dilepas jadi gampang dibersihkan atau dicuci.

Kembali ke marketnya, Yamaha memiliki deretan line up motor-motor yang bakalan cocok jika bikernya menggunakan helm Fighter ini, sebut saja Yamaha Xabre, MT25, dan Maxi Series pun pas banget kalau mau tampil beda dengan helm ini. Helm Yamaha Fighter tersedia di dealer-dealer resmi Yamaha dan dijual seharga 485 ribu rupiah.

Helm ini diakui menjadi helm incaran yang dicari karena keunikan bentuknya, bagi sobat yang mau tampil beda dan penyuka fashion silahkan merapat ke dealer-dealer resmi Yamaha.


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

5 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*